Development and Implementation of Chemistry STEM-Based Module on Buffer Solution Material in Senior High School
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Berahim, T. S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kimia Melalui Model Pembelajaran Inquiry Based Learning (IBL) Pada Kelas X TEI SMK Negeri 5 Gorontalo Tahun Pelajaran 2019/2020. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 1207-1214.
Djangi, M. J., Sugiarti, R., & Ramdani, R. Kesulitan Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA 3 SMAN 3 Maros pada Materi Larutan Penyangga.
English, L. D. (2016). STEM education K-12: Perspectives on integration. International Journal of STEM education, 3, 1-8.
Fauziah, U. (2015). Desain penelitian pengembangan bahan ajar ipa terpadu tema cahaya dan warna untuk pembelajaran IPA SMP. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains, 8.
Hasdi, H., & Agustina, S. (2016). Pengembangan buku ajar geografi desa-kota menggunakan model ADDIE. Educatio, 11(1), 90-105.
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi hasil PISA (the programme for international student assesment): Upaya perbaikan bertumpu pada pendidikan anak usia dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 30-41.
Kanza, N. R. F., Lesmono, A. D., & Widodo, H. M. (2020). Analisis keaktifan belajar siswa menggunakan model project based learning dengan pendekatan stem pada pembelajaran fisika materi elastisitas di kelas xi mipa 5 sma negeri 2 jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(2), 71-77.
Kelley, T. R., & Knowles, J. G. (2016). A conceptual framework for integrated STEM education. International Journal of STEM education, 3(1), 1-11.
Kennedy, T. J., & Odell, M. R. (2014). Engaging students in STEM education. Science Education International, 25(3), 246-258.
Kinestetik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, Lembaga Penelitian Undiksha, 5(3), 341-376
Nugroho, O. F., Permanasari, A., & Firman, H. (2021). STEM Learning for Science Education Program: Reference to Indonesia. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 11(2), 90-100.
Pane, E. P., Manurung, H. M., Simangunsong, A. D., Mobo, F. D., Siahaan, T. M., & Manurung, S. (2022). The Effect of Stem-Based Learning Module on Students Learning Outcomes and Motivation in General Chemistry Courses. IJECA International Journal of Education and Curriculum Application, 5(2), 211-218.
Rahmawati, A., Nidiasari, Y., & Sutomo, E. (2023). Analisis Keaktifan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Kolaborasi Kelas VII pada Materi Pemisahan Campuran di SMP Muhammadiyah AIMAS. Biolearning Journal, 10(1), 41-46.
Riyani, A. F., Kusumo, E., & Harjito, H. (2017). Pengembangan lembar kerja siswa berpendekatan inkuri terbimbing pada konsep kelarutan. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(2).
Rosilia, P., Yuniawatika, Y., & Murdiyah, S. (2020). Analisis kebutuhan bahan ajar siswa di kelas III SDN Bendogerit 2 Kota Blitar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 125.
Setyowati, R., Parmin, P., & Widiyatmoko, A. (2013). Pengembangan modul IPA berkarakter peduli lingkungan tema polusi sebagai bahan ajar siswa SMK N 11 Semarang. Unnes Science Education Journal, 2(2).
Silaban, S. (2017). Dasar-dasar pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan alam. Medan: Harapan Cerdas Publisher.
Silaban, S. (2021). Pengembangan program pengajaran. Yayasan Kita Menulis.
Susanti, L. Y., Hasanah, R., & Khirzin, M. H. (2018). Penerapan media pembelajaran kimia berbasis science, technology, engineering, and mathematics (STEM) untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA/SMK pada materi reaksi redoks. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 6(2), 32-40.
Syahirah, M., Anwar, L., & Holiwarni, B. (2020). Pengembangan modul berbasis STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) pada pokok bahasan elektrokimia. Jurnal Pijar Mipa, 15(4), 317-324.
Syukri, M., Halim, L., Meerah, T. S. M., & FKIP, U. (2013, March). Pendidikan STEM dalam Entrepreneurial Science Thinking ‘ESciT’: Satu Perkongsian Pengalaman dari UKM untuk ACEH. In Aceh Development International Conference (pp. 26-28).
Tazkiyah, A., Sulur, S., & Fawaiz, S. (2020). Pengembangan modul elektronik dengan feedback berbasis android materi suhu dan kalor untuk siswa SMA/MA. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(1), 31-38.
Umbara, D. M. A. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Stem Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Limbah Hasil Hewani. Jurnal Pendidikan, 13(1), 32-50.
Utami, T. N., Jatmiko, A., & Suherman, S. (2018). Pengembangan modul matematika dengan pendekatan science, technology, engineering, and mathematics (STEM) pada materi segiempat. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 165-172.
van Laar, E., van Deursen, A. J., van Dijk, J. A., & de Haan, J. (2019). Determinants of 21st-century digital skills: A large-scale survey among working professionals. Computers in human behavior, 100, 93-104.
Vennix, J., den Brok, P., & Taconis, R. (2018). Do outreach activities in secondary STEM education motivate students and improve their attitudes towards STEM?. International Journal of Science Education, 40(11), 1263-1283.
Wati, S., Syafryadin, S., & Apriani, E. (2021). Learning module development on compiling exposition and argumentation text using project-based learning. English Review: Journal of English Education, 9(2), 355-366.
Yoda, I. K., Kanca, I. N., & Wijaya, M. A. (2011). Pengembangan Modul Bermuatan Model Pembelajaran Bandura untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjasorkes dan Kecerdasan
Key Words :
Module development, STEM, learning outcomes, learning activities
DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v8i4.8572
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Litani Siregar, Saronom Silaban
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Teknologi Pendidikan
ISSN: 2656-1417 (Online)
ISSN: 2503-0620 (Print)
Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP
Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.