METODE-METODE PEMBELAJARAN GURU DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN SAKRA TIMUR
Abstract
Kualitas pengajaran sangat menentukan keberhasilan siswa. Ciri-ciri kepribadian guru (Teacher Characteristics) tidak kalah penting dengan cara mengajar dan cara mengelola proses belajar. serta bagaimana cara guru memberikan informasi kepada siswa tentang keberhasilan mereka. Pelajaran Bahasa Indonesia adalah pelajaran yang memegang peranan penting dalam kehidupan kita. Hal ini harus kita sadari benar-benar, apalagi oleh para guru bahasa khususnya, para guru bidang studi pada umumnya. Dalam tugasnya sehari-hari, para guru bahasa harus memahami benar-benar bahwa tujuan ahir dari pengajaran bahasa ialah agar para siswa terampil berbahasa; terampil menyimak, terampil berbicara, terampil membaca dan terampil menulis. Untuk dapat mengerti pelajaran bahasa indonesia secara luas, maka harus dimulai dengan kemampuan pemahaman konsep dasar yang ada pada pelajaran bahasa indonesia. Sesuai pengamatan dari peneliti bahwa di kecamatan Sakra Timur khususnya di wilayah selatan masih terdapat beberapa sekolah yang cenderung menggunakan bahasa daerah dalam berkomonikasi disekolah.
Kata Kunci: Metode-Metode Pembelajaran, Bahasa Indonesia, Guru.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2001. Prosedur Penelitian. PT Rineka Karya. Jakarta.
Badudu Zain. 2001. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Pustaka Sinar Harapan. Jakarta
Djamarah dan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. PT Rineka Cipta. Jakarta
Dimyati dan Mudjono.1999. Belajar dan Pembelajaran. PT Rineka Cipta. Jakarta.
Depdiknas. 2004. Bahan Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi Guru SMP. Jakarta Departemen Pendidikan Nasional Dirjen Dikdasmen.
Depdikbud. 1993. GBPP Sekolah Dasar Kurikulum 1994. Jakarta
Hadi Sutrisno. 2000. Statistik 2. Andi Offset. Yogyakarta.
Muhibbin Syah, 1995. Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Jakarta:Rosda Karya Narbuko, Cholid, Achmadi. 2007. Metodologi Penelitian. PT Bumi Aksara
Rohani Ahmad HM. 1999. Media Instruksional Edukatif. PT Asdimahasatya. Jakarta
Suprayekti. 2003. Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.
Surakhmad, Winarno. 1997. Statistik Inferensia., Jemmars. Bandung
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. CV Alfabeta. Bandung.
Tim Penyusun. 2003. Pedoman Penulisan Skripsi. IKIP Mataram.
Winkel, 1999. Psikologi Pengajaran. Grasindo. Jakarta
DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v2i1.614
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Hadi Gunawan Sakti, Jien Tirta Raharja

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Teknologi Pendidikan
ISSN: 2656-1417 (Online)
ISSN: 2503-0620 (Print)
Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP
Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.