Pengembangan Metode Belajar Multimedia Dalam Menyampaikan Materi Geografi di Kelas (Studi: Pelatihan Guru Geografi)

Umikurnia Umikurnia, Herpratiwi Herpratiwi, Sugeng Widodo, Muhammad Nurwahidin, Riswandi Riswandi

Abstract


Pendidikan sebagai suatu sistem terbuka tidak lepas dari masalah, baik masalah mikro ataupun masalah makro. Munculnya media-media pembelajaran berbasis digital seyogyanya memberikan kemudahan bagi guru dalam merancang metode pembelajaran menarik, menyenangkan dan meningkatkan kemampuan peserta didik dalam proses belajar mengajar di sekolah. Penelitian ini bertujuan merancang suatu  program pelatihan multimedia pembelajaran kepada guru geografi khusunya dalam memberikan pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan ADDIE, melalui 3 tahap pelaksanaan, yaitu tahap I pembekalan, tahap II praktek pembuatan multimedia, tahap ke III evaluasi dengan menyebarkan angket dan analisis interval. hasil penelitian Berdasarkan 5 pemateri yang mengusung berbagai multimedia pembelajaran, dapat disimpulkan bahwa multimedia dapat di integrasikan dalam semua bidang pembelajaran, tak terkecuali mata pelajaran Geografi Hasil evaluasi berkaitan dengan simulasi pelaksanaan pelatihan multimedia pembelajaran dari 25 responden menyatakan bahwa membutuhkan pelatihan dengan skor 8,20% yang artinya keseluruhan peserta sangat

Keywords


Metode Belajar, Multimedia, Materi Geografi

References


Altıparmak, K. (2014). Impact of Computer Animations in Cognitive Learning: Differentiation. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 45(8), 1146–1166.

Islami, M., & Soekamto, H. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry Menggunakan Quizizz Multimedia Berbasis Gamification terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa | Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru. 5, 383–392. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPPG/article/view/48338

Manurung, P. (2021). Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19. ., 14(1), 1–12. https://doi.org/10.51672/alfikru.v14i1.33

Marjuni, A., & Harun, H. (2019). P  194. III(2), 194–204.

Masfingatin, T. (2013). Proses berpikir siswa sekolah menengah pertama dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari adversity quotient. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 2(1).

Mulia, H. R. (2020). Pelatihan Mendesain Pembelajaran Berbasis Multimedia di Kalangan Guru MIN 11 Aceh Tenggara. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 84–91. https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v6i2.7602

Mutmainnah. (2013). Media Digital pada Anak Usia Dini. Jurnal Kreatif, 9(2), 87–91.

Mutu, M., & Profesionalisme, D. A. N. (2017). IDENTIFIKASI PERMASALAHAN PENDIDIKAN DI INDONESIA UNTUK. May.

Saputra, H. (2019). Digital Dan Pengantar Sinematografi : Buku Ajar Yang Bercerita. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 5, 232–246. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JK/article/view/483




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v8i2.6443

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Umikurnia Umikurnia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.