The Use of Small Group Discussion in Teaching Reading Comprehension at SMAN 2 Mataram

Kamarudin Kamarudin

Abstract


Penelitian ini berhubungan dengan penggunaan small group discussion dalam pengajaran
pemahaman membaca pada SMAN 2 Mataram khususnya kelas dua. Penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi
pendidikan dan pengembangan materi mengenai informasi tentang peranan dari penggunaan metode small
group discussion untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pemahaman membaca, sebagai cara untuk
menyelesaikan permasalahan siswa dalam pemahaman membaca dan untuk meningkatkan pengetahuan guruguru.
Untuk mendapatkan data yang diperlukan, penelitian ini menggunakan penelitian kuasi eksperimental
agar mendapatkan data dan menganalisanya; dan sampel dari penelitian berjumlah 48 siswa. Sampel diambil
secara acak dari empat kelas yang mana menjadi populasi penelitian. Data yang dikumpulkan melalui pre-test,
dan post-test. Dari hasil t-hitung (2.169) lebih tinggi dari t-tabel (1.679). Dengan demikian, penggunaan small
group discussion efektif dalam pengajaran pemahaman membaca pada kelas dua SMAN 2 Mataram.

Keywords


Diskusi Kelompok Kecil; Pengajaran Membaca Pemahaman

Full Text:

PDF

References


Alderson, J. Charles. 2001. Assessing

Reading. Cambridge: Cambridge

University Press.

Barker,Larryl.1987. Communication.

Englewood Cliffs Jersey: Prentice

Hall, Inc.

Brown, John W.1981. Research in

Education. New Jersey: Prentice

Hall.

Borg, Walter R., and Gall, Meredith. 1983.

Educational Research: An

Introduction. New York: Longman

Carrel, Patricia L, J. Devine, and D.E Eskey.

Interactive Approach to

Second Language Learning.

Cambridge: Cambridge University

Press

Gay, L.R.1987. Educational Research

Competences for Analysis and

Application. Third Edition.

Columbus: Nerril Publishing

Harris and Sipay. 1980. How to Increase

Reading Ability.A guide to

Developmental and Remedial

Methods, Seventh Edition Revised

and Enlarged. New York: Longman

Publisher Inc.

Hornby, A.S. 1986. Oxford Learnr’s of

Current English. United Kingdom:

Longman Group Ltd

Jacobsen, David, Eggen, Paul, and

Kauckhack, Donald.1989. Method

for Teaching. A Skill Approach.

Ohio. Merril Publishing Company

Johnson, David. W and Roger T. 1975.

Learning Together and Alone

Cooperation, Competition and

Individualization. Engle woods

Cliffs: New Jersey: Prentice Hall

Nunan, David. 1989. Designing Tasks for

the Communicative Classroom.

Cambridge: Cambridge University

Press

Olson,J.P & M.H Diller. 1982. Learning to

Teach Reading in Elementary

School. London: Macmilan

Publishing Company

Ramelan, 1992. Introduction to Linguistic

Analysis. IKIP Semarang Press

Swan, Michael. 1975. Inside Meaning.

Proficiency Reading Comprehension.

Cambridge University Press.

Wiersma, William. 1987. Research Methods

in Education. Boston and Bacon

Miller, Steve. 2005. Experimental Design

and Statistics. Thomson Publishing

company This edition published in

the Taylor & Francis e-Library




DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v2i2.454

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Kamarudin Kamarudin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kependidikan : Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran

E-ISSN: 2442-7667

Published by LPPM Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected] 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.