Development of Interactive Multimedia Using Problem Based Learning Model in Class VIII Integrated Science Subjects Junior High School
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, M. (2009). Pengaruh Penggunaan Alat Bantu Belajar Berbasis Komputer terhadap Peningkatan Pemahaman Peserta Didik pada Materi yang Dijelaskan. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 4(2), 87-95.
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Bobrowsky, F. A. (2007). The Relationship of Science Education to the Development of Students' Curiosity about Nature and Their Understanding of Nature of Science. Journal of Science Education, 32(4), 321-335.
Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Diamond, J. (2011). The Importance of Science Education: Fostering a Deep Understanding of Natural Sciences Among Students. Journal of Science Education, 25(3), 123-136.
Dick, W., & Carey, L. (1996). The Systematic Design of Instruction. New York: Harper Collins.
Elmurodov, M. (2020). Pengaruh Penggunaan Multimedia dengan Video dan Animasi Berwarna terhadap Pemahaman dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Multimedia, 6(2), 45-58.
Hamalik, O. (1986). Pemanfaatan Media dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Martina, H. A., Ibrahim, M., & Isnawati. (2015). Kepraktisan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Life Skill pada Materi Hereditas Manusia Kelas XII SMA. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 4(3), 932–936.
Prastowo, A. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Rohmah, N., & Bukhori, A. (2020). Tantangan Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran: Peran Guru sebagai Fasilitator dan Pendamping. Jurnal Pendidikan, 15(2), 123-136.
Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.
Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166–178.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tashpulatovich, D. I. (2021). Pengertian dan Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan, 17(2), 123-136.
Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Widiyanto. (2013). Uji Efektivitas Pembelajaran dengan Menggunakan Soal Pre-test dan Post-test serta Uji Paired T-test dalam Pemakaian Multimedia Interaktif. Jurnal Pendidikan Multimedia, 9(2), 87-102.
DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v8i4.8751
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Lukman Hakim, Alwen Bentri, Abna Hidayati, Winanda Amilia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Teknologi Pendidikan
ISSN: 2656-1417 (Online)
ISSN: 2503-0620 (Print)
Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP
Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.