ELT Materials Designing and Evaluating

Sahuddin Sahuddin

Abstract


Ada dua macam sumber materi ajar umumnya dipakai oleh guru bahasa Inggris mengajar di sekolah.
Pertama, apa yang disebut materi „handed‟ dan materi „open-market‟. Akan tetapi sangat disarankan kepada
para guru bahasa Inggris mendisain materi sendiri. Ada beberapa alasan logis yang muncul seperti materi bisa
disesuaikan dengan kebutuhan para siswa, bisa menyusuaikannya dengan kurikulum yang berlaku, dan bisa
menghindari ketidak cocokan materi dengan situasi kelas atau menghindari penggunaan satu buku untuk semua
kelas. Walaupun materi „handed‟ memiliki keunggulan tetapi manfaat dari mendisain materi sendiri lebih
banyak manfaatnya dari materi siap pakai atau materi „handed‟ seperti materi cocok dengan kebutuhan para
siswa, materi dapat dibuat sesuai dengan situasi stempat dan dapat pula disesuaikan dengan kemapuan siswa
dan latar belakang budaya mereka. Selanjutnya, mendisain materi sendiri bisa memberi manfaat untuk
mengevaluasi sumber atau buku di mana materi diambil. Buku-buku itu dapat dievaluasi dari external maupun
internal untuk meneliti kualitasnya dan pada ahirnya mendapatkan buku yang sesuai dengan para siswa.

Keywords


develop, design, handed, open-market

Full Text:

PDF

References


Block, D. (1991). Some thoughts on DIY

matrerials design. ELT Journal. 45

(3), 211-217.

Byrd, P. (2001). Textbooks: Evaluation for

Selection and analysis for

implementation. In M. celce

Murcia. Teaching English as a second or

foreign language. (3rd Ed.) (pp. 415-

. US: Heinle & Heinle. Thomson

Learning Inc.

Cunningworth, A. 1995: Choosing Your

Coursebook. London: Lonhman

Cunningworth, A. 1984: Evaluating and

Selecting ELT Materials.Oxford:

Heinmann.

Chambers, F. 1997: seeking Consensus in

coursebook evaluation. ELT Journal

/1, 29- 35.

Ellis, R. 1997 The empirical evaluation of

language Teaching. ELT Journal

/1, 36-42.

Harmer, J. (1998). How to teach English.

Harlow, essex: pearson Educational

Ltd.

Harmer, J. (2001) Coursebooks, A human,

cultural and linguistic disaster?

MET,8(4), 5-10.

McDonough J., Masuhara, H.C ( 20013)

Materials and Methods in ELT: a

Teacher’s Guide. Chichester, West

Sussex: Wiley-Blackwell.

McDonough J. And C. Shaw. 2003

Materials and Methods in ELT: a

Teacher’s Guide.

Oxford: Blackwell.Matrrials for

Language Teaching. (2nd edn)

London: Bloombury

Tomlinson, B. (2013) Developing principled

frameworks for materials

development. In: Tomlinson, B. (ed).

Developing

Vahid, N. (2012) Evaluative Criteria of an

English Language Text book

Evaluation Cheklist. In Journal of

ELT and Research 06/2012 :3(6):

-1134.




DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v1i2.423

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Sahuddin Sahuddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kependidikan : Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran

E-ISSN: 2442-7667

Published by LPPM Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected] 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.