Analisis Arah Kebijakan Sekolah Terhadap Penggunaan Gawai Android dalam Aktivitas Belajar Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Abadi, M., R. (2015). Hubungan Mengakses Pornografi Melalui Fasilitas Handphone Dengan Perilaku Seksual Remaja Usia 16-19 Tahun Di SMK Muhammadiyah 2 Kota Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang
Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19. Research and Development Journal of Education, 1(1), 131-146
Alfiah, L. N., Rokhim, D. A., & Wulandari, I. A. I. (2020). Analisis Dampak Anjuran Pemerintah terhadap Belajar di Rumah bagi Pelaku Pendidikan. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 3(3), 216-223
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282-289
Daulay, R. S., Pulungan, H., Noviana, A., & Hurhaliza, S. (2020). Manfaat Teknologi Smartphone dalam kegiatan Pembelajaran Pendidikan Islam Di Masa Pandemi Corona-19. Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1).
Fadilah, A. (2011). Pengaruh Penggunaan Alat Komunikasi Handphone (HP) Terhadap Aktivitas Belajar Siswa SMP Negeri 66 Jakarta Selatan. Skripsi tidak diterbitkan. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Fahrina, A., Amelia, K., & Zahara, C. R. (Eds.). (2020). Minda Guru Indonesia: Pandemi Corona, Disrupsi Pendidikan, dan Kreativitas Guru (Vol. 153). Syiah Kuala University Press
Gusty, S., Nurmiati, N., Muliana, M., Sulaiman, O. K., Ginantra, N. L. W. S. R., Manuhutu, M. A., ... & Hastuti, P. (2020). Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis
Hasanah, N., & Kumalasari, D. (2015). Penggunaan Handphone dan Hubungan Teman Pada Perilaku Sosial Siswa SMP Muhammadiyah Luwuk Sulawesi Tengah. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS Volume 2, No 1, Maret 2015 (55-70)
Hasanah, U., Hijrianti, U. R., & Iswinarti, I. (2020). PENGARUH SMARTPHONE ADDICTION TERHADAP PERILAKU AGRESIF PADA REMAJA. Proyeksi: Jurnal Proyeksi, 15(2), 182-191.
Indrawan, I. (2015). Pengantar Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Deepublish
Irawan, A. W., Dwisona, D., & Lestari, M. (2020). Psychological Impacts of Students on Online Learning During the Pandemic COVID-19. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 7(1), 53-60
Limbong, M., Ali, S., Rabbani, R., & Syafitri, E. (2020). POLA INTERAKSI GURU DAN ORANG TUA DALAM MENGENDALIKAN EMOSIONAL SISWA SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI MTS ISLAMIYAH MEDAN. THORIQOTUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 44-55.
Mappiare-AT, A. (2009). Dasar-Dasar Metodologi Riset Kualitatif: Untuk Ilmu Sosial dan Profesi. Malang: Penerbit Jenggala Pustaka Utama, Fakultas Ilmu Pendidikan UM Malang.
Mappiare-AT, A. (2013). Tipe-Tipe Metode Riset Kualitatif: Untuk Eksplanasi Sosial Budaya dan Bimbingan Konseling. FIP Malang: Elang Mas Bersama Prodi BK
Mariani, A., & Bachtiar, I. (2010). Keterpaparan Materi Pornografi dan Perilaku Seksual Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri. Makara, Sosial Humaniora, Vol. 14, No. 2, Desember 2010: 83-90
Myori, D. E., Chaniago, K., Hidayat, R., Eliza, F., & Fadli, R. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android. JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional), 5(2), 102-109
Ningrum, Y. H., Apriyani, D. D., & Zikriah, Z. (2020). Perancangan Media Pembelajaran Mengenal Asmaul Husna Berbasis Android. Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI), 1(04).
Nurmalasari., & Wulandari, D. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Tingkat Prestasi Siswa SMPN Satu Atap Pakisjaya Karawang. Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer VOL. 3. No. 2 Februari 2018
Pinastika, F., D., P. (2016). Kebijakan Sekolah Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Di SMK Perindustrian Yogyakarta. Jurnal Kebijakan Pendidikan Edisi 3 Vol. V Tahun 2016
Palupi, Y., & Wates, P. P. I. P. (2015). Digital parenting Sebagai Wahana Terapi Untuk Menyeimbangkan Dunia Digital Dengan Dunia Nyata Bagi Anak.
Putra, C. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Gadget Sebagai Media Pembelajaran. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2), 1-10.
Pribowo, F. S. P. (2020, May). PERSEPSI GURU SD MUHAMMADIYAH TERHADAP PENGGUNAAN GAWAI DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS. In PROCEEDING.
Purnomo, H., Mansir, F., Tumin, T., & Suliswiyadi, S. (2020). Pendidikan Karakter Islami Pada Online Class Management di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Tarbiyatuna, 11(1), 91-100.
Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter pada anak sekolah dasar di era digital. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37-50.
Raihani. (2010). Kepemimpinan Sekolah Transformatif. Yogyakarta : LkiS
Rinaldi, R., Nurdin, N., & Kaharuddin, K. (2019). Belenggu Produk Modernisasi Terhadap Disparitas Siswa (Studi Kasus Penggunaan Handphone di SMA Muhammadiyah Sungguminasa). Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 7(1), 151-157.
Riyana, C., & Pd, M. (2020). Konsep pembelajaran online. Modul Pembelajaran On-Line, 1.
Ramdani, A., Jufri, A., & Jamaluddin, J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(3), 433-440. doi:https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2924
Setianingsih, E. S. (2019). GADGET “PISAU BERMATA DUA” BAGI ANAK?. In Seminar Pendidikan Nasional (SENDIKA) (Vol. 1, No. 1, pp. 397-405).
Suardi, Megawati, & Hasnah, K. (2018). Pendidikan Karakter di Sekolah (Studi Penyimpangan Siswa di Mts Muhammadiyah Tallo. Jurnal Etika Demokrasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 3 Januari No. 1 2018
Sulistri, E., Sunarsih, E., & Utama, E. (2020). Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis Etnosains di Sekolah Dasar Kota Singkawang. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(3), 522-531. doi:https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2842
Sumardianta, J., & Aw, W. K. (2018). Mendidik Generasi Z dan A. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Supriyanto, A. (2020). DAMPAK HANDPHONE BAGI PENDIDIKAN DI INDONESIA KHUSUSNYA ANAK ANAK. In Seminar Nasional Arah Manajemen Sekolah Pada Masa Dan Pasca Pandemi Covid-19.
Ula, D. M. (2019). Makna Smartphone Bagi Pelajar. MAHARSI, 1(01), 39-53.
Utami, A. N. (2019). Dampak negatif adiksi penggunaan smartphone terhadap aspek-aspek akademik personal remaja. Perspektif Ilmu Pendidikan, 33(1), 1-14.
Wulandari, K. D., Puspita, S., Rustanti, E., & Aryani, H. P. (2019). HUBUNGAN PENGGUNAAN SMARTPHONE DENGAN KETAJAMAN PENGLIHATAN PADA PESERTA DIDIK DI SMP MUHAMMADIYAH 4 KEDUNGBETIK KESAMBEN. Media Pendidikan Keperawatan, 1(3), 29-43
Wuryandani, W., Fathurrohman, F., & Ambarwati, U. (2016). Implementasi pendidikan karakter kemandirian di Muhammadiyah Boarding School. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 35(2).
DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3323
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Aswar Aswar, Sulfian Syarif, Sulkipli Sulkipli, Muhammad Amirullah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Kependidikan : Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran
E-ISSN: 2442-7667
Published by LPPM Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.