Improving Speaking Skill of Eight Graders of MTs Surya Buana Malang Through Role Play
Abstract
pada siswa kelas VIII MTs Surya Buana. Hasil dari study pendahuluan menunjukkan bahwa siswa tidak dapat
berbicara dengan baik, kurang dalam tata bahasa, dan mereka mempunyai cukup kosa kata. Peneliti tertarik
dalam melakukan penelitian tindakan kelas untuk mengidentifikasi dan menyelesaikan permasalahan siswa
dalam berbicara. Peneliti memfokuskan pada tiga aspek yaitu kosa kata, kelancaran, dan ketepatan. Dalam
melaksanakan kegiatan, penelitian ini adalah kolaborasi dimana peneliti dan guru bahasa Inggris berkolaborasi
dalam mempersiapkan dan melaksanakan kegiatan peran kolaborator adalah untuk mengobservasi kegiatan
selama proses belajar mengajar dan mengisi instrumen-instrumen. Kegiatan diterapkan dalam satu siklus dan
siswa sudah mencapai kriteria sukses. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan dari penggunaan
tehnik role play dalam pengajaran berbicara dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Brown, G., & Yule, G. 1999. Teaching the
spoken. Cambridge:
Language.Cambridge University
Press
Brown, H.D. 1994. Teaching by principles:
an interactive approach to language
pedagogy. Englewood Cliffs, NJ:
Prentice Hall Regents.
Doff, A. 1990. Teach English: A training
Course for Teacher: Cambridge:
Cambridge University Press
Gower, R. 2005. Teaching Practice: A
Handbook for Teacher in Training.
Oxford: Machimilan Education
Kayi, H. 2006. Teaching Speaking:
Activities to Promote Speaking in a
Second Language. University of
Nevada, USA.
(http://iteslj.org/Techniques/Teachin
gSpeaking.html). Accessed on
October 10th 2013
Livingstone, C. 1983. Role play in language
learning. London: Longman.
Jurnal Kependidikan 15 (4): 292-300
(Http//www accessed on November
th 2013)
Ments, M. 1999.The effective use of role
play. London: Kogan Page
Rebeca, C., & Rebecca J. 2006. Generating
Statistical Language Models from
Interpretation Grammars in
Dialogue Systems. In Proceedings of
EACL’06
Richard, J.C. 2008. Teaching Listening and
Speaking. Cambridge, New York:
Cambridge University Press.
Reve, J. 1994. Teaching Techniques for
Communicating English.London:
Machmillan.
Riddel, D. 2001. Teach English as a Second
Language, Chicago McGraw-Hill
companies
Thornbury, S. 2000. Accuracy, fluency and
complexity. English Teaching
Professional.
DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v2i2.391
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Abdul Rahim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Kependidikan : Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran
E-ISSN: 2442-7667
Published by LPPM Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.