Pengembangan Bahan Ajar Model Discovery Learning Menggunakan Media Digital di SMA N 1 Terbanggi Besar
Abstract
Guru sebagai motor penggerak dan pelaksana dalam pembelajaran peserta didik, dituntut harus memiliki kemampuan dalam menciptakan, mengembangkan, melaksanakan dan mengevaluasi setiap proses belajar mengajar didalam kelas. kurangnya variasi media pembelajaran yang menarik menyebabkan siswa merasa bosan dan pembelajaran terkesan monoton sehingga pada akhirnya siswa tidak fokus dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas. pengembangan bahan ajar model discovery learning dengan menggunakan media digital di SMA Negeri 1 Terbanggi Besar. Metode Penelitian ini adalah penelitian kuanititatif, jenis penelitian ini adalah penelitian quasi-experiment dengan menggunakan hasil pretest dan posttest. Populasi yang digunakan yaitu peserta didik kelas XI IPS yang berjumlah 30 orang peserta didik. Hasil penelitian diketahui efektivitas bahan ajar model discovery learning dengan menggunakan media digital Dapat dikatakan cukup efektif digunakan sebagai media pembelajaran di SMA Negeri 1 Terbanggi Besar. Dengan hasil perhitungan diatas diketahui nilai pretest dan posttest, diperoleh nilai skor N Gain sebesar 0,64 dengan kategori sedang sedangkan nilai persentase 64,00% dengan tafsiran Cukup Efektif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Almarzooq, Z. I., Lopes, M., & Kochar, A. (2020). Virtual Learning During the COVID-19 Pandemic: A Disruptive Technology in Graduate Medical Education. Journal of the American College of Cardiology, 75(20), 2635–2638. https://doi.org/10.1016/j.jacc.2020.04.015
Biologi, T., Islam, U., & Antasari, N. (2020). Bioeduca: Journal of Biology Education. 2, 2016–2021.
Fabiana Meijon Fadul. (2019). 済無No Title No Title No Title. 7, 44–49.
Gaol, M. L., Serevina, V., & Supriyati, Y. (2019). MEDIA PEMBELAJARAN EBOOK BERBASIS 3D PageFlip PADA MATERI SUHU DAN KALOR DENGAN MODEL PEMBELAJARN DISCOVERY LEARNING. VIII, 319–324.
Informasi, B. T. (2010). Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Ekonomi – Universitas Negeri Yogyakarta 1. VIII(2).
Khamidah, N., Winarto, W., & Mustikasari, V. R. (2019). Discovery Learning : Penerapan dalam pembelajaran IPA berbantuan bahan ajar digital interaktif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 3(1), 87. https://doi.org/10.31331/jipva.v3i1.770
Lidiawati, B., Nurwahidin, M., & Widodo, S. (2022). Strategi ilmu geografi untuk meningkatkan minat belajar peserta didik berbantu media pembelajaran berbasis digital. 1(10).
Lumban, R., Ester, G., & Simarmata, J. (2019). Vol. 3 No. 4 September 2019. 3(4), 342–348.
Padang, U. N., & Barat, S. (2020). Jurnal basicedu. 4(1), 158–167.
Purnamadewi, D. U., & Wiyasa, I. K. N. (2022). JPDK : Volume 4 Nomor 2 Tahun 2022 Research & Learning in Primary Education Pengembangan Media Flip Book Digital Berbasis Discovery Learning Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V Sekolah Dasar. 4, 490–495.
Sari, Y., & Yustiana, S. (2021). Efektivitas bahan ajar cerita bergambar bemuatan religius terhadap prestasi belajar siswa kelas 1 sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 175. https://doi.org/10.30659/pendas.8.2.175-185
Sitepu, S., & Situmorang, A. S. (2010). Efektivitas Bahan Ajar Dengan Alur Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Prodi Matematika Uhn. 01(01), 38–47.
Vadilla, N. (2022). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Model Discovery Learning Pada Materi Termokimia Untuk Mengukur Keterampilan Sains Siswa. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(3), 152–164. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i3.63
Widiyanti, R., & Kurniawan, R. Y. (2021). EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan Efektivitas Bahan Ajar E-Book Berbasis Scientific Approach pada Mata Pelajaran Ekonomi. 3(5), 2803–2818.
Yuliyanti, N., Nurbaeti, R. U., & Afifah, N. (2020). Efektivitas Bahan Ajar Berbasis Saintifik Terhadap Sikap Ilmiah Mahasiswa PGSD. 2(01), 1–7.
DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v8i1.6433
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Umihani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Teknologi Pendidikan
ISSN: 2656-1417 (Online)
ISSN: 2503-0620 (Print)
Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP
Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.