Pemanfaatan Quizizz sebagai Media Penilaian Peserta Didik

Ernawati Ernawati, Muhammad Nurwahidin, Dwi Yuliyanti

Abstract


Kegiatan pengajaran daring yang telah dilakukan beberapa waktu lalu karena adanya pandemi mengakibatkan murid yang semula terbatas memakai android, menjadi sangat leluasa mengakses berbagai macam informasi lewat adroid yang dimilikinya. Tujuan dari riset ini adalah untuk memastikan sejauh mana aplikasi Quizizz telah berkembang menjadi alat penilaian pengajaran yang dapat menginspirasi dan mendorong siswa untuk meningkatkan pembelajaran mereka. Metode tinjauan pustaka sistematis (SLR) dipilih sebagai pendekatan penelitian untuk riset ini. Artikel tentang pemakaian aplikasi Quizizz dalam pendidikan didokumentasikan dan ditinjau untuk tujuan pengumpulan data. 15 artikel dari jurnal nasional dan internasional terakreditasi dari Google Schooler, Research Gate, SINTA, DOAJ, dan Scopus dipakai saat riset ini. Alat pengajaran memakai Quizizz merupakan salah satu alternative solusi untuk menumbuhkan suasana yang menyenangkan dan menumbuhkan antusias belajar murid sehingga diharapkan dapat meminimalisir pemakain android yang tidak tepat oleh murid.


Keywords


Pengembangan; Modul IPAS; Proyek Pembelajaran; Kreativitas Belajar

References


Alifah, N., & Aripin, U. (2018). Fase BernalarMurid Smp Pada Penuntasan Problem Matematik Dikaji Dari Gaya Kognitif Field Dependent Dan Field Independent.JPMI (Jurnal Pengajaran Matematika Inovatif), 1(4), 505. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p55-512

Amany, A. (2020). Quizizz Menjadi Media Evaluasi Pengajaran Daring Pelajaran Matematika. Buletin Penumbuhan Perangkat Pengajaran, 2(2), 1–11.

Asria, L., Sari, D. R., Ngaini, S. A., Muyasaroh, U., & Rahmawati, F. (2021). Analisa Antusiasme Murid Pada Evaluasi Belajar Memakai Platform Quizizz. Alifmatika: Jurnal Pelatihan dan Pengajaran Matematika, 3(1), 1–17.https://doi.org/10.35316/alifmatika.2021.v3i1.1-17.

Citra, C. A., Rosy, B., & Program. (2020). Keefektifan Pemakain Media Pengajaran Berlandaskan Game Edukasi Quizizz Atas Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Murid Kelas X SMK Ketintang. Jurnal Pelatihan Manajemen Perkantoran (JPAP), 8(2), 261–272. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jp ap/article/view/8242/4081

Darmawan, M. S., Daeni, F., & Listiaji, P. (2020). The Application of Quizizz as an Online Assessment Tool forThe Journal of Unnes Science Education, 9(3), 144– 150.Hamidah, M. H., & Wulandari, S. S. (2021).

Penumbuhan Instrumen Pengukuran Berlandaskan Hots Memakai Program “Quizizz.” Efisiensi : Tinjauan Ilmu Menajemen, 18(1), 105–124. https://doi.org/10.21831/efisiensi.v18i1. 36997

Purmadi, A., & Sa’di, K. (2021). Pengembangan Kelas Virtual Berbasis Moodle untuk Memfasilitasi Efektivitas Pembelajaran Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 8(1), 11-19. doi:http://dx.doi.org/10.17977/um031v8i12021p011

Haryati, S., Albeta, S. W., Futra, D., & Siregar, A. D. (n.d.). Pengembangan Instrumen Evaluasi Pengajaran Online Memakai Aplikasi Quizizz : Selama Pandemi Covid-19. 9490.

Haryati, S., Albeta, S. W., Futra, D., & Siregar, A. D. (2021). Utilizing the Quizizz Application, the Development of Online Learning Evaluation Instruments:Throughout the Covid-19 Pandemic. Al-Ishlah: Jurnal Pelatihan, 13(1), 364–373.

Hasanah, U., Safitri, I., Rukiah, R., & Nasution, M. (2021). Menganalisa Pertumbuhan Alat Pengajaran Matematika Atas Hasil Belajar




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v8i2.6462

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 ernawati ernawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.