Pengaruh Model Pembelajaran Connecting, Organizizng, Reflecting, Extending (CORE) Berbantuan Edmodo Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis

Ahmad Nubhan, Sukardi Sukardi, Nursaptini Nursaptini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran connecting, organizing, reflecting, extending berbantuan edmodo terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis quasi eksperimen dengan populasi semua siswa kelas XI IPS dan teknik pengambilan sampel dengan menggunakan random sampling yaitu  XI IPS-2 dan  XI IPS-3 dengan sama-sama berjumlah tiga puluh satu siswa serta menggunakan rancangan nonequivalent control group design. Instrument dalam penelitian ini berbentuk soal pilihan ganda yang sudah memenuhi persyaratan kualitas instrument. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan uji  Two Independent sample tes dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran CORE (connecting, organizing, reflecting, extending) berbantuan edmodo terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Keywords


CORE, Berpikir Kritis

References


Aica, S., Susilawati, S., & Erna, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran CORE Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Pokok Bahasan Struktur Atomi Di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Kamar Timur. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau, 4(1), 27-35.

Aldi, B. O. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 19 PadangTahunPelajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).

APRIANTI, T. (2019). Pembelajaran Mengembangkan Isi Teks Eksposisi Menggunakan Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) Pada Kelas X SMK Karya Pembangunan Margahayu Kabupaten Bandung Tahun Pelajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

AQILA, A. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING ORGANIZING REFLECTING, EXSTENDING (CORE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA TEMA ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA DI KELAS V SD NEGERI 012 KAMPUNG PANJANG (Dectoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU)

Astiningsih, N. L., Murda, I. N., & Suarjana, I. M. (2014). Pengaruh Model CORE Berbantuan Media Manipulatif Terhadap Hasil Belajar Matematika. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).

Azis, A. (2017). Pengaruh model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) terhadap kemampuan memecakan masalah mata pelajaran geografi kelas X/Anshori Aziz (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Beniasih, N. M. A., Suarjana, I. M., & Rati, N. W. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran CORE Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1).

Cahyono, B. (2017). Analisis ketrampilan berfikir kritis dalam memecahkan masalah ditinjau perbedaan gender. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(1), 50-64.

Danial, M.,Gani, T., & Husnaeni, H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemapuan awal terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemahamn konsep peserta didik. Journal of Educational Science and Technology (EST), 2017,3.1:18-32

Deswita, R., Kusumah, Y. S., & Dahlan, J. A. (2018). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model pembelajaran CORE dengan pendekatan scientific. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 35-43

Dharmawati. (2017). Penggunaan Media e-Learning Berbasis Edmodo Dalam Pembelajaran English for Business. QUERY: Jurnal Sistem Informasi, (1), 43-49

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Unievrsitas Diponegoro.

Hanifah, H., Supriadi, N., & Widyastuti, R. (2019). Pengaruh model pembelajaran e-learning berbantuan media pembelajaran edmodo terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 31-42.

Harahap, K. D. (2021). Pengaruh Model Core (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) Terhadap Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Kelas V SD Negeri 112224 Kotapinang (Doctoral dissertation, UMSU).

Hidayat, F., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Analisis kemapuan berfikir kritis matematik serta kemandirian belajar siswa smp terhadap materi SPLDV. Journal on Education, 1(2), 515-523

Irawan, B. P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Journal of Mathematics Science and Education, 1(1), 38-54.

Jannah, E. Q., Sukardi, S., & Masyhuri, M. (2022). Kemampuan Guru Sosiologi dalam Pengembangan Pembelajaran Berbasis Online Masa Pandemi Covid-19 di Kabupaten Sumbawa Barat. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 5(1), 440-448.

Jatira, Y., & Neviyarni, S. (2021). Fenomena Stress dan Pembiasaan Belajar Daring Dimasa Pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 35-43.

Jayanti, D., Ismail, I., & Rispawati, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe CORE (Connect, Organize, Reflect, Extend) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Mata Pelajaran PPKn di SMP Negeri 6 Mataram. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 5(2).

Julianto, T., Afif, T. F., & Supriyatun, D. (2019). Implementasi Desain Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Berbasis Sintifik terhadap Perkembangan Keterampilan Brpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Biologi Kelas X MAN 2 Purwokerto. Proceeding of The UNECOL, 391-400.

Kartini, T., & Kantun, S. (2019). Penggunaan Media Edmodo Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: jurnal ilmiah ilmu pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(2),78-84.

Lestari, K. E. & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama. Halaman.49-52

Masnur, M., & Ismail, I. (2021). Efektivitas E-learning Edmodo dan Google Classroom Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa PGSD Universitas Muhamadiyah Enrekang. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 163-169

Murniati, M., Ayub, S., & Sahidu, H. (2020). Pengaruh model pembelajaran coneccting, organizing, reflecting, extending (CORE) terhadap pemahaman konsep fisika dan kemampuan berpikir kritis. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 116-121

Nasriyanti, R., Cahyaningsih, U., & Nahdi, D. S. (2021). Pentingnya Model CORE Terhadap Pemahaman Konsep Pada Mata Pelajaran IPA. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 3, pp. 104-110).

Nasution, F. D. R. Pengaruh Model CORE Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Pada Siswa SMP Bina Satria Mulia Medan TP 2019/2020

Ningrum, E. M., Mahfud, H., & Istiyati, S.(2018) Penerapan Model Pembelajaran Core untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Perjuang Para Tokoh dalam Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia Pada Siswa Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria, 6(5)

Nu’um, A. Z. (2014). “Efektivitasn penerapan e-learning model edmodo dalam pembelajaran pendidikan agama islam terhadap hasil belajar siswa (Studi Kasus: SMK Muhamadiyah 1 Sukoharjo). DutaCom,7(1)

Parmawatika, E., Kusumawardani, R., & Widiyowati, I. I. (2018). Pengaruh model pembelajaran CORE (connecting organizing eflecting extending) dengan media poster terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga. Bivalen: Chemical Studies Journal, 1(2), 76-80.

Pramayudi, A. A. A. S., Mertasari, N. M. S., & Hartawan, I. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran CORE Berbantuan Mind Map Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Singaraja. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 7(1), 33-43

Pratama, R. A., & Ismiyati, N. (2019). Pembelajaran Matematika Berbasis Edmodo Pada Mata Kuliah Teori Bilangan. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2), 298-309

Pratiwi, S. I., Lusiana, L., & Fuadiah, N. F. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMPN 30 Palembang Melalui Pembelajaran CORE. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 15-28.

Rahman, D. Y., Fajriah, N., & Suryaningsih, Y. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran CORE Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di SMK. Jurmadikta, 1(2), 11-20

Ramadhan, A. F., Destiniar, D., & Fitrisari, P. (2019) Model Pembelajaran Core (connecting, organizing, refkecting, extending) Berbantuan Macromedia Flash 8 Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 15 Palembang. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG (Vol. 12, No. 01)

Rosalline, S., Mailizar, M., & Agustina, L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran CORE (Connection, Organizing, Reflecting, Extending) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 143-152.

Salsabila, U. H., Sari, L. I., Lathif, K. H., Lestari, A. P., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188-198.

Satriani, G. A. N. D., DANTES, D. N., & Jampel, I. N. (2015). Pengaruh Penerapan Model CORE Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dengan Kovariabel Penalaran Sistematis Pada Siswa Kelas Iii Gugus Raden Ajeng Kartini Kecamatan Denpasar Barat. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 5(1).

Satryawan, W. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Connecting-Organizing-Reflecting-Extending (CORE) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SMP N 16 Kerinci. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 1(1), 1-16.

Savitri, E., Saadi, P., & Leny, L. (2019). Model Pembelajaran CORE Berbantuan Mind Mapping Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Materi Stoikiometri. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 10(1), 68-75.

Selayunia, N., Huzaifah, S., & Zen, D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending (CORE) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Sistem Peredaran Darah Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Indralaya (Doctoral dissertation, Sriwijaya University).

Suci, N. K. A. A., Pudjawan, K., & Parmiti, D. P. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran CORE Berbasis SETS Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Mimbar Pendidikan Indonesia, 1(3).

Sugiyono, 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV ALFABETA

Sukardi, S (2016). Desain Model Prakarya dan Kewirausahaan Berbasis Ekonomi Kreatif Berdimensi Industri Keunggulan Lokal. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 35(1).

Sukardi, S., Ismail, M., & Suryanti, N. M N. (2014). Model Pendidikan Kewirausahaan Berbasis Keterampilan Lokal Bagi Anak Putus Sekolah Pada Masyrakat Maraginal. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 33(3).

Sukardi, S., Rusdiawan, R., & Wardana, L. (2019). Daya Saing Lulusan Magister Pendidikan: Porter’s Diamond Analysis. Jurnal Internasional Teknologi Baru 14(19), 179-187.

Sukardi. (2017). Efektivitas model prakarya dan kewirausahaa berbasis ekonomi kreatif berdimensi industry keunggulan local terhadap keinovatifan siswa. Jurnal Cakrawala pendidikan, 36 (1): 11-124.

Surdinata, M., Sukardi, S., & Rispawati, R. (2018). Pengaruh Model Problem Solving dan Problem Posing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar PPKn. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 5(2).

Trisnowali, A., & Aswina, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Core (Connecting, Organizing, Reflecting and Extending) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 43-55.

Wicaksana, E. J., Atmadja, P., & Muthia, G. A. (2020). E-learning edmodo dengan model pbl untuk meningkatkan minat belajar siswa pada masa pandemic covid -19. Jurnal Pendidikan Biologi, 12(1), 22-29.

Wicaksana, I. N. J., Wirya, N., & Margunayasa, I. G. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Core (Connecting Organizing Reflecting Extending) Berbasis Koneksi Matematis terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).

Widura, I. D. G. S. (2018). Pengaruh Model Core Berbantuan Media Visual Terhadap Hasil Belajar Ipa. Journal for Lesson and Learning Studies, 1(3), 258-267.

Yenti, D. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending Terhadap Pemahaman Konsep Matematika dan Aktivitas Peserta Didik Kelas IX SMP (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).

Zuhaida, F. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) Dan OEL (Open Ended Learning) Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di MTS Nu Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, STAIN Kudus).




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v7i2.6022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ahmad Nubhan, Sukardi Sukardi, Nursaptini Nursaptini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.