Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Afifah, N. (2011). Strategi Pembelajaran Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Anak Berkesulitan Belajar Kelas IIIA SD Negeri Kepatihan Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011. Zjurnal UNS, I, 98.
Ani Widayati. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, VI(1), 87–93.
Arikunto. (2019). Metodelogi Penelitian, Suatu Pengantar Pendidikan. In Rineka Cipta, Jakarta (p. 21).
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara, 136(2), 2–3.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI. In Rineka Cipta.
Arta Diantoro, S. B., Mahsup, M., & Pramita, D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bentuk Aljabar Siswa Kelas VII SMP. Paedagoria | FKIP UMMat, 10(1), 01. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v10i1.811
Bakhri, S. (2018). Pendidikan Global Dan Globalisasi Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1(1).
Mulyono, D., & Elly S., A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dan Student Facilitator and Explaining Terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Mengontrol Kemampuan Awal Siswa. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 238-250. doi:https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2536
Izzati, N. (2015). Pengaruh Penerapan Program Remedial Dan Pengayaan Melalui Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 4(1). https://doi.org/10.24235/eduma.v4i1.20
Krismanto, A. (2003). Beberapa Teknik, Model, dan Strategi dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Depdiknas Dirjen Pendidikan Dasar Dan Menengah.
Mahsup, M. (2018). Analisis Kesulitan Dalam Memahami Kemampuan Verbal Dalam Membuat Model Matematika Program Linear. Jurnal Ulul Albab, 22(2). https://doi.org/10.31764/jua.v22i2.594
Mandailina, V., & Mahsup. (2018). Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Kubus dan Balok Kelas VIII SMP/MTs. Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika (JTAM), 2(2), 144–147.
Nizaruddin, Nugroho, A. A., & Istikaanah, N. (2012). Efektifitas Pembelajaran Matematika Bilingual Berbasis Konstruktivisme Pada Materi Program Linear. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika (Aksioma), 3(1), 1–10.
Ramadhan, R., Solehudin, A., & Sabri, S. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Mekanik di SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, 5(2), 242. https://doi.org/10.17509/jmee.v5i2.15194
Rohmah, Z. (2019). Penerapan Pembelajaran Matematika melalui Model Tutor Sebaya dengan Pendekatan Saintifik sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Siswa di Kelas Inklusif. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 149. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i2.8171
Saparwadi, L., & Aini, Q. (2016). Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Program Linear : Studi Kasus Pada Program Studi Pendidikan dalam Pendidikan Matematika ) di beberapa PTN dan PTS sepulau Lombok . Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan, 14(1), 33–48.
Setiawan, I. W. B., Artawan, I. G., & Rasna, I. W. (2014). Penerapan metode pembelajaran tutor sebaya (peer teaching) untuk meningkatkan pemahaman isi teks dongeng siswa kelas vii a1 di SMP Negeri 3 Sawan. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 2(1).
Siti Muawanah, Nizaruddin, A. N. A. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Tutor Sebaya Dan Numbered. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, (2019: Senatik 4), 370–378.
Sujiati, S. (2020). Pembelajaran Kooperatif Berbasis Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Pesawat Sederhana di SMPN 1 Kayangan. Jurnal Paedagogy, 7(1), 1-8. doi:https://doi.org/10.33394/jp.v7i1.2508
Sutawidjaja, A., & Afgani, J. (2015). Konsep Dasar Pembelajaran Matematika. Pembelajaran Matematika, 1.2–1.24.
UUD. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Tentang Sistem Pendidikan. UUD No 20 Tahun 2003, 1–33.
Wijaya Kusuma, D. D. (2010). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. In Mengenal Penelitian Tindakan Kelas (p. 24).
DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2673
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Mahsup, Ibrahim, Sintayana Muhardini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Kependidikan : Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran
E-ISSN: 2442-7667
Published by LPPM Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.