PERBANDINGAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK BERPENDIDIKAN TK DENGAN TIDAK BERPENDIDIKAN TK PADA KELAS III DI SD NEGERI 7 KEDIRI KABUPATEN LOMBOK BARAT

Ilis Nasliah

Abstract


Adanya perbedaan latar belakang siswa yang berasal dari TK dan bukan dari TK, hal ini setidaknya akan membawa konsekwensi perbedaan cara pandang siswa terhadap temannya, sehingga terjadilah pengelompokan-pengelompokan teman bergaul yang pada prinsipnya sangat tidak diharapkan. Dari latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada perbedaan kemampuan berinteraksi sosial antara siswa yang berpendidikan TK dengan siswa yang tidak berpendidikan TK pada kelas III di SDN 7 Kediri. Dengan tujuan penelitian, mengetahui perbedaan kemampuan berinteraksi sosial antara siswa yang berpendidikan TK dengan yang tidak berpendidikan TK pada kelas III di SDN 7 Kediri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan penentuan subjek adalah menggunakan populasi, Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, sedangkan untuk analisis menggunakan analisis statistik. Dari analisis menunjukkan t hasil analisis diperoleh 0,36, sedangakan t tabel 13,8. ini berarti hipotesis yang berbunyi ” Terdapat perbandingan yang signifikan antara kemampuan interaksi sosial siswa yang berpendidikan TK dengan yang tidak berpendidikan TK kelas III di SDN No. 7 Kediri Tahun Pelajaran 2008/2009”, ditolak. Sedangkan hipotesis nihil yang berbunyi ”Tidak ada perbandingan yang signifikan antara kemampuan interaksi sosial siswa yang berpendidikan TK dengan yang tidak berpendidikan TK kelas III di SDN No. 7 Kediri Tahun Ajaran 2008/2009”, diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Tidak ada perbandingan yang signifikan antara kemampuan interaksi sosial siswa yang berpendidikan TK dengan yang tidak berpendidikan TK kelas III di SDN 7 Kediri Tahun Ajaran 2008/2009”.

Kata Kunci : Interaksi Sosial, TK


Full Text:

PDF

References


Abu Ahmadi, Psikologi Sosial, Bina Ilmu, Semarang, 1979.

___________, Sosiologi Pendidikan, Rineka Cipta, 1991.

Agus S. Tangyong, CBSA. Perkembangan Anak Usia Kanak-kanak, Gramedia Jakarta 1990.

Agus Sujanto, Psikologi Perkembangan, Rineka Cipta, Jakarta, 1977.

Andi Mappiare, Pengantar Bimbingan dan Konling di Sekolah, Usaha Nasional, Surabaya, 1995.

Anggani Sudono, Pedoman Pendidikan Pra Sekolah, Grafindo, Jakarta, 1991.

Anas Sudijono, Pengantar Statistik Pendidikan, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2001.

Arif Rahman dkk, Psikologi Sosiologi, Intan Pariwara, Klaten. 2002.

Bambang Hartono, Anak Anda di TK?, Gunung Mulya, Jakarta, 1992.

Depag RI, Al-Qur’an dan Terjemahan, Jakarta, 1971.

Kartini Kartono, Mengenal Dunia Kanak-kanak, Raja wali Jakarta, 1985.

M. Kasiran, Ilmu Jiwa Perkembangan, Usaha Nassional, Surabaya, 1983.

Oemar Hamalik, Psikologi Belajar Mengajar, Sinar Baru, Bandung, 1990.

Panji Anaraga dan Sri Suryati, Psikologi Industri dan Sosial, Rineka Cipta, Jakarta, 1995.

Saiful Bahri Djamarah, Psikologi Belajar, Rineka Cipta, Jakarta, 2000.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta, Jakarta, 1997.

___________, Metodelogi Penelitian Kualitatif, Rineka Cipta, Jakarta, 1993.

Surjono Soekanto, Sosiologi Suatu Pegantar, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 1980.

Soemantri Padmono Dewo, Pendidikan Anak Pra Sekolah, Rineka Cipta, Jakarta, 1995.

S. Margono, Metode Penelitian Pendidikan, Rineka Cipta, Jakarta, 1997.

W.A. Keruangan, Psikologi Sosial, ERESJO, Bandung, 1986.

Zulkifli, Psikologi Perkembangan, Remaja Rosda Karya, Bandung, 1986.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v1i1.602

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ilis Nasliah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.