Pengembangan Bahan Ajar Model Discovery Learning Menggunakan Media Digital di SMA N 1 Terbanggi Besar

Umihani Umihani, Muhammad Nurwahidin, Pujianti Pujianti, Riswandi Riswandi

Abstract


Guru sebagai motor penggerak dan pelaksana dalam pembelajaran peserta didik, dituntut harus memiliki kemampuan dalam menciptakan, mengembangkan, melaksanakan dan mengevaluasi setiap proses belajar mengajar didalam kelas. kurangnya variasi media pembelajaran yang menarik menyebabkan siswa merasa bosan dan pembelajaran terkesan monoton sehingga pada akhirnya siswa tidak fokus dalam belajar.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas. pengembangan bahan ajar model discovery learning dengan menggunakan media digital di SMA Negeri 1 Terbanggi Besar. Metode Penelitian ini adalah penelitian kuanititatif, jenis penelitian ini adalah penelitian quasi-experiment dengan menggunakan hasil pretest dan posttest. Populasi yang digunakan yaitu peserta didik kelas XI IPS yang berjumlah 30 orang peserta didik. Hasil penelitian diketahui efektivitas bahan ajar model discovery learning dengan menggunakan media digital Dapat dikatakan cukup efektif digunakan sebagai media pembelajaran di SMA Negeri 1 Terbanggi Besar. Dengan hasil perhitungan diatas diketahui nilai pretest dan posttest, diperoleh nilai skor N Gain sebesar 0,64 dengan kategori sedang sedangkan nilai persentase 64,00% dengan tafsiran Cukup Efektif.

 


Keywords


Learning models, discovery learning, digital media

Full Text:

PDF

References


Almarzooq, Z. I., Lopes, M., & Kochar, A. (2020). Virtual Learning During the COVID-19 Pandemic: A Disruptive Technology in Graduate Medical Education. Journal of the American College of Cardiology, 75(20), 2635–2638. https://doi.org/10.1016/j.jacc.2020.04.015

Biologi, T., Islam, U., & Antasari, N. (2020). Bioeduca: Journal of Biology Education. 2, 2016–2021.

Fabiana Meijon Fadul. (2019). 済無No Title No Title No Title. 7, 44–49.

Gaol, M. L., Serevina, V., & Supriyati, Y. (2019). MEDIA PEMBELAJARAN EBOOK BERBASIS 3D PageFlip PADA MATERI SUHU DAN KALOR DENGAN MODEL PEMBELAJARN DISCOVERY LEARNING. VIII, 319–324.

Informasi, B. T. (2010). Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Ekonomi – Universitas Negeri Yogyakarta 1. VIII(2).

Khamidah, N., Winarto, W., & Mustikasari, V. R. (2019). Discovery Learning : Penerapan dalam pembelajaran IPA berbantuan bahan ajar digital interaktif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 3(1), 87. https://doi.org/10.31331/jipva.v3i1.770

Lidiawati, B., Nurwahidin, M., & Widodo, S. (2022). Strategi ilmu geografi untuk meningkatkan minat belajar peserta didik berbantu media pembelajaran berbasis digital. 1(10).

Lumban, R., Ester, G., & Simarmata, J. (2019). Vol. 3 No. 4 September 2019. 3(4), 342–348.

Padang, U. N., & Barat, S. (2020). Jurnal basicedu. 4(1), 158–167.

Purnamadewi, D. U., & Wiyasa, I. K. N. (2022). JPDK : Volume 4 Nomor 2 Tahun 2022 Research & Learning in Primary Education Pengembangan Media Flip Book Digital Berbasis Discovery Learning Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V Sekolah Dasar. 4, 490–495.

Sari, Y., & Yustiana, S. (2021). Efektivitas bahan ajar cerita bergambar bemuatan religius terhadap prestasi belajar siswa kelas 1 sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 175. https://doi.org/10.30659/pendas.8.2.175-185

Sitepu, S., & Situmorang, A. S. (2010). Efektivitas Bahan Ajar Dengan Alur Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Prodi Matematika Uhn. 01(01), 38–47.

Vadilla, N. (2022). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Model Discovery Learning Pada Materi Termokimia Untuk Mengukur Keterampilan Sains Siswa. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(3), 152–164. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i3.63

Widiyanti, R., & Kurniawan, R. Y. (2021). EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan Efektivitas Bahan Ajar E-Book Berbasis Scientific Approach pada Mata Pelajaran Ekonomi. 3(5), 2803–2818.

Yuliyanti, N., Nurbaeti, R. U., & Afifah, N. (2020). Efektivitas Bahan Ajar Berbasis Saintifik Terhadap Sikap Ilmiah Mahasiswa PGSD. 2(01), 1–7.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v8i1.6433

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Umihani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.