Pengembangan Modul IPAS Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Peserta Didik

Desy Natalia, Herpratiwi Herpratiwi, Muhammad Nurwahidin, Riswandi Riswandi

Abstract


Pembelajaran berbasis proyek adalah model pembelajaran yang menggunakan proyek atau kegiatan sebagai  media pembelajaran Data hasil analisis menyebutkan bahwa lebih dari 50% peserta didik mengalami kesulitan belajar disebabkan minimnnya sumber belajar cetak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik, kemenarikan dan efektifitas pengembangan modul IPAS berbasis proyek untuk meningkatkan kreativitas belajar peserta didik SMKN 1 Gedongtataan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D (research and development) karena mengembangkan suatu produk dan menguji keefektifan produk, dengan menggunakan pendekatan kuantiatif dan kualitatif model ADDIE (Analisis, Desain, Development, Implementasi, Evaluasi) hasil penelitian disimpulkan Kreativitass belajar dapat bermanfaat bagi peserta didik kelak ketika menghadapai pekerjaan di dunia nyata. Kreativitas belajar dapat memberikan bekal kepada peserta didik untuk mampu menghadapi tantangan di masa mendatang, karena kreativitas merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh peserta didik dalam menghadapi tantangan abad 21. EfektifitaspenggunaanprodukyangdikembangkanpadamatapembelajaranProyek IPASpadamateriMakhluk hidup dan lingkungannya berdasarkanhasilreratagainternormalisasinya0,6297dengan kriteriasedang artinya modul berbasis proyek efektif meningkatkan kreativitas belajar peserta didik dengan kategori sedang.Berdasarkan hasil uji kemenarikan dinyatakan bahwa modul IPAS berbasis proyek memiliki nilai kemenarikan sebesar 84,5 (kategori menarik) yang artinya bahwa modul ini disukai oleh peserta didik.

Keywords


Pengembangan Modul IPAS, Proyek Pembelajaran, Kreativitas Belajar

References


Ade Aransyah, Herpratiwi, M. Mona Adha, M. Nurwahidin. (2023). Jurnal Teknologi Pendidikan : Implementasi Evaluasi Modul Kurikulum Merdeka Sekolah Penggerak Terhadap Peserta Didik SMA Perintis 1 Bandar Lampung Jurnal Teknologi Pendidikan : 8(1), 136–147.

Afif, A. M. S., Suyitno, H., & Wardono, W. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa dalam Problem Based Learning (PBL). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 328-336.

Almuharomah, F. A., Mayasari, T., & Kurniadi, E. (2019). Pengembangan Modul Fisika STEM Terintegrasi Kearifan Lokal “Beduk” untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(1), 1. https://doi.org/10.20527/bipf.v7i1.5630.

Fajra, M., & Novalinda, R. (2020). Project Based Learning: Innovation To Improve the Suitability of Productive Competencies in Vocational High Schools With the Needs of the World of Work. International Journal Of Multi Science, 1(08), 1–11.

Halimah, Leli. (2017). Keterampilan Mengajar sebagai Inspiransi untuk Menjadi Guru yang Excellent di Abad Ke-21. Bandung: PT Rafika Aditama.

Haristah, H., Azka, A., Setyawati, R. D., & Albab, I. U. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran. 1(5), 224–236.

Kosasih, E. 2021. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Kumalaretna, W. N. dewi, & Mulyono. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Karakter Kolaborasi dalam Pembelajaran Project Based Learning ( Pjbl ). 6(2), 195–205.

Lusidawaty, V. dan Zikri, A. 2020. Pembelajaran IPA Dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Volume 4, No 1, 168-174.

Novianto, N. K., Masykuri, M., & Sukarmin, S. (2018). Pengembangan modul pembelajaran fisika berbasis proyek (project based learning) pada materi fluida statis untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa kelas X SMA/MA. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 7(1), 81-92.

Saifuillah, A. (2018). Implementasi Model Project Based Learning untuk Mengembangkan Soft Skills dan Kualitas Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 5(2), 137–150.

Simbolon, R., & Koeswanti, H. D. (2020). Comparison Of Pbl (Project Based Learning) Models With Pbl (Problem Based Learning) Models To Determine Student Learning Outcomes And Motivation. International Journal of Elementary Education, 4(4), 519–529.

Resti Hardiyanti, 2015 pengaruh pembelajaran menggunakan analogi pada materi sistem imun terhadap kreativitas dan penguasaan konsep siswa.

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills_ Learning for Life in Our Times. Journal of Sustainable Development Education and Research, 2(1), 243.

Zekri, Z., Ganefri, G., & Anwar, M. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital SMK. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(1), 33–42.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v8i2.6459

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Desy Natalia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.