EFEKTIFITAS PENGGUNAAN JARIMATIKA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERHITUNG MATEMATIKA KELAS III SDN 2 TAMANSARI

Yuni Mariyati, Nursina Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan efektifitas penggunaan jarimatika untuk meningkatkan keterampilan berhitung matematika khususnya perkalian dua angka pada siswa kelas III SDN 2 Tamansari tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 2 Tamansari yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis diskriptif interaktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Matematika dengan menggunakan teknik jarimatika dapat meningkatkan keterampilan berhitung. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata siswa pada kondisi awal adalah 49,25, selanjutnya meningkat pada siklus I dengan nilai rata-rata siswa 65,70 dan meningkat memenuhi KKM yaitu 70 pada siklus II dengan nilai 85,25. Selanjutnya peningkatan keterampilan berhitung terlihat juga pada hasil prosentase kelas secara klasikal. Hal ini terlihat dari jumlah siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 pada kondisi awal sebanyak 7 siswa (35%). Selanjutnya meningkat pada siklus I, dimana siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 sebanyak 13 siswa (65%), dan meningkat tajam pada siklus II, dimana siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 sebanyak 18 siswa (90%), Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penggunaan tekhnik jarimatika efektif untuk meningkatkan keterampilan berhitung perkalian siswa kelas III SD Negeri 2 Tamansari.
Kata Kunci: Jarimatika, keterampilan berhitung
Kata Kunci: Jaritmatika,Berhitung, Matematika.


Full Text:

PDF

References


Budyono, Tri. 2008. Mahir Berhitung

dengan Jari Tangan. Jakarta: CV

Sinar Jaya Abadi.

Heruman. 2007. Model Pembelajaran

Matematika di Sekolah Dasar.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Oemar Hamalik. 2009. Proses Belajar

Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Poerwadarminta. 1996. Kamus Besar

Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai

Pustaka.

Sudjana, Nana. 2006. Penilaian hasil Proses

Belajar Mengajar. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya.

Suharsimi Arikunto. 2002. Prosedur

Penelitian Suatu Pendekatan

Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Septi Peni Wulandari. 2008. Jarimatika

Perkalian dan Pembagian.

Tangerang: PT Kawan Pustaka.

Gunawan Ari Saputro.2009. Efektifitas

Pengajaran Sempoa dan Jarimatika

untuk Mengatasi Kesulitan Belajar

Matematika Siswa Kelas I SDN

Candirejo kab. Semarang Tahun

Ajaran 2008/2009. Skripsi tidak

diterbitkan. Surakarta:UNS.

Diana. 2010. Efektifitas Permainan Ular

Tangga untuk meningkatkan

kemampuan Berhitung Anak ADHD Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus (online), 1 (3) : 13-19

((http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu_, diakses 8 Juli 2013

Sugiyono. (2007). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

TIM Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). 2007. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v2i1.618

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Yuni Mariyati, Nursina Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.