Analisis Pengaruh Penggunaan E-Learning dengan Google Classroom dan Disiplin Belajar terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Brothers and Sisters House Kota Surabaya pada Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Albashtawi, A.H. & Al Bataineh, K.B. (2020). The Effectiveness of Google Classroom among EFL Students in Jordan: An Innovative Teaching and Learning Online Platform. International Journal of Emerging Technologies in Learning. 15(11): 78-88. https://doi.org/10.3991/IJET.V15I11.12865.
Cintya, A.N.D. & Nugraha, J. (2020). Pengaruh Sarana Prasarana dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran di SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP). 9(1): 1-16.
Daniati, D., Ismanto, B., & Luhsasi, D.I. (2020). Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa dengan Penerapan Model Pembelajaran E-learning Berbasis Google Classroom pada Masa Pandemi Covid-19. Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran. 6(3): 601-608. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2642.
Dwi, E., Muhsin, & Rozi, F. (2019). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Disiplin Belajar, Kompetensi Sosial Guru, dan Kesiapan Belajar terhadap Motivasi Belajar. Economic Education Analysis Journal. 8(1): 302-317.
Fauzan, F. & Arifin, F. (2019). The Effectiveness of Google Classroom Media on the Students’ Learning Outcomes of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education Department. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI. 6(2): 271-285. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v6i2.5149.
Gozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Undip.
Kemendikbud. (2020). Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Pandemi Covid-19: Satuan Pendidikan di Zona Kuning, Oranye dan Merah Dilarang Melakukan Pembelajaran Tatap Muka. https://www.kemdikbud.go.id/main/files/download/d16ebb4e0e2245e, diakses pada tanggal 29 Oktober 2020.
Larasati & Choirul, N. (2020). Pengaruh Penggunaan Smartphone dan E-learning terhadap Motivasi Belajar dalam Masa Pelatihan Kerja. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. 5(2): 214-233. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18008.
Lutviana, L. & Suryani, N. (2015). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Kesiapan Belajar, dan Disiplin Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS pada Mata Pelajaran Ekonomi di MA NU Raudlatul Muallimin Wedung. Economic Education Analysis Journal. 4(1): 50-57.
Mulyany, P. (2014). Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru, Disiplin Belajar dan Sikap Siswa terhadap Motivasi Belajar Mata Diklat Bekerjasama dengan Kolega dan Pelanggan pada Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Pl Tarcisius 1 Semarang. Economic Education Analysis Journal. 2(3): 116-123.
Murni, M., & Pratiwi, H. (2020). Pengaruh Fraud Diamond Terhadap Perilaku Fraud Academic dengan Student Behavior Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 422–432. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2908
Nirfayanti, N. & Nurbaeti, N. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom dalam Pembelajaran Analisis Real terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Proximal Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika. 2(1): 50-59.
Novianty, R. (2019). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian. EKSPOSE: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan. 18(2): 828-840.
Nurhuda, D.Y.W. (2016). Pengaruh Disiplin Dosen terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bakti Tunas Husada Tasikmalaya. Jurnal Kesehatan Bakti Tunas Husada. 16(1): 32-37. https://doi.org/10.36465/jkbth.v16i1.163.
Pradana, D.B.P. & Harimurti, R. (2017). Pengaruh Penerapan Tools Google Classroom pada Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa. It-Edu. 2(01): 59-67.
Rahayu, F. (2019). Pengaruh Konsep Diri dan Disiplin Belajar terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Palu pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Paedagogia: Jurnal Pendidikan. 8(2): 113-138. https://doi.org/10.24239/pdg.vol8.iss2.45.
Ridwan, T. & Umam, A.F. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom dalam Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Indonesia. 1(1): 37-46.
Rikizaputra & Sulastri, H. (2020). Pengaruh E-learning dengan Google Classroom terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Biologi Siswa. Lectura: Jurnal Pendidikan. 11(1): 106-118. https://doi.org/10.2183/tja.75.1_27.
Sabran & Sabara, E. (2019). Keefektifan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makasar, hlm. 122-125, Fakultas Teknik Universitas Negeri Makasar.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujianto, A. E. (2009). Aplikasi Statistik dengan SPSS 16.0. Jakarta: PT. Prestasi Pustaka.
Susanto, A., Farihen, & Iswan. (2020). The Effect of Self-Regulated and Disciplined Learning on Students’ Achievements. Advances in Health Sciences Research. 27(3): 123-126. https://doi.org/10.2991/ahsr.k.200723.030.
Trust. (2020). The Real Ultimate Student. trust.or.id, diakses pada tanggal 29 Oktober 2020.
Wahyono, E. (2020). Kapan Sebenarnya Corona Pertama Kali Masuk RI? https://news.detik.com/berita/d-4991485/kapan-sebenarnya-corona-pertama-kali-masuk-ri/3, diakses pada tanggal 29 Oktober 2020.
Wati, A.K. & Muhsin. (2019). Pengaruh Minat Belajar, Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Lingkungan Sekolah terhadap Kesulitan Belajar. Economic Education Analysis Journal. 8(2): 797-813. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31517.
Yulyani, R.D. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom, Fasilitas Pembelajaran dan Minat Belajar Mahasiswa terhadap Motivasi Belajar Daring Selama Pandemi Covid-19. Ed-Humanistics. 5(2): 703-714.
Yussi, Syaad, & Purnomo. (2016). The Contribution of Vocational Students’ Learning Discipline, Motivation and Learning Results. International Journal of Environmental & Science Education. 12(5): 965-970.
DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3599
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Alfred Liubana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Kependidikan : Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran
E-ISSN: 2442-7667
Published by LPPM Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.