Studi Nilai Karakter pada Simbolisme Batik Ngawi Motif Srambang Park dalam Pembelajaran Seni Rupa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Apriliani, Ika Mega; Budiarjo, H. K. (2016). Perancangan motif batik tulis ikon kabupaten ngawi sebagai media promosi dalam menunjang industri kreatif. Art Nouveau, 5(2), 16.
Dian Eka Wahyuni; Sitti Aliffatul Hasanah. (2016). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Pembentuk Karakter Bangsa. SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN 2016 “ Pengembangan Pendidikan Karakter Bangsa Berbasis Kearifan Lokal Dalam Era MEA ,” 1, 19–24.
Hakim, I. N. (2014). Pembelajaran Tematik-Integratif Di Sd/Mi Dalam Kurikulum 2013. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 19(1), 46–59. https://doi.org/10.24090/insania.v19i1.463
Iskandar; Kustiyah, E. (2017). Issn : 0215 - 3092. Gema, 30(52), 2456–2472.
Istiawati, N. F. (2016). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Adat Ammatoa Dalam Menumbuhkan Karakter Konservasi. CENDEKIA: Journal of Education and Teaching, 10(1), 1. https://doi.org/10.30957/cendekia.v10i1.78
Kemendiknas. (2010). Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa.
Kemendiknas. (2011). Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter. In Kementrian Pendidikan Nasional. Retrieved from https://www.m-culture.go.th/mculture_th/download/king9/Glossary_about_HM_King_Bhumibol_Adulyadej’s_Funeral.pdf
Komara Nur Ikhsan; Supian Hadi. (2018). Implementasi Pengembangan Kurikulum 2013. Ilmiah Edukasi, Vol. 6, pp. 193–202.
Kudiya, K. (2019). Buku mbatik Komarudin Kudiya.
Malik, M. S. (2020). DALAM SENI BUDAYA DAN PRAKARYA Agama Islam berkembang di Indonesia melalui banyak cara , salah satunya melalui akulturasi seni dan budaya . Melalui budaya , agama Islam dapat diterima dengan cepat dan tanpa ada unsur pemaksaan . Seperti halnya tradisi-tra. Elementary Islamic Teacher Journal, 8(1), 59–82.
Mardiana, S., & Sumiyatun, S. (2017). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Sejarah Di Sma Negeri 1 Metro. Historia, 5(1), 45. https://doi.org/10.24127/hj.v5i1.732
Mareza, L. (2017). Cultural Art And Craft Education As A General Intervention Strategy For Special Needs Children. Scholaria, 7(1), 35–38.
Ningrum, D. (2015). Kemerosotan Moral Di Kalangan Remaja: Sebuah penelitian Mengenai Parenting Styles dan Pengajaran Adab. Unisia, XXXVII(82), 18–30.
Nitte, Y. M., & Bulu, V. R. (2020). Pemetaan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar se-Kota Kupang. Jurnal Kependidikan:Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 38-47.
Permendikbud RI No 20 Tahun 2018. (2018). Permendikbud RI No 20 Tahun 2018.
Prajogo, U. (2017). Penguatan Industri Batik Nasional dalam Menghadapi ACFTA dan MEA. 66–78.
Singgih, A. P. (2016). Karakteristik Motif Batik Kendal Interpretasi dari Wilayah dan Letak Geografis. Imajinasi: Jurnal Seni, 10(1), 51–60. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/imajinasi%0Ahttps://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/imajinasi/article/view/8816
Sukaya, Y. (2009). Bentuk dan Metode dalam Penciptaan Karya Seni Rupa. Ritme Jurnal Seni Dan Pengajarannya, 1(1), 1–16. Retrieved from http://file.upi.edu/Direktori/FPSD/JUR._PEND._SENI_RUPA/195403031991031-YAYA_SUKAYA/Yaya_Bentuk_dan_Metode.pdf
Sukitman, T. (2016). Internalisasi Pendidikan Nilai dalam Pembelajaran (Upaya Menciptakan Sumber Daya Manusia yang Berkarakter). JPSD: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2), 85–96.
Tyas, F. Y. (2013). Analisis Semiotika Motif Batik Khas Samarinda. EJournal Ilmu Komunikasi, 1(4), 328–339. Retrieved from https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2013/11/JURNAL (Fitri Yaning Tyas -0902055104) (11-30-13-05-15-40).pdf
Zaman, B. (2019). Urgensi Pendidikan Karakter Yang Sesuai Dengan Falsafah Bangsa Indonesia. Jurnal Kajian Pendidikan Islam Dan Studi Islam, 2(1), 16–31.
DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3139
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Tri Hartatik, Retno Winarni, Anesa Surya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Kependidikan : Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran
E-ISSN: 2442-7667
Published by LPPM Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.