Analisis Kondisi Psikologis Anak dari Keluarga Tidak Utuh pada Siswa SMA PGRI Kupang
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Ahmadi, A. (1999). Psikologi Social, Rineka Cipta, Jakarta.
Asfiyah, W., & Ilham, L. (2019). Urgensi Pendidikan Keluarga dalam Perspektif Hadist dan Psikologi Perkembangan. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 16(1), 1–20. https://doi.org/10.14421/hisbah.2019.161-01
Astuti, Y. D. (2007). Kematian Akibat Bencana dan Pengaruhnya Pada Kondisi Psikologis Survivor:Tinjauan Teoritis Tentang Arti Penting Death Education. Unisia, 30(66), 363–376. https://doi.org/10.20885/unisia.vol30.iss66.art4
Aziz, M. (2019). Perilaku Sosial Anak Remaja Korban Broken Home Dalam Berbagai Perspektif (Suatu Penelitian di SMPN 18 Kota Banda Aceh). Jurnal al-ijtimaiyyah: Media Kajian Pengembangan Masyarakat Islam, 1(1), 30–50. https://doi.org/10.22373/al-ijtimaiyyah.v1i1.252
Chairani, L. (2014). Makna Kematian Orangtua Bagi Remaja (Studi Fenomenologi pada Remaja Pasca Kematian Orangtua). Jurnal Psikologi, 10(1), 41–48. http://dx.doi.org/10.24014/jp.v10i1.1177
Dewi, P. S., & Utami, M. S. (2008). Subjective Well‐Being Anak Dari Orang Tua Yang Bercerai. Jurnal Psikologi, 35(2), 194–212. https://doi.org/10.22146/jpsi.7952
Djiwandono, Sri. 2005. Konseling dan Terapi Dengan Anak dan Orang Tua. Jakarata: Grasindo
Endriani, A. (2015). Studi Kemampuan Berkomunikasi Anak Usia Dini di TK Nurul Huda Selayar Sakra Barat Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 1(2), 115–120. https://doi.org/10.33394/jk.v1i2.389
Gottman, John. 2003. Kiat-Kiat Membesarkan Anak Yang Memiliki Kecerdasan Emosional. (terjemahan). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hidayati, Diana Savitri. (2018). Family Functioning dan Loneliness pada Remaja dengan Orang Tua Tunggal. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 6(1), 54–62. https://doi.org/prefix 10.22219
Mali, M. K., Widodo, D., & Sutriningsih, A. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kebiasaan Mengkonsumsi Alkohol Pada Remaja Laki-Laki NTT yang Tergabung Dalam Organisasi Ikabe - Malang. Nursing News, 2(2), 53–61.
Marpaung, J., & Novitasari, K. D. (2017). Studi Deskriptif Dampak Orang Tua yang Berkonflik Bagi Anak. Cahaya pendidikan, 3(1), 44–51. https://doi.org/10.33373/chypend.v3i1.869
Maula, L. K., & Yuniastuti, A. (2017). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Penyalahgunaan dan Adiksi Alkohol pada Remaja di Kabupaten Pati. Public Health Perspective Journal, 2(2), 168–174.
Mone, H. F. (2019). Dampak Perceraian Orang Tua Terhadap Perkembangan Psikososial dan Prestasi Belajar. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(2), 155–163. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i2.20873
Nisfiannoor, M., & Yulianti, E. (2005). Perbandingan Perilaku Agresif Antara Remaja yang Berasal dari Keluarga Bercerai dengan Keluarga Utuh. Jurnal Psikologi, 3(1), 1–18.
Ramadhani, P. E., & Krisnani, H. (2019). Analisis Dampak Perceraian Orang Tua Terhadap Anak Remaja. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(1), 110–119. https://doi.org/10.24198/focus.v2i1.23126
Sari, A., Hubeis, A. V. S., & Mangkuprawira, S. (2010). Pengaruh Pola Komunikasi Keluarga dalam Fungsi Sosialisasi Keluarga terhadap Perkembangan Anak. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 08(2), 36–45. https://doi.org/10.46937/820105701
Saqinah, D. R., Fasikhah, S. S., & Zulfiana, U. (2019). Hubungan antara Dukungan Emosional Orangtua dan Agresivitas Remaja dengan Orangtua Bercerai. Cognicia, 7(2), 12. https://doi.org/10.22219/Cognicia.Vol7.No2.258-269
Septiana, V. S., Pranaji, D. K., & Simanjuntak, M. (2014). Faktor Suku dalam Pola Komunikasi, Penyesuaian Suami Istri, dan Keharmonisan Keluarga. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 7(1), 1–9. https://doi.org/10.24156/jikk.2014.7.1.1
Sholichah, M. (2016). Pengaruh Persepsi Remaja Tentang Konflik Antar Orang Tua dan Resiliensi Terhadap Depresi dan Kecemasan. Humanitas, 13(1), 22–36. https://doi.org/10.26555/humanitas.v13i1.3837
Suzanna, S. (2018). Makna Kehilangan Orangtua Bagi Remaja di Panti Sosial Bina Remaja Indralaya Sumatera Selatan; Studi Fenomenologi. Jurnal Aisyah : Jurnal Ilmu Kesehatan, 3(1), 61–76. https://doi.org/10.30604/jika.v3i1.86
Trianingsih, R., Inayati, I. N., & Faishol, R. (2019). Pengaruh Keluarga Broken Home Terhadap Perkembangan Moral dan Psikososial Siswa Kelas V SDN 1 Sumberbaru Banyuwangi. Jurnal Pena Karakter (Jurnal Pendidikan Anak dan Karakter), 02(01), 9–16.
Willis, Sofyan. (2009). Konseling Keluarga. Bandung: Alfabeta
Wulandri, D., & Fauziah, N. (2019). Pengalaman Remaja Korban Broken Home (Studi Kualitatif Fenomenologis). Empati, 8(1), 1–9.
DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.2968
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Lolang Maria Masi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Kependidikan : Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran
E-ISSN: 2442-7667
Published by LPPM Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.