PENGARUH PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PADA MATA KULIAH MEDIA TIGA DIMENSI TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR MAHASISWA DI JURUSAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN

Restu Wibawa

Abstract


Penelitian ini bertuuan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Practice Rehearsal Pada Mata Kuliah Media Tiga Dimensi Terhadap Kreativitas Belajar Mahasiswa Di Jurusan Teknologi Pendidikan. penelitian ini dilaksanakan di jurusan Teknologi Pendidikan di akultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram. Populasi berjumlah 80 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling berjumlah 80 orang yang terdiri dari 40 orang kelas VIII B dan 40 orang kelas VIII. Tes konsep diri dilakukan untuk mengelompokkan siswa yang memiliki konsep diri tinggi dan siswa yang memiliki konsep diri rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen Uji statistik yang digunakan adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan dilanjutkan dengan statistik inferensial dengan menggunakan Chi Square.Berdasarkan hasil analisis data analisis data statistik yang ditemukan sebesar 20,814 termasuk pada kategori sangat kuat. Berdasarkan (Degrees of Freedom) df (k-1)+(2-1) = (5-1)+(2-1) = 4+1= 5 dengan taraf signifikansi 5% 0,05 ttabel sebesar 11,070. Artinya x2 lebih besar dari t-table yaitu 20,814 > 11,070.
Kata Kunci: Practice Rehearsal, Tiga Dimensi, Kreativitas Belajar


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. 2012. Anak Kesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Faizi, Mastur. 2013. Ragam Metode Mengajarkan Eksakta pada Murid. Jogjakarta: Diva Press.

Riduwan. 2007. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana

Sudjana, N. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian pendidikan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rofda Karya.

Sumiati dan Asra. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.

Tanzeh, Ahmad. 2009. Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta : Teras

Tilaar. 2004. Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta.

Zain, Aswan, dan Djamarah. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v2i1.616

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Restu Wibawa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.