Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Melalui Pembelajaran Kooperatif Metode Think Pair Share pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Mataram

Erna Suryani

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ekonomi melalui
pembelajaran kooperatif metode Think Pair Share pada siswa kelas sembilan SMAN 3 Mataram. Penelitian ini menggunakan
metode penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran kooperatif metode Think Pair Share memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada siswa kelas sembilan Ilmu Sosial di SMAN 3 Mataram, di mana terdapat peningkatan pada siswa Skor standar pada setiap siklus yaitu siklus I (33,33%), siklus II (66,66%), dan siklus III (93,33%).

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran mata pelajaran ekonomi melalui
metode kooperatif think pair share pada siswa kelas XI di SMAN 3 Mataram. Metode penelitian
ini menggunakan metode penelitian kelas dengan dua siklus. Instrumen pengumpulan data
menggunakan lembar observasi dan tes. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif
kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran dengan menerapkan model
pembelajaran kooperatif Think Pair Share memiliki pemikiran positif dalam meningkatkan pembelajaran siswa di  kelas XI IPS-1 di SMA Negeri 3 Mataram yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus I (33,33%), siklus II (66,66%), dan siklus III (93,33%).


Keywords


Pembelajaran; Kimia Organik; SETS

Full Text:

PDF

References


Ali Muhammad, 2004. Guru dalam Proses Belajar Mengajar, Sinar Baru

Albensindo, Bandung Isjoni, 2007, Cooperatf Learning. Alfabeta,

Bandung

Mulyasa. E. 2006. Kurikulum Yang Disempurnakan “ Pengembangan

Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar”. PT.Remaja Rosdakarya.

Bandung.

Nasution. S.2005. Berbagai Pendekatan Dalam proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta.

Nur, dkk. 1997. Pembelajaran Kooperatif. Pusat Sains dan Matematika Sekolah. Program Pascasarjana UNESA, Surabaya.

Nurhayati B, & Lukman Wellang Sappe, 2004. Strategi Belajar Mengajar. Jurusan Ekonomi FMIPA UNM Makasar.

Popham W. James, Eval, Baker. 2005. Teknik Mengajar Secara Sistematik. Rineka Cipta.Jakarta.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya Rineka Cipta. Jakarta

Syafrudin dan Nasution Irwan. 2005. Manajemen Pembelajaran Quantum Teaching. Jakarta

Ubana M & Sudrajat. 2005. Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Pustaka Setia.

Bandung Wiriaatmadja Rochiati. 2007. Model Penelitian Tindakan Kelas Untuk meningkatkan kinerja guru dan Dosen. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung




DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v4i2.1122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Erna Suryani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kependidikan : Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran

E-ISSN: 2442-7667

Published by LPPM Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected] 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.