Pendekatan Whole Language Terhadap Keterampilan Bahasa Indonesia Kelas V SD Ilmu Teknologi Bahasa dan Budaya

Alma Novianti Gunawan, Nur Latifah, Mawardi Mawardi

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perencanaan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Whole Language serta mengetahui gambaran tentang pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan pendekatan Whole Language. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan metode Quasi Experiment dengan membandingkan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Objek yang diteliti adalah siswa kelas V A sebagai kelas kontrol dan V B sebagai kelas eksperimen, tempat penelitian dilakukan di SD Ilmu Teknologi Bahasa dan Budaya  yang  bertempat di Pasanggrahan, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, Banten. Hasil penelitian ini jika dilihat dari rata-rata kelas, nilai rata-rata siswa pada hasil pretest kelas kontrol sebesar 63,37 dan hasil postest nilai kontrol diperoleh rata-rata sebesar 59,37. Sedangkan nilai rata-rata siswa pretest kelas eksperimen sebesar 57,05, dan rata-rata hasil postest kelas eksperimen sebesar 57,58. Dari hasil uji hipotesis pretest kelas kontrol dan eksperimen menunjukkan taraf signifasi 0.512 > 0,05, dan hasil uji hipotesis postest kelas kontrol dan eksperimen menunjukan taraf signifikansi 0,542 > 0,05.  Hal ini menunjukkan H0 diterima dan Ha ditolak, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap perbedaan perlakuan yang diberikan pada kelas kontrol dan eksperimen terhadap keterampilan Bahasa Indonesia.


Keywords


Whole Langugage, Keterampilan Bahasa Indonesia

References


Aisyah S, Yarmi G, Sumantri MS, Iasha V. (2020). Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Pendekatan Whole Language Di Sekolah Dasar. J BASICEDU. 4:637- 643.

Akhyar DF. (2017). KeterampilanBerbahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Tantawi DI. (2019). Bahasa Indonesia Akademik.

Gereda A. (2020). Keterampilan Berbahasa Indonesia: Menggunakan Bahasa Indonesia Secara Baik Dan Benar.

Ibda H. (2018). Penguatan Karakter Toleransi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Whole Language Di Madrasah Ibtidaiyah. 5:18-40.

Riyanton M, Kariadi MT, Krisnawati V, Martha NU, Setiani UA. (2021). Whole language as a language learning approach. Proc Int Conf Ind Eng Oper Manag. Published online 3746-3755.

Rohartati S. (2018). Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Whole Language. Published online 232-246.

Sari AM, Kristanti D. (2020). Nurjannah. Penerapan Pendekatan Whole Languange Untuk Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sd Negeri Peureumeue. Bina Gogik. 7(2):24-33. https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/527/468

Sirait J. (2019). Penerapan Pendekatan Whole Language Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tanah Jawa Tahun Pembelajaran. 1:380-387.

Sumantri DM, syarif.(2016). Model Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar.

Viora D, Wahyuningsi E, Surya YF, Marta R. (2021). Penerapan Pendekatan Whole Language dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Pendidik Tambusai.5:9379-9386.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v8i1.6129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Alma Novianti Gunawan, Nur Latifah, Mawardi - -

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.