ELT Materials Designing and Evaluating
Abstract
Pertama, apa yang disebut materi „handed‟ dan materi „open-market‟. Akan tetapi sangat disarankan kepada
para guru bahasa Inggris mendisain materi sendiri. Ada beberapa alasan logis yang muncul seperti materi bisa
disesuaikan dengan kebutuhan para siswa, bisa menyusuaikannya dengan kurikulum yang berlaku, dan bisa
menghindari ketidak cocokan materi dengan situasi kelas atau menghindari penggunaan satu buku untuk semua
kelas. Walaupun materi „handed‟ memiliki keunggulan tetapi manfaat dari mendisain materi sendiri lebih
banyak manfaatnya dari materi siap pakai atau materi „handed‟ seperti materi cocok dengan kebutuhan para
siswa, materi dapat dibuat sesuai dengan situasi stempat dan dapat pula disesuaikan dengan kemapuan siswa
dan latar belakang budaya mereka. Selanjutnya, mendisain materi sendiri bisa memberi manfaat untuk
mengevaluasi sumber atau buku di mana materi diambil. Buku-buku itu dapat dievaluasi dari external maupun
internal untuk meneliti kualitasnya dan pada ahirnya mendapatkan buku yang sesuai dengan para siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Block, D. (1991). Some thoughts on DIY
matrerials design. ELT Journal. 45
(3), 211-217.
Byrd, P. (2001). Textbooks: Evaluation for
Selection and analysis for
implementation. In M. celce
Murcia. Teaching English as a second or
foreign language. (3rd Ed.) (pp. 415-
. US: Heinle & Heinle. Thomson
Learning Inc.
Cunningworth, A. 1995: Choosing Your
Coursebook. London: Lonhman
Cunningworth, A. 1984: Evaluating and
Selecting ELT Materials.Oxford:
Heinmann.
Chambers, F. 1997: seeking Consensus in
coursebook evaluation. ELT Journal
/1, 29- 35.
Ellis, R. 1997 The empirical evaluation of
language Teaching. ELT Journal
/1, 36-42.
Harmer, J. (1998). How to teach English.
Harlow, essex: pearson Educational
Ltd.
Harmer, J. (2001) Coursebooks, A human,
cultural and linguistic disaster?
MET,8(4), 5-10.
McDonough J., Masuhara, H.C ( 20013)
Materials and Methods in ELT: a
Teacher’s Guide. Chichester, West
Sussex: Wiley-Blackwell.
McDonough J. And C. Shaw. 2003
Materials and Methods in ELT: a
Teacher’s Guide.
Oxford: Blackwell.Matrrials for
Language Teaching. (2nd edn)
London: Bloombury
Tomlinson, B. (2013) Developing principled
frameworks for materials
development. In: Tomlinson, B. (ed).
Developing
Vahid, N. (2012) Evaluative Criteria of an
English Language Text book
Evaluation Cheklist. In Journal of
ELT and Research 06/2012 :3(6):
-1134.
DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v1i2.423
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Sahuddin Sahuddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Kependidikan : Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran
E-ISSN: 2442-7667
Published by LPPM Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.