Pengembangan Paket Layanan Bimbingan Kelompok Bidang Bimbingan Sosial Manajemen Konflik Kolaboratif Siswa SMP Yayasan Taman

Venna Kurniawati, Atiqoh Atiqoh

Abstract


Salah satu bentuk layanan yang sering digunakan dan diterapkan ialah bimbingan kelompok, bimbingan kelompok ini juga merupakan sarana untuk menunjang perkembangan optimal masing-masing siswa.  Model pengembangan manajemen konflik yang dikembangkan ADDIE terdiri dari beberapa yang perlu dilakukan untuk merancang aktifitas pembelajaran dalam penyelesaian masalah yang lebih baik. ADDIE memasukkan unsur dari analisis, design, mengembangkan, penerapan serta mengevaluasi proses pembelajaran menekankan pada respon siswa terhadap stimulus yang ada dalam emosional pembelajaran.Mengacu pada produk yang sudah dirancang dan serta dikembangan maka dapat ditarik kesimpulan dari produk yang sudah disebarkan keresponden peserta didik kelas 7 dan 8 SMP Yayasan Taman. Yang dikembangkan melalui tahapan validasi dan pengambilan data dari responden dan juga reviewers maka dapat digunakan serta tinjau kembali berdasarkan revisi yang disarankan oleh ahli-ahli yang sudah melakukan validasi dengan bobot nilai 5 maka pengembangkan paket layanan bimbingan kelompok bidang bimbingan sosial sangat layak digunakan.

Keywords


Bimbingan Kelompok, Manajemen Konflik, Kolaboratif, Motivasi Belajar.

References


Ardiansyah, Erlangga, Toni. (2020). Journal of Physical Activity. Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi tentang isyarat-isyarat wasit bolavoli di SMA Negeri 2 Karangan, 1-13.

Arikan, Nuryo. (2020). International Education Studies. Effect of Sport Education Model Based Social-Emotional Learning, 1-13.

Al-qur'an, Karim. (2021) ‘Konflik dalam Al-Qur ’an’, 18(2), pp. 12–29.

Apandi, Adit. (2020) ‘Pendekatan Resolusi Konflik Dalam Upaya Pencegahan Konflik Regional Pada Era Digitalisasi’, Jurnal Inovasi Ilmu Sosial dan Politik, 2(1), p. 94. doi: 10.33474/jisop.v2i1.6414.

Al ASy’ari, A. As. Al (2021) ‘Manajemen Konflik Sebuah Solusi (Pandangan Islam)’, Jurnal Komunika Islamika : Jurnal Ilmu Komunikasi dan Kajian Islam, 7(2), p. 285. doi: 10.37064/jki.v7i2.8655.

Audretsch, Dherrie, Bobby. (2020) ‘Knowledge management and entrepreneurship’, International Entrepreneurship and Management Journal, 16(2), pp. 373–385. doi: 10.1007/s11365-020-00648-z.

Barseli, Mohammad, Audrie. (2020) ‘Pengembangan modul bimbingan dan konseling untuk pengelolaan stres akademik siswa’, Jurnal Konseling dan Pendidikan, 8(2), pp. 72–78. doi: 10.29210/141700.

Branch, Rachel, Marco. (2019) Approach, Instructional Design: The ADDIE, Department of Educational Psychology and Instructional Technology University of Georgia.

Casey, Arriel, Quennerstedt. (2020). European Physical Education. Cooperative learning in physical education encountering Dewey’s educational theory, 1-15.

Della, Fionelia. (2020). Journal Of Human Sport & Exercise. Teachers' perspectives about contents and learning aim of physical education in Italian primary school, 110Aji,

Desanti, Nuril., Sutrisno, Erlangga. dan Anggita, A. (2020) ‘Konflik dan Pengaruhnya terhadap Kepuasan Kerja’, Eksos, 15(1), pp. 38–47. doi: 10.31573/eksos.v15i1.82.

Ellmer, Eifer. (2020). European Physical Education. Learning in action sports: A scoping review, 1-21.

El Fiah, Rochma, dan Anggralisa, Irli. (2016) ‘Efekitvitas Layanan Konseling Kelompok dengan Pendekatan Realita untuk Mengatasi Kesulitan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik Kelas X MAN Krui Lampung Barat T.P 2015/2016’, KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 3(1), pp. 77–82.

Fadilah, Ghergios. (2021) ‘Implikasi Teori-teori Konflik terhadap Realitas Sosial Masa Kini: Tinjauan Pemikiran Para Tokoh Sosiologi’, Journal of Society and Development, 1(1), pp. 11–15.

García-González, Lois., Lhutfie. (2020). Physical Education and Physical Activity Promotion. Can a Hybrid Sport Education/Teaching Games for Understanding Volleyball Unit Be More Effective in Less Motivated Students. An Examination into a Set of Motivation-Related Variables, 1-16.

Gilarias. Henry, James. (2020). European Physical Education Review. Autonomy support,motivational climate, enjoyment and perceived competence in physical education: Impact of a hybrid teaching games for understanding/sport education unit, 1-18.

Gutiérrez, Dvictor (2020). Journal Of Human Sport & Exercise. Evaluation of a program to expand use of sport education model: 1-14.

Ghufron, Gillin. (2021) ‘Manajemen Konflik Dan Penyelesaiannya Dalam Pandangan Islam’, At-Turost : Journal of Islamic Studies, 8(1), pp. 59–83. doi: 10.52491/at.v8i1.58.

Gulo, Audrie. Robby. Billy. dan Silitonga, Elly. (2020) ‘Gaya manajemen konflik compromising dan dominating dalam mengurangi stres kerja perawat pelaksana’, Holistik Jurnal Kesehatan, 13(4), pp. 424–430. doi: 10.33024/hjk.v13i4.1841.

Idris, Jhon. (2019) ‘Di SD Ramah Anak Kota Lhokseumawe’, 4(1), pp. 73–89.

Irin Veronica Sepang. (2020) ‘Modul Pembelajaran SMA : Sosiologi’, Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, pp. 12–26.

Janeyri Elizabeth Boyer Carrera (2021) ‘Bimbingan dan Konseling Sosial’, Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 19(1), pp. 2013–2015.

Jati Kusuma, Iraf. (2020). Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Potensi Pengembangan Sport Tourism Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani, 1-11.

Khasanah, Nurhayati. Haryanti. dan Aspin, Aurel. (2020) ‘Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Disiplin Belajar Siswa’, Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan dan Konseling, 5(2), pp. 291–297. doi: 10.36709/bening.v5i2.13351.

Nurani, Wildan. Abidin. (2020) ‘Bimbingan Kedamaian : Implementasi Pendidikan Kedamaian’, pp. 1–8.

Puri, Purwanti. Rhocma., Samsudin, Afif. dan Siddik, Rahman. Rohim. (2021) ‘Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Mi Muslimin Yang Memiliki Kepercayaan Diri Rendah. Pipih Ratna Puri 1 , Asep Samsudin 2 , Riesa Rismawati Siddik 3’, 4(3), pp. 191–199.

Rolle, Toni dan Pratama. (2021) ‘Optimalisasi Peran Guru Bimbingan dan Konseling’, 7(1), pp. 44–55.

Rasimin, Ruli., Yusra, Afif. dan Wahyuni, Haritanto. (2021) ‘Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa’, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), pp. 314–320. doi: 10.31004/edukatif.v3i2.261.

Rony (2019) ‘Analisis manajemen konflik di sekolah’, Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial dan Budaya, 2(2), pp. 92–115.

Sabri, Suyatno. dan Rahim, Muhammad. (2020) ‘Integration of ADDIE design in string ensemble class instructional material design’, International Journal of Innovation, Creaivity and Change, 14(11), pp. 359–388.

Saputro, Dobbi. Budi., Hidayati, Aprilia. dan Maulana, Muhammed. (2020) ‘Peran Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Modeling Terhadap Sikap Sopan Santun’, Jurnal Advice Bimbingan dan Konseling, 2(2), pp. 132–145.

Stefani, Erlangga, Jeremi. (2020). Learning sport: Teaching methods comparison. Learning new sport actions: Pilot study to, 1-18.

Winarto, Nuryo. (2016) ‘Model Pembelajaran Dick and Carrey Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia’, Kajian Linguistik dan Sastra, 1(2), p. 119. doi: 10.23917/kls.v1i2.3631.

Yuhana, Maloko. Nurril., Muslihati, Mukoya. dan Fauzan, Latif. (2021) ‘Pengembangan Media Bimbingan Videoedukasi untuk Meningkatkan Keterampilan Perencanaan Studi Lanjut bagi Siswa Kelas 9 SMP’, Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 1(11), pp. 897–905. doi: 10.17977/um065v1i112021p897-905.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v8i2.6978

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Venna Kurniawati, Atiqoh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.