Improving Speaking Skill of Eight Graders of MTs Surya Buana Malang Through Role Play

Abdul Rahim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa melalui tehnik role play
pada siswa kelas VIII MTs Surya Buana. Hasil dari study pendahuluan menunjukkan bahwa siswa tidak dapat
berbicara dengan baik, kurang dalam tata bahasa, dan mereka mempunyai cukup kosa kata. Peneliti tertarik
dalam melakukan penelitian tindakan kelas untuk mengidentifikasi dan menyelesaikan permasalahan siswa
dalam berbicara. Peneliti memfokuskan pada tiga aspek yaitu kosa kata, kelancaran, dan ketepatan. Dalam
melaksanakan kegiatan, penelitian ini adalah kolaborasi dimana peneliti dan guru bahasa Inggris berkolaborasi
dalam mempersiapkan dan melaksanakan kegiatan peran kolaborator adalah untuk mengobservasi kegiatan
selama proses belajar mengajar dan mengisi instrumen-instrumen. Kegiatan diterapkan dalam satu siklus dan
siswa sudah mencapai kriteria sukses. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan dari penggunaan
tehnik role play dalam pengajaran berbicara dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa.

Keywords


Kemampuan Berbicara; role play

Full Text:

PDF

References


Brown, G., & Yule, G. 1999. Teaching the

spoken. Cambridge:

Language.Cambridge University

Press

Brown, H.D. 1994. Teaching by principles:

an interactive approach to language

pedagogy. Englewood Cliffs, NJ:

Prentice Hall Regents.

Doff, A. 1990. Teach English: A training

Course for Teacher: Cambridge:

Cambridge University Press

Gower, R. 2005. Teaching Practice: A

Handbook for Teacher in Training.

Oxford: Machimilan Education

Kayi, H. 2006. Teaching Speaking:

Activities to Promote Speaking in a

Second Language. University of

Nevada, USA.

(http://iteslj.org/Techniques/Teachin

gSpeaking.html). Accessed on

October 10th 2013

Livingstone, C. 1983. Role play in language

learning. London: Longman.

Jurnal Kependidikan 15 (4): 292-300

(Http//www accessed on November

th 2013)

Ments, M. 1999.The effective use of role

play. London: Kogan Page

Rebeca, C., & Rebecca J. 2006. Generating

Statistical Language Models from

Interpretation Grammars in

Dialogue Systems. In Proceedings of

EACL’06

Richard, J.C. 2008. Teaching Listening and

Speaking. Cambridge, New York:

Cambridge University Press.

Reve, J. 1994. Teaching Techniques for

Communicating English.London:

Machmillan.

Riddel, D. 2001. Teach English as a Second

Language, Chicago McGraw-Hill

companies

Thornbury, S. 2000. Accuracy, fluency and

complexity. English Teaching

Professional.




DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v2i2.391

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Abdul Rahim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kependidikan : Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran

E-ISSN: 2442-7667

Published by LPPM Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected] 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.