Pengembangan Elkid Sebagai LMS Dengan Model Blended Learning di Era New Normal

Eka Octaviyanti Istiqomah, Atiqoh Atiqoh, Suhari Suhari

Abstract


Pandemi covid 19 banyak membawa perubahan dalam kehidupan manusia. Salah satu pengaruh besar terjadi pada dunia pendidikan. Pasca pandemi atau seringkali dikenal dengan masa new normal, pembelajaran tidak begitu saja kembali menjadi klasikal melainkan dipadukan dengan pembelajaran secara online yang dikenal dengan istilah blended learning. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan Elkid sebagai LMS dengan model blended learning di Era New Normal. Jenis penelitian ini yakni pengembangan dan penelitian (R&D). Pengembangan yang digunakan mengacu padamodel 4D Thiagarajan yang meliputi tahap Define, Design, Develop, Disseminate. Berdasarkan hasil penelitian tesebut dinyatakan bahwa media e-learning berbasis LMS di SMK Negeri 1 Sidoarjo dinyatakan layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran di masa mendatang dan memberikan kontribusi pada peningkatan pengetahuan akademik peserta didik dan prasarana digital untuk pembelajaran online.


Keywords


E-Learning

References


Alfina, O. (2020). Penerapan lms-google classroom dalam pembelajaran daring selama pandemi covid-19. Majalah Ilmiah Methoda, 10(1), 38-46.

Astuti, P., & Febrian, F. (2019). Blended learning syarah: bagaimana penerapan dan persepsi mahasiswa. Jurnal gantang, 4(2), 111-119.

Daryana, S. (2022). Penerapan Learning Management System (Lms) Moodle Oleh Pendidik SMA DHARMA Amiluhur. Jupendik: Jurnal Pendidikan, 6(1), 16-22.

Dhika, H., Destiawati, F., Surajiyo, S., & Jaya, M. (2020, July). Implementasi Learning Management System Dalam Media Pembelajaran Menggunakan Moodle. In Prosiding Seminar Nasional Riset Information Science (SENARIS) (Vol. 2, pp. 228-234).

Fadillah, A., Nopitasari, D., & Pradja, B. P. (2020). Blended Learning Model During the Covid-19 Pandemic: Analysis of Student’s’ Mathematical Disposition. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 4(2), 173.

Faisal, A. H., & Leiliyanti, E. (2020). Media Pembelajaran Menulis Puisi Berbasis Aplikasi Android Untuk Siswa SMA. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 1-17.

Haeruman, L. D., Wijayanti, D. A., & Meidianingsih, Q. (2021). Efektivitas Blended Learning Berbasis LMS dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 5(1), 80-84.

Hendriana, D, Rufi’i, & Hartono. 2021. The Development of Web-Based Learning Models as A Learning Medium for student of Audio Video Electronics Competencies. Journal Kajian Teknolog Pendidikan Vol.6 No.1 2021: 100-109.

Hrastinski, S. (2019). What do we mean by blended learning?. TechTrends, 63(5), 564-569.

Indrawan, I. P. Y., & Nugraha, P. G. S. C. (2020). Rancangan dan implementasi sistem e-learning berbasis web. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 3(3), 367-374.

Lamb, S., Maire, Q., & Doecke, E. (2017). Key skills for the 21st century: An evidence based review. Melbourne: New South Wales Department of Education

Lonn, S., & Teasley, S. D. (2009). Saving time or innovating practice: Investigating perceptions and uses of Learning Management Systems. Computers and Education,53(3), 686–694. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2009.04.008

Lopes, A. P. (2014). Learning Management Systems in Higher Education. In L. G. Chova,A. L. Martínez, & I. C. Torres (Eds.), Proceedings of EDULEARN14 Conference (pp. 5360–5365).

Noviyanti, F., Sugiharta, I., & Farida, F. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis: Dampak blended learning menggunakan edmodo. Desimal: Jurnal Matematika, 2(2), 173-180.

Ratnawati, S. R., & Werdiningsih, W. 2020. Pemanfaatan E-Learning Sebagai Inovasi Media Pembelajaran PAI di Era Revolusi Industri 4.0. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 199-220.

Setiawan, T. H., & Aden, A. (2020). Efektifitas penerapan blended learning dalam upaya meningkatkan kemampuan akademik mahasiswa melalui jejaring schoology di masa pandemi covid-19. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(5), 493-506.

Sakti, S. G. (2020). Aplikasi E-Learning Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Fisika. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SENATIK) (Vol. 3, No. 1, pp. 435-442).

Susilawati, E. (2017). Developing Blended Learning Model on Civic Education Course. Edutech, 16(3), 288–304.

Sjukur, S. B. (2013). Pengaruh blended learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa di tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3), 368–378

Thiagarajan, S., Semmel, D. S & Semmel, M. I. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota.

Queiroz, V., & Agnoletto, R. (2020). COVID-19 and the challenges in Education (PREPRINT). 5(March).

Yohanes, E. 2021. Pengembangan Perangkat Blended Learning Dalam Rangka Menghadapi Era New Normal Pandemi Covid 19. Jurnal INTEKNA: Informasi Teknik dan Niaga, 21(1), 9-14




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v8i1.6219

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 eka octaviyanti istiqomah, Atiqoh Atiqoh Atiqoh, Suhari Suhari Suhari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.