Penerapan Pendidikan Karakter Gemar Membaca Melalui Program Literasi di Sekolah Dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Andiarini, S. E., & Nurabadi, A. (2018). Implementasi program penguatan pendidikan karakter melalui kegiatan pembiasaan dalam peningkatan mutu sekolah. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 238-244.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2018). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Gugus Sungai Miai Banjarmasin. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 15-29.
Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan nilai-nilai karakter anak usia dini melalui pembiasaan dan keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 203-213.
Creswell, J. W. (2013). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (3rd ed.). Sage.
Dekawati, I. (2020). The principal’s leadership as the effort to build students’character. International Journal of Educational Management and Innovation, 1(2), 109-119.
Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (Eds.) (2011). The SAGE handbook of qualitative research. Sage.
Fadillah, M. & Khorida, L. M. 2013. Pendidikan Karakter Usia Dini. Yogyakarta: Ar ruzz media.
Gomm, R., Hammersley M., & Foster, P. (Eds. ). (2000). Case study method. Key issues, key texts. Sage.
Gunawan, H. (2012). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta
Hendriana, E. C., & Jacobus, A. (2017). Implementasi pendidikan karakter di sekolah melalui keteladanan dan pembiasaan. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 1(2), 25-29.
Ihsani, N., Kurniah, N., & Suprapti, A. (2018). Hubungan metode pembiasaan dalam pembelajaran dengan disiplin anak usia dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2), 105-110.
Imanugroho, S. & Ganggi, R. I. P. (2019). Program Gerakan Literasi Sekolah dalam Menumbuhkan Minat Baca Peserta Didik di SDN Kuripan Lor 01 Kota Pekalongan. Jurnal Ilmu Perpustakaan. 7(2): 71-80.
Inriyani, Y., Wahjoedi, & Sudarmiatin. (2017). Peran kegiatan Ekstrakurikuler Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud. Universitas Negeri Malang. Malang. 1
Kemdiknas. (2011). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemdiknas.
Lickona, T. (2013). Pendidikan karakter: Panduan lengkap mendidik siswa menjadi pintar dan baik. Bandung: Nusa Media.
Mardlotillah, F. (2013). Implementasi Kebijakan Sekolah dalam Upaya Pengembangan Pendidikan Karakter melalui Program Pembiasaan Membaca Al-Qur’an. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 1(2).
Miles, H., & Huberman, A. M. Saldana.(2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook, 3.
Mudzanatun, Suyitno, Putri, A. D. S. & Artharina, F. P. (2018). Analisis Minat Baca Mahasiswa PGSD UPGRIS Semester 5 Pada Mata Kuliah Kajian Kurikulum Bahasa Indonesia. Laporan Penelitan Dosen Pemula. Semarang: Universitas PGRI Semarang
Muslih, M. (2016). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas 6 SD N Limbangan. Jurnal Ilmiah Indonesia. 1(4): 41-50.
Nitte, Y., & Bulu, V. (2020). Pemetaan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar se-Kota Kupang. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(1), 38-47. doi:https://doi.org/10.33394/jk.v6i1.2326
Noor, K. B. M. (2008). Case study; A strategic research methodology. American Journal of Applied Sciences, 5(11), 1602–1604.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti
Perpustakaan, D. B. (2014). Grand Design Pembudayaan Kegemaran Membaca. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI
Pitaloka, P. (2018). Memupuk Minat Baca Anak. Jurnal Iqra. 12(2): 26-36.
Purnomo, A. R. P. (2018). Cerita Rakyat Jepang. Surabaya: Airlangga University Press
Ramdhani, M. A. (2017). Lingkungan pendidikan dalam implementasi pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 28-37.
Sari, P. (2018). Penanaman Nilai Karakter Gemar Membaca. Jurnal Raushan Fikr. 7(2). 205-217
Sari Wijayanti, T. (2018). Penerapan Terapi Cobra untuk Merubah Karakter Siswa SMAN 7 Mataram. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 4(2), 206-214. doi:https://doi.org/10.33394/jk.v4i2.1132
Satgas GLS Kemendikbud. (2018). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Satgas GLS Kemendikbud. (2018). Strategi Literasi Dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Sobirin, M. & Susapti, P. (2018). Cultural Literacy Building of Primary School Students as Basic Concept. Mudarrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam. 10(2): 206-221
Soemanto, P. P. (2003). Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan. Cet. IV,(Jakarta: Rineka Cipta.
Solihin, L., Hijriani, I., Raziqiin, K., Zaenuri, M. (2019). Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sumarsih, S., & Zakaria, Z. (2020). Implementation Of Character Education Program In Vocational School, Lebong District. International Journal of Educational Management and Innovation, 1(3), 238-244.
Suyatno, Jumintono, Pambudi, D. I., Mardati, A., Wantini. (2019). Strategy of Values Education in the Indonesian Education System. International Journal of Construction. 12(1): 607-624
Syahrul, A. R. (2017). Reward, Punishment Terhadap Hasil Belajar Siswa IPS Terpadu Kelas VIII MTsN Punggasan. Jurnal Curricula. 2(1): 1-9
Teguh, M. (2020). Gerakan literasi sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(2), 1-9.
Undang-Undang RI Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Wening, M. H., & Hasanah, E. (2020). Strategies For Developing Religious Culture To Shape The Character of Students. International Journal of Educational Management and Innovation, 1(3), 262-270.
Yaumi, M. (2014). Pendidikan Karakter. Jakarta: Prenada Media Group.
Yin, R. K. (2006). Case study methods. In In: J.L. Green, G. Camilli, & P. B. Elmore (Eds.), Handbook of complementary methods on educational research. (pp. 111–122). American Educational Research Association.
Zulfahita, Z., Husna, N., & Mulyani, S. (2020). Kemampuan Literasi dan Kepercayaan Diri Siswa SMP Berdasarkan Akreditasi Sekolah Swasta dan Negeri di Kota Singkawang. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(3), 407-421. doi:https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2806
DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3211
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Silvia Nur Priasti & Suyatno

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Kependidikan : Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran
E-ISSN: 2442-7667
Published by LPPM Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.