Peningkatan Aktivitas Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Materi Perlindungan dan Penegakan Hukum dengan Metode Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas XII IPS 2 di SMAN 3 Mataram

Ida Ayu Nyoman Padmi

Abstract


Abstract: This study aims to improve the learning activities of citizenship education on protection and law
enforcement material using STAD of cooperative learning method at the twelvth grade students of Social
Science 2 at SMAN 3 Mataram. This research used a classroom action research method with two cycles.
Instruments of data collection used were observation sheets and test. The technique of analyzing the data used qualitative and quantitative descriptive analysis. The results of the study showed that the application of STAD of cooperative learning method proved to be effective in increasing students' understanding and learning activities in the subject of citizenship education.

 

Abstrak: Penelitian ini betujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran pendidikan kewarganeraan materi perlindungan dan penegakan hokum dengan metode kooperatif tipe STAD pada siswa kelas XII IPS 2 di SMAN 3 Mataram. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Instrument pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Teknik analisis data penelitian
menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan
pembelajaran kooperatif tipe STAD terbukti efektif dapat meningkatkan pemahaman dan aktivitas pembelajaan siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan.


Keywords


Aktivitas Pembelajaran, Metode Kooperatif, STAD

Full Text:

PDF

References


Depdiknas.2005. Pendidikan Kewarganegaraan, Kurikulum dan

Silabus Pendidikan Kewarganegaraan, Jakarta : Depdiknas

Depdiknas. 2005. Pendidikan Kewarganegaraan, Strategi danMetode Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, Jakarta :Depdiknas

Johnson DW & Johnson, R, T (1991) Learning Together and Alone. Allin and Bacon : Massa Chussetts Oemar Hamalik, 2001, Proses Belajar Mengajar, Jakarta, P.T., Bumi Aksara

Sardiman, A.M, 2003, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada Team

Pelatih Penelitian Tindakan, 2000, Penelitian Tindakan (Action Research), Universitas Negeri Yogyakarta Undang-undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, 2003, Jakarta : Depdiknas

Wina Senjaya, 2006, Strategi Pembelajaran Berorientasi Proses Standar Proses Pendidikan, Jakarta : Kencana Prima




DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v4i2.1123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Ida Ayu Nyoman Padmi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kependidikan : Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran

E-ISSN: 2442-7667

Published by LPPM Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected] 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.