The Implementation of Song in Teaching Listening for the First Grade Students of English Department

Rengganis Siwi Amumpuni

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengidentifikasi penggunaan lagu bahasa Inggris dalam
pengajaran listening bagi siswa semester satu program studi pendidikan bahasa Inggris IKIP PGRI Madiun
tahun Akademik 2014/2015. 2) untuk mengidentifikasi permasalahan yang muncul dikelas dari penggunaan
lagu bahasa Inggris dalam pengajaran listening bagi siswa semester satu program studi pendidikan bahasa
Inggris English tahun Akademik 2014/2015. 3) untuk mengidentifikasi solusi dari permasalahan yang muncul
dikelas dari penggunaan lagu bahasa Inggris dalam pengajaran listening bagi siswa semester satu program
studi pendidikan bahasa Inggris English tahun Akademik 2014/2015 Penelitian ini menggunakan metode
penelitian kualitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa semester satu program studi pendidikan bahasa
Inggris IKIP PGRI Madiun pada tahun akademik 2014/2015. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas B
semester satu. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dalam pengambilan sample penelitian.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis
data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.Hasil
penelitian ini adalah: 1) Pelaksanaan lagu bahasa Inggris dalam mengajar listening terdiri dari tiga tahap yaitu:
a) pre activity, whilst activity dan post activity 2) Permasalahan yang muncul dalam penggunaan dikelas
adalah lagu yang diputar terlalu cepat, sehingga siswa kesulitandalam memahami isi lagu dan siswa sulit untuk
menulis kosakata berdasarkan lagu yang telah mendengarkan 3) Solusi yang diberikan dalam mengatasi
permasalahan yang muncul adalah dengan cara memutar lagu lebih dari tiga kali dan mahasiswa harus lebih
berkonsentrasi dalam mendengarkan lagu yang diputar dalam melengkapi vocabulary.

Keywords


English Song; Teaching Listening.

Full Text:

PDF

References


Bambang Yudi Cahyono dan Shirly Rizki

Kusumaningrum. 2011. Practical

Techniques for English Language

Teaching. Malang: State University

of Malang Press.

Jurnal Kependidikan 15 (4): 344-348

Brown, H. Douglas. 2000. Principles of

Language Learning and Teaching

Fourth Edition. New York:

Longman.

Edge, Julian. 2001. Essentials of English

Language Teaching. New York:

Longman.

Maley, Alan. 2010. Listening Goodith

White. China: Oxford University

Press.

Nunan, David. 2003. Practical English

Language Teaching. North America:

McGrew Hill Contemporary.

Richard and Renandya, Willy A. 2002.

Methodology in language teaching.

USA: Cambridge University Press.

Richards, Jack C. 2001. Curriculum

Development in Language Teaching.

United States of America:

Cambridge University Press.

Ritchie, Jane and Ritchie, Lewis. 2003.

Qualitative Research Practice.

London: Sage Publications.

Sari Wahyuni. 2012. Qualitative Research

Method: Theory and Practice.

Jakarta: Salemba Empat.

Smaldino, Sharon E;Russell, James D;

Heinich, Robert; Molenda, Michael

, Instruction Technology and

Media for Learning. Columbus

Ochio: Pearson Merrill Printice Hall.

Wilson, J. J. 2009. How to Teach Listening.

Malaysia: Pearson Longman.




DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v2i2.457

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Rengganis Siwi Amumpuni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kependidikan : Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran

E-ISSN: 2442-7667

Published by LPPM Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected] 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.