Konfergensi Media-Media Pembelajaran Digital Pasca Covid-19
Abstract
Revolusi Industri 4.0 ini merupakan era inovasi disruptif, dimana inovasi ini berkembang sangat pesat, sehingga mampu membantu terciptanya pasar baru (new market). Menghadapi tantangan yang besar tersebut, maka dunia pendidikan dituntut untuk berubah dan berbenah untuk lebih baik lagi dalam mencipatakan generasi yang siap menghadapi tantangan perubahan zaman. Penelitian ini bertujuan bahasan tentang, munculnya media-media pembelajaran digital pasca Covid-19.Penelitian ini menggunakan metode Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan opinion survey di SMA Perintis 1 Bandar Lampung. Hasil analsisi peneliti diketahui. Keragaman media-media pembelajaran pasca covid-19 memberikan sumbagsi dalam proses belajar mengajar di SMA Perintis 1 Bandar Lampung, pemanfaatan media pembelajaran pasca covid-19 agar peserta didik dan pendidik dapat terus berkembang dan menjadi generasi milenial yang tidak buta akan dunia teknologi informasi komunikasi dan sesuai dengan bunyi Undang-undang dasar Negara Republik Indonesia, mencerdaskan kehidupan bangsa. SMA Perintis 1 Bandar Lampung hampir sepenuhnya sudah menggunakan media pembelajaran digital pasca covid-19 yang beragam dan sudah dapat dikembangkan sendiri oleh pendidik dan peserta didiknya.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Afifah, N. (2015). Problematika Pendidikan di Indonesia (Telaah dari Aspek Pembelajaran). Jurnal Pendidikan, 1(Vol. 1 Januari 2015: Jurnal Pendidikan), 41–74. https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikan/article/view/148
Amin, I. M., Mansur, R., & Sulistiono, M. (2020). Peran literasi digital dalam meningkatkan pembelajaran pendidikan agama islam di kelas XI IIS 01 SMAI AL Maarif Singosari Malang. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 58–67. http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/index
Azis, T. N. (2019). Strategi Pembelajaran Era Digital. Annual Conference on Islamic Education and Social Sains (ACIEDSS 2019), 1(2), 308–318.
Guanabara, E., Ltda, K., Guanabara, E., & Ltda, K. (2018). MANFAAT MEDIA DALAM PEMBELAJARAN Oleh: 91–96.
Hanifah Salsabila, U., Irna Sari, L., Haibati Lathif, K., Puji Lestari, A., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138
Herliandry, L. D., Nurhasanah, Suban, M. E., & Heru, K. (2020). Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp
Hidayat, N., & Khotimah, H. (2019). Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Kegiatan Pembelajaran. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(1), 10–15. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i1.988
Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20–28. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i1.16060
Muhasim, M. (2017). Pengaruh Tehnologi Digital terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Palapa, 5(2), 53–77. https://doi.org/10.36088/palapa.v5i2.46
Nurjanah, N. E., & Mukarromah, T. T. (2021). Pembelajaran Berbasis Media Digital pada Anak Usia Dini di Era Revolusi Industri 4.0 : Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 66–77.
Purmadi, A., & Garnika, E. (2019). Analisis Tingkat Kepuasan Peserta Didik Dalam Menggunakan E-Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1), 11-15. doi:https://doi.org/10.33394/jtp.v4i1.2265
Putra, R. W., Sari, L. P., Meirina, R., Nursyam, Y., Hamzaini, H., & Zaidi, A. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Musik Digital Berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3604–3611. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2732
Putri, M., & Purmadi, A. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran E-Modul Berbasis Sigil Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Desain Grafis. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2), 174-180. doi:https://doi.org/10.33394/jtp.v5i2.3073
Silviana Nur Faizah. (2017). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Volume, 1(2).
Syafriafd, N. (2020). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran. 06(01), 1–8.
Tonni Limbong dan Janner Simarmata. (2020). Media dan Multimedia Pembelajaran Teori dan Praktik, Yayasan Kita Menulis
DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v8i2.6441
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Ade Aransyah, Aransyah Ade
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Teknologi Pendidikan
ISSN: 2656-1417 (Online)
ISSN: 2503-0620 (Print)
Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP
Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.