Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Siswa pada Pembelajaran Daring Melalui Implementasi Pendidikan Karakter
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Afriana. (2018). Analysis of student's perspective toward implementation of character education. Journal of English Education, IV(2), 76-92.
Agustin, I., Suryana, Y., & Nugaraha, A. (2018). Pengembangan instrumen penilaian kinerja berbasis outdoor learning di SD. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, V(1), 206-211.
Aisyah, A., Nusantoro, E., & Kurniawan, K. (2014). Increase learning responsibilities through content usage services. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Aplication, III(3), 44-50.
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. (E. D. Lestari, Penyunt.) Sukabumi, Indonesia: CV Jejak.
Appe, D., Duncan, W., & Ellis, W. (2016). Key learners' characteristics for academic success. International Journal of Process Education, VIII(2), 61-82. doi:10.3102/00346543076001001
Busha, C., & Harter, S. (1980). Research methods in librarianship: Techniques and interpretation. New York, United State of America: Academic Press.
Çubukçu, Z. (2012). The effect of hidden curriculum on character education process of primary school students. Educational Sciences: Theory & Practice, xii(2), 1526-1534. doi:10.5430/jct.v6n1p35
Debora, K., & Han, C. (2020). Pentingnya peranan guru kristen dalam membentuk karakter siswa dalam pendidikan kristen: Sebuah kajian etika kristen [The significance of the role of christian teachers in building students’ character in christian education: A study of christian ethics]. Diligentia: Journal of Theology and Christian Education, II(1), 1-12. doi:10.19166/dil.v2i1.2212
Fahmy, R., Bachtiar, N., Rahim, R., & Malik, M. (2015). Measuring student perceptions to personal characters building in education: An indonesian case in implementing new curriculum in high school. Procedia-Social and Behavioral Sciences, II(11), 851-858. doi:10.1016/j.sbspro.2015.11.112
Heriyanto, Komariah, A., Satori, D., & Suryana, A. (2019). Character education in the era of industrial revolution 4.0 and its relevance to the high school learning transformation process. Utopia Y Praxis Latinoamericana, XXIV(5), 327-340.
Julaiha, S. (2014). Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran. Jurnal Dinamika Ilmu, XIV(2), 226-238. doi:10.21093/di.v14i2.15
Kartika, L., Tandililing, E., & S, B. (2016). Penerapan Engaged learning strategy dalam menumbuhkembangkan tanggung jawab belajar dan kemampuan koneksi matematis siswa sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, I(2), 57-64. doi:10.26737/jpmi.v1i2.84
Koesoema, D. (2015). Pendidikan karakter utuh dan menyeluruh. Yogyakarta, Indonesia: PT Kanisius.
Maryono, Budiono, H., & Okha, R. (2018). Implementasi pendidikan karakter mandiri di sekolah dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, III(2), 20-38. doi:10.22437/gentala.v3i1.6750
Nitte, Y., & Bulu, V. (2020). Pemetaan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar se-Kota Kupang. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(1), 38-47. doi:https://doi.org/10.33394/jk.v6i1.2326
Nuroniyah, S. (2018). Pengembangan instrumen pengukuran sikap tanggung jawab siswa madrasah aliyah. Wijaya Dharma: Jurnal Pendidikan dan Evaluasi Pendidikan, VI(2), 134-141. doi:10.30738/wd.v6i2.3392
Pasani, C. F., & Basil, M. (2014). Mengembangkan karakter tanggung jawab siswa melalui pembelajaran matematika dengan model kooperatif tipe TAI di kelas VIII SMPN. Jurnal Pendidikan Matematika, II(3), 219-229. doi:10.20527/edumat.v2i2.616
Pramasanti, R., Bramasta, D., & Anggoro, S. (2020). Implementasi pendidikan karakter tanggung jawab dan kerja sama dalam pembelajaran tematik kurikulum 2013 di sd negeri 2 berkoh. Jurnal Papeda, II(1), 43-48.
Purwitasari, & Wardani, N. S. (2019). Upaya peningkatan sikap tanggung jawab melalui psmnht siswa kelas II sdn sidorejo lor 03 semester II tahun ajaran 2018/2019. Jurnal Basicedu, III(1), 234-242. doi:0.31004/basicedu.v3i1.140
Puspitasari, N., Haryani, S., & Widiarti, N. (2014). Pengembangan rubrik performance assesment pada praktikum hidrolisis garam. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, VIII(1), 1250-1259.
Ragupathi, K., & Lee, A. (2020). Beyond fairness and consistency in grading: The role of rubrics in higher education. Diversity and Inclusion in Global Higher Education, 73-95. doi:10.1007/978-981-15-1628-3
Rahayu, R. (2016). Improvement of responsibility characters of sd students through product assessment in mind mapping learning. Jurnal Konseling GUSJIGANG, II(1), 97-103. doi:10.24176/jkg.v2i1.562
Rochmah, E. Y. (2016). Mengembangkan karakter tanggung jawab pada pembelajar. Al Murabbi, III(1), 36-54.
Rukin. (2019). Metodologi penelitian kualitatif. Takalar, Indonesia: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran daring di tengah wabah covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, VI(2), 214-224.
Sagala, S. (2013). Etika & moralitas pendidikan: Peluang dan tantangan. Jakarta, Indonesia: Kencana.
Simarmata, H. D. (2018). Pendidikan karakter melalui metode refleksi. Jurnal Pendidikan Penabur, XI(7), 72-82.
Sobri, M., Nursaptini, & Novitasari, S. (2020). Mewujudkan kemandirian belajar melalui pembelajaran berbasis daring diperguruan tinggi pada era industri 4.0. Jurnal Pendidikan Glasser, IV(1), 64-71. doi:10.32529/glasser.v4i1.373
Suryadi, S., & Gunawan, I. (2018). Pengaruh Teknik Asertif Training Terhadap Sikap Tanggung Jawab Pada Siswa MTs. Penyaring Kabupaten Sumbawa Besar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 4(1), 103-108. doi:https://doi.org/10.33394/jk.v4i1.907
Suwarno, S. (2016). Pentingnya rubrik penilaian dalam penilaian keterampilan vocational siswa. Prosiding Seminar Nasional USN Vocational Day, I(1). doi: https://doi.org/10.20961/uvd.v1i0.7208
Syafitri, R. (2017). Meningkatkan tanggung jawab belajar melalui strategi giving questions and getting answers pada siswa. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, I(2), 57-63. doi:10.23887/jppp.v1i2.12623
Syafril, & Zen, Z. (2017). Dasar-dasar ilmu pendidikan (1st ed.). Yogyakarta, Indonesia: Kencana.
Tsai, K. C. (2012). Bring character education into classroom. European Journal of Educational Research, I(2), 163-170. doi:10.12973/eu-jer.1.2.163
Utami, S. W. (2019). Penerapan pendidikan karakter melalui kegiatan kedisiplinan siswa. Jurnal Pendidikan, IV(1), 63-66. doi:10.26740/jp.v1n1.p63—66
van Brummelen, H. (2008). Batu loncatan kurikulum: Berdasarkan Alkitab. Jakarta, Indonesia: Universitas Pelita Harapan.
van Brummelen, H. (2009). Berjalan bersama tuhan di dalam kelas: Pendekatan kristiani untuk pembelajaran. Jakarta, Indonesia: Universitas Pelita Harapan.
Wibowo, I. S., & Magfirotun, S. (2016). Peran guru dalam membentuk tanggung jawab siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, I(1), 61-72. doi:10.22437/gentala.v1i1.7091
Widyanti, A., Hasudungan, S., & Park, J. (2020). E-learning readiness and perceived learning workload among students in a Indonesian university. Knowledge Management & E-learning, XII(1), 18-29. doi:10.34105/j.kmel.2020.12.002
Yuliyanto, A., Fadriyah, A., Yeli, K., & Wulandari, H. (2018). Pendekatan saintifik untuk mengembangkan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa sekolah dasar. Metodik Didaktik, XIII(2), 87-98. doi:10.17509/md.v13i2.9307
DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3150
Refbacks
Copyright (c) 2021 Sioratna Puspita Sari, Jessica Elfani Bermuli

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Kependidikan : Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran
E-ISSN: 2442-7667
Published by LPPM Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.