Urgensi Pengembangan Pembelajaran Kimia Berbasis Kearifan Lokal dan Kepariwisataan untuk Menumbuhkan Literasi Sains Siswa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ahmadi, H. P., Suryati, S., & Khery, Y. (2016). Pengembangan Modul Contextual Teaching And Learning (CTL) Berorientasi Green Chemistry untuk Pertumbuhan Literasi Sains Siswa. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 4(1), 17-25.
Alfian M. (2013). Potensi Kearifan Lokal dalam Pembentukan Jati Diri dan Karakter Bangsa. Jurnal International Conference on Indonesian Studies, (Online) 425-435
Dewi, C. A., Khery, Y., & Erna, M. (2019). An Ethnoscience Study in Chemistry Learning to Develop Scientific Literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(2), 279-287.
Fajarini U. (2014). Peranan Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Didaktika (Online) 1 (2): 123-130
Hairida. (2017). Using Learning Science, Environment, Technology and Society (SETS) Local Wisdom and based Colloids Teaching Material. Journal of Education, Teaching and Learning, 2(1): 143-148
Haryanto T. J. (2014). Kearifan Lokal Pendukung KerukunanBeragama Pada Komunitas TenggerMalang Jatim. Jurnal Analisa (Online) 1 (2): 201-2013
Khery, Y., Muzaki, A., Nufida, B. A., Rahayu, S., & Setiawan, N. C. E. (2020). Mobile-Nature of Science Model of Learning for Supporting Student Performance on General Chemistry Classroom. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 14(12).
Istiawati FN. (2016). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Nilai Kearifan Lokal Adat Ammatoa Dalam Menumbuhkan Karakter Konservasi. Jurnal Cendekia, Pusat Kajian Bahasa dan Budaya, Surakarta, (Online) 10 (1) 1-18
Mannan MN, Sopyan A, Sunarno. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Untuk Mengembangkan Karakter Positif Siswa SD. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika. 2 (2): 141-146
Martawijaya, M. A., Hasyim, M. (2018). Pengembangan Buku Fisika Berbasis Kearifan Lokal Dalam Menumbuhkan Literasi Sains Siswa. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), volume 227
Mazfufah, N. F. (2017). Pengaruh Metode Diskusi Isu-Isu Sosiosaintifik terhadap Kemampuan Penalaran Ilmiah Peserta Didik. Skripsi. Jakarta : Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Nurkhasanah, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatan Aktifitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IX.A SMP Negeri 1 Gangga. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 5(1), 47-53. doi:https://doi.org/10.33394/jk.v5i1.1393
OECD. (2013). Assesment and Anilitycal Framework mathematicts, reading, Science, Probelm Solving dan Financial LIteracy. s.l: OECD Publising.
OECD. (2015). Assesment and Anilitycal Framework mathematicts, reading, Science, Probelm Solving dan Financial LIteracy. s.l: OECD Publising.
OECD. (2016). PISA 2015 Assessment and Analytical Framework: Science, Reading, Mathematic and Financial Literacy. Paris: OECD Publishing
OECD. (2018). Pisa for development science framework. Dalam OECD, PISA for Development Assessment and Analytical Framework: Reading, Mathematics and Science. Paris: OECD Publishing. doi:https://dx.doi.org/10.1787/9789264305274-6-en
Pambudi, F. S . (2018). Pengaruh Penggunaan Isu Sosiosaintifik Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Kimia dan Efikasi Diri Siswa Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Skripsi. BandarLampung : Universitas Lampung.
Prasetyo, Z K. (2013). Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal. Disampaikan dalam Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika “Pembelajaran Sains berbasis Kearifan Lokal” Surakarta, 14 September 2013 (diakses pada tanggal 4 Januari 2020 http://fisika.fkip.uns.ac.id)
Prastowo, Andi. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktik. Jakarta: Prenadamedia Grup.
Rizki, S., Mudzakir, A., & Hernani. (2013). Desain Pembelajaran Elektrokimia Menggunakan Konteks Keris Sebagai Kearifan Lokal Indonesia untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMA. Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia.Vol. 1 (1): hal. 44-51.
Rustaman, N.Y. (2017). Mewujudkan Sistem Pembelajaran Sains/Biologi Berorientasi Pengembangan Literasi Peserta Didik. Makalah disajikan dalam Prosiding Seminar Nasional III Tahun 2017 “Biologi, Pembelajaran, dan Lingkungan Hidup Perspektif Interdisipliner”. Universitas Muhammadiyah Malang, Malang, 29 April 2017
Seprianingsih, D. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep Biologi Siswa. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 3(1). doi:https://doi.org/10.33394/jk.v3i1.467
Sajidan, S., Ashadi, A., & Sutikno, S. (2015). Kecakapan Calon Guru Dalam Mengintegrasikan Konsep Sains Dengan Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 4(2), 120-126
Setiawan, B., Innatesari, D. K., Sabtiawan, W. B., Sudarmin (2017). Pengembangan Modul Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Local Wisdom Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Jurnal Pendidikan IPA, 6(1), 49-54.
Susanti, I.L.M.A. (2013). Developing digital storytelling based local wisdom through blended learning as an innovative media for teaching English at eighth grade students of SMP Negeri 1 Petang in the academic year 2012/2013. Asia-Pasific Collaborative Education Journal, 9 (2), hlm. 95-102.
Toharudin, U., & Kurniawan, I. S. (2017). Values of Local Wisdom: A Potential to Develop an Assessment and Remedial. International Journal of Evaluation and Research in Education, 6(1), 71–78.
UU No. 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional pasal 36 ayat 3
Wahyuni, S. (2015). Developing Science Learning Instruments Based On Local Wisdom To Improve Student’s Critical Thinking Skills. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 11(2), 156–161.
DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2718
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 yusran khery

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Kependidikan : Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran
E-ISSN: 2442-7667
Published by LPPM Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.