Strategi Pembelajaran Flipped Classroom Untuk Meningkatkan Keterampilan Civic Disposition Siswa

Zulaikah Zulaikah, Muhammad Nurwahidin, Dwi Yulianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan Civic Disposition siswa pada pembelajaran PKn kelas XI SMA Qur'an Darul Fattah. Upaya dalam penelitian ini digunakan strategi kuantitatif dengan menggunakan teknik dan desain penelitian kuasi-eksperimental yaitu one group time series design. Tes berbentuk deskripsi dengan masing-masing 10 pertanyaan dijadikan sebagai instrumen penelitian. Dengan jumlah sampel 30, Purposive sampling adalah pendekatan pengambilan sampel. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penggunaan teknik flipped classroom learning dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas XI. tentang harmonisasi hak dan kewajiban dari perspektif Pancasila efektif dalam meningkatkan disposisi kewarganegaraan pada bidang-bidang yang perlu dikembangkan, antara lain: aspek keadaban, disiplin diri, keterbukaan pikiran, dan toleransi terhadap keragaman. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan nilai tes civic disposition, yang menunjukkan perbedaan yang signifikan antara dua periode sebelum dan sesudah penggunaan ilmu tentang metode pembelajaran flipped classroom.


Keywords


Strategi flipped classroom, civic disposition, mata pelajaran PPKn

References


Azra, Azyumardi. 2015. Pancasila Demokrasi dan Pencegahan Korupsi. Jakarta: Prenamedia Group

Bergman, J., A. Sams. 2012. Flip Your Classroom: Reach Every Student in Every Class Every Day. United States: The International Society

Budi Mulyono.2017. Reorientasi civicdisposition dalam kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan sebagai upaya membentuk warga negara yang ideal. Jurnal Civics 14 (2) hlm. 218-225.

Gultom, A. F., & Reresi, M. (2020). Kritik Warga Pada Ruu Omnibus Law Dalam Paradigma Critical Legal Studies. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(1), 38-47. http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v10i1.8497.

Irawati, E., & Susetyo, W. (2017). Implementasi Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Di Blitar. Jurnal Supremasi, 3.

Mulyono, B. (2017). Reorientasi civic disposition dalam kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan sebagai upaya membentuk warga negara yang ideal. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 14(2), 218.

Nurgiansah, T. H., & Rachman, F. (2022). Nasionalisme Warga Muda di Era Globalisasi: Pendidikan Kewarganegaraan di Perbatasan. Jurnal Kewarganegaraan, 19(1), 66–75. https://doi.org/10.24114/jk.v19i1.33214

Pangalila. T, 2017. Peningkatan Civic Disposition Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. 7 ( 1 ). hlm. 91-103

Widiatmaka, P. 2016. Kendala Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membangun Karakter Peserta Didik di dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Civics .13 (2) hlm. 188-198

Yulietri.F, dkk. Agung Pascasarjana UNS, (2015). Model Flipped Classroom dan Discovery Learning Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar. Teknodika Volume 13, No 2.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v8i2.6444

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Zulaikah Zulaikah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.