Peningkatan Aktivitas Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Materi Perlindungan dan Penegakan Hukum dengan Metode Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas XII IPS 2 di SMAN 3 Mataram
Abstract
Abstract: This study aims to improve the learning activities of citizenship education on protection and law
enforcement material using STAD of cooperative learning method at the twelvth grade students of Social
Science 2 at SMAN 3 Mataram. This research used a classroom action research method with two cycles.
Instruments of data collection used were observation sheets and test. The technique of analyzing the data used qualitative and quantitative descriptive analysis. The results of the study showed that the application of STAD of cooperative learning method proved to be effective in increasing students' understanding and learning activities in the subject of citizenship education.
Abstrak: Penelitian ini betujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran pendidikan kewarganeraan materi perlindungan dan penegakan hokum dengan metode kooperatif tipe STAD pada siswa kelas XII IPS 2 di SMAN 3 Mataram. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Instrument pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Teknik analisis data penelitian
menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan
pembelajaran kooperatif tipe STAD terbukti efektif dapat meningkatkan pemahaman dan aktivitas pembelajaan siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas.2005. Pendidikan Kewarganegaraan, Kurikulum dan
Silabus Pendidikan Kewarganegaraan, Jakarta : Depdiknas
Depdiknas. 2005. Pendidikan Kewarganegaraan, Strategi danMetode Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, Jakarta :Depdiknas
Johnson DW & Johnson, R, T (1991) Learning Together and Alone. Allin and Bacon : Massa Chussetts Oemar Hamalik, 2001, Proses Belajar Mengajar, Jakarta, P.T., Bumi Aksara
Sardiman, A.M, 2003, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada Team
Pelatih Penelitian Tindakan, 2000, Penelitian Tindakan (Action Research), Universitas Negeri Yogyakarta Undang-undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, 2003, Jakarta : Depdiknas
Wina Senjaya, 2006, Strategi Pembelajaran Berorientasi Proses Standar Proses Pendidikan, Jakarta : Kencana Prima
DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v4i2.1123
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Ida Ayu Nyoman Padmi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Kependidikan : Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran
E-ISSN: 2442-7667
Published by LPPM Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.