Perancangan Pelatihan Book Digital Emaze Sebagai Sumber Belajar Peserta Didik Untuk Guru Abad 21 di Kota Bandar Lampung

Heldawati Heldawati, Dwi Yulianti, Nurhanurawati Nurhanurawati, Muhammad Nurwahidin, Riswandi Riswandi

Abstract


Era revolusi industri 4.0 telah membawa banyak perubahan pada berbagai aspek kehidupan dimana teknologi memiliki peranan yang sangat besar dan menjadi motor utama perubahan di setiap aspek. Perubahan yang massive ini tentunya juga berdampak padabidang pendidikan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar berbasis digital untuk guru yang dapat digunakan guru sebagai media penyampaian pesan serta dapat digunakan peserta didik untuk belajar secara mandiri dan menyenangkan.Metode penelitian yang dipilih dalam penelitian ini ialah metode SLR (Systematic Literature Review). Pengumpulan data dilakukan dengan mereview semua artikel terkait Pelatihan Book, Digital Emaze, Sumber Belajar, Peserta Didik, Guru Abad 21 dalam kurun waktu 2014-2021. Hasil penelitian dapat disimpulkan dewan guru kota Kabupaten Lampung. Hasil penelitian bahwa peranan media digital dapat menjadi solusi dalam menyelesaikan suatu permasalahan di dalam pembelajaran, dengan memanfaatkan media Emaze sebagai sumber belajar diharapkan dewan guru dapat berinovasi dan berkreativitas dalam penyampaian pesan pembelajaran pada peserta didik abad 21.

Keywords


Book Training, Digital Emaze, Learning Resources, Learners, 21st Century Teachers

References


Abdillah, A., Degeng, I. N., & Husna, A. (2020). Pengembangan Buku Suplemen dengan Teknologi 3D Augmented Reality sebagai Bahan Belajar Tematik untuk Siswa Kelas 4 SD. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(2), 111–118. https://doi.org/10.17977/um031v6i22020p111

Afwan, B., Suryani, N., & Ardianto, D. T. (2020). Analisis Kebutuhan Pembelajaran Sejarah Di Era Digital. Proceding Literasi Dalam Pendidikan Di Era Digital Untuk Generasi Milenial, 1(1), 9. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/article/view/4813

Alperi, M. (2020). Peran Bahan Ajar Digital Sigil Dalam Mempersiapkan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Jurnal Teknodik, 99–110. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i1.479

Anjasmara. (2022). Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal Pengaruh Profitabilitas dan Likuiditas terhadap Financial Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal. 4, 1225–1237.

Handayani, D., Alperi, M., Ginting, S. M., & Rohiat, S. (2020). Pelatihan Pembuatan Buku Digital Kvisoft Flipbook. 2020(March), 84–92.

Junaidi, T., Hidayat, M. T., Effendi, D. I., Rizki, A., & Nuriana, N. (2022). Pelatihan Pembuatan Buku Digital Berbasis Kvisoft Flipbook Maker sebagai Media Pembelajaran bagi Guru SMP. International Journal of Community Service Learning, 6(1), 78–86. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i1.44564

Momang, H. D. (2021). Pengembangan model buku ajar digital keterampilan menyimak berdasarkan pendekatan autentik. KEMBARA Journal of Scientific Language Literature and Teaching, 7(1), 71–93. https://doi.org/10.22219/kembara.v7i1.16202

Mutmainnah. (2013). Media Digital pada Anak Usia Dini. Jurnal Kreatif, 9(2), 87–91.

Of, D., Book, G., Creating, T., & Teaching, D. (n.d.). Pengembangan Buku Panduan Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Digital Untuk Guru Sekolah Menengah Atas / Kejuruan Development Of Guide Book Training Creating Digital Teaching Materials.

Pernantah, P. S., Rizka, M., Handrianto, C., & Syaputra, E. (2022). Inovasi Bahan Ajar Pendidikan IPS Berbasis Digital Flipbook Terintegrasi Local Wisdom Dalam Menunjang Perkuliahan Jarak Jauh. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 8(2), 136–145. https://doi.org/10.18860/jpips.v8i2.14886

Ramadhana, R. D., Aryanti, S., Studi, P., Jasmani, P., & Kesehatan, D. (2021). Analisis kebutuhan pengembangan buku ajar dasar-dasar ilmu gizi berbasis digital Analysis of the needs of book development teaching the basics of digital-based nutrition science. 2021.

Saputra, H. (2019). Digital Dan Pengantar Sinematografi : Buku Ajar Yang Bercerita. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 5, 232–246. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JK/article/view/483

Siregar, B. H., & Mansyur, A. (2021). Pendampingan Guru-Guru Penggerak Dalam Pengembangan Bahan Ajar Digital Interaktif Untuk Mengoptimalkan Proses Belajar …. … Kualitas Hidup Di Era New Normal …, September, 96–100. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43713%0Ahttp://digilib.unimed.ac.id/43713/1/Fulltext.pdf

Smaragdina, A. A., Nidhom, A. M., Soraya, D. U., & Fauzi, R. (2020). Pelatihan Pemanfaatan dan Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Multimedia Interaktif untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal KARINOV, 3(1), 53. https://doi.org/10.17977/um045v3i1p53-57

Suyasa, P. W. A., Gede, D., Divayana, H., Ganesha, U. P., & Ganesha, U. P. (2018). Pengembangan Buku Digital Mata Kuliah Asesmen dan Evaluasi Berbasis Kvisoft Flipbook Maker. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejujuran, 15(2), 222–233.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v8i2.6438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Heldawati Heldawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.