Model Pendidikan Pancasila dan Bela Negara di UPN Veteran Yogyakarta dalam Menjawab Tantangan Kebangsaan

Lestanta Budiman, Hari Dwi Laksana, Hastangka Hastangka

Abstract


This study aims to analyze the education model of Pancasila and National Defense in UPN Veteran. The research used descriptive method with a qualitative approach. The research was conducted in UPN Veteran Yogyakarta with its university student as the subject of the research. Data of the research were obtained through empirical and critical study and observation of Pancasila and National Defense learning. The primary data were obtained through interviews while the secondary data were obtained through literature reviews. The analysis technique used deductive-inductive analysis technique. The result of the research showed that the Pancasila and National Defense education model developed in UPN Veteran Yogyakarta consisted of two ways which were co-curricular and extracurricular programs.

Keywords


Education, Pancasila, National Defences, Wimaya.

References


Anis, Madhan., Haikal, Husein., Joebagio, Hermanu. (2016). Implementasi Wawasan Kebangsaan dalam Pembelajaran Sejarah Di Pondok Pesantren(Studi Kasus Di Sma Al-Muayyad Surakarta dan SMA Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta), Historika: Journal of History Education Research.Vol.18, No.1, 2016, hal.11-22.

Ahmad. Kamaruzzaman Bustamam. (2020). Mengurai Benang Kusut Masalah Kebangsaan, Sumber: https://sagoe.id/mengurai-benang-kusut-masalah-kebangsaan/, diakses 9 Mei 2021.

Budiman. L., Hastangka. (2019). Curah Gagasan Seputar Pemikiran Tentang Pancasila dan Bela Negara. Yogyakarta: Pusat Studi Pancasila UPN Veteran Yogyakarta.

Budiman, L., Hastangka. (2020). Buku Ajar Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UPN Veteran Yogyakarta.

Creswell.John W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset Memilih Di Antara Lima Pendekatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Danniarti, Rahma. (2017). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila sebagai Pendukung Tumbuh Kembang Wawasan Kebangsaan pada Mata Pelajaran PPkn Di SMP Negeri 7 Palembang, JMKSP Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, Volume 2, No. 2, Juli-Desember 2017, hal. 187-203.

Dewi. D. A dan Handayani. P.A. (2021). Implementasi Pancasila Sebagai Dasar Negara, Jurnal Kewarganegaraan Vol. 5 No.1 Juni 2021, hal.6-12.

Ferrijana.Sammy., Basseng., Sejati Triatmojo. (2019). Modul Wawasan Kebangsaan dan Nilai nilai Dasar Bela Negara. Jakarta:Lembaga Administrasi Negara.

Firdaus.,Fahmi. (2021). Ini Kronologi Bom Bunuh Diri Gereja Katedral Makassar. Sumber:https://news.okezone.com/read/2021/03/28/609/2385326/ini-kronologi-bom-bunuh-diri-gereja-katedral-makassar, diakses 29 Maret 2021 7:44.

Indah. Andhike. (5 Februari 2021). Transaksi Uang Dinar dan Dirham di Indonesia Menyalahi Undang-Undang, Begini Kata Pakar Ekonomi, sumber: https://jogja.tribunnews.com/2021/02/05/transaksi-uang-dinar-dan-dirham-di-indonesia-menyalahi-undang-undang-begini-kata-pakar-ekonomi, diakses 9 Mei 2021.

LPPKB. (2011). Pancasila. Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Kehidupan Bernegara: Jakarta: LPPKB.

Maskur.Ahmad. (2012). Masalah Kebangsaan. Harian Umum Suara Karya, Senin 17 Desember 2012.

Merseno. Djagal Wiseso. (2021). Sambutan Pra Kongres V Pendidikan, Pengajaran,dan Kebudayaan. Webinar Nasional Seri #3 Rangkaian Kongres V Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan Tahun 2021. Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=nn0X2rnowu4.

Munir,Misnal., Mustansyir, Rizal., Nurdin Encep Syarief. (2016). Buku Ajar Mata Kuliah Wajib Umum Pendidikan Pancasila. Jakarta: Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Mulyas,. Enco. (2017). Revolusi Mental dalam Pendidikan untuk Merevitalisasi Nilai-Nilai Pancasila dan Menumbuhkembangkan Wawasan Kebangsaan, Prosiding Seminar Nasional 20 Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 25 November 2017. Hal.1-8.

Purwadi. H dan Firdaus. A.G. (2015). Konsekuensi Transplantasi Hukum terhadap Pancasila sebagai Norma Dasar dan Hukum Lokal, Yustisia. Vol. 4 No. 1 Januari - April 2015, hal. 73-88.

Priyasmoro, Muhammad Radityo. (05 Mei 2021). KPK: 75 Pegawai Tidak Lulus Tes Wawasan Kebangsaan Menjadi ASN, https://www.liputan6.com/news/read/4550915/kpk-75-pegawai-tidak-lulus-tes-wawasan-kebangsaan-menjadi-asn, diakses 9 Mei 2021.

Republik Indonesia. (2012). Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi.

Rahmat.Agus., Faris, Ahmad Farhan. (15 September 2020). Sudah 46 Kasus Kekerasan Dilakukan KKB Papua Selama 2020, https://www.viva.co.id/berita/nasional/1302405-sudah-46-kasus-kekerasan-dilakukan-kkb-papua-selama-2020, diakses 9 Mei 2021.

Sari.W.A, Lian.B. (2017). Menjadikan Mata Kuliah Pendidikan Pancasila Sebagai Media Penanaman Nilai-Nilai Bela Negara, JMKSP Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, Volume 1, No. 1, Juli-Desember 2017. Hal. 303-314.

Sukawati, Ani. (2021). Aktualisasi Nilai Nilai Pancasila dan Kesadaran Bela Negara Alumni SMK N 1 Temanggung Angkatan 43, Jurnal Pancasila dan Bela Negara, Vol.1.No.1 (2021), hal. 7-26.

Suwandoko, Yasnanto, Widiyanto. D. (2020). Penguatan Sikap Bela Negara Siswa Dalam Menangkal Radikalisme, Jurnal Kalacakra Volume 01, Nomor 01, 2020, pp: 25-31.

Wulandari, F. Wahyuni, R. Susanto, H. Suwanto. I. (2021). Sosialisasi Bela Negara Wawasan Kebangsaan dan Nilai Nilai Dasar di SMP N 1 Jagoi Babang Kabupaten Bengkayang, Al Khidmat: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol.4 No.1 Tahun 2021, pp:1-7.




DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v7i3.3600

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Hastangka Hastangka, Lestanta Budiman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kependidikan : Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran

E-ISSN: 2442-7667

Published by LPPM Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected] 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.