Aplikasi Model Project Based Learning Berbantuan Media Vlog terhadap High Order Thinking Skill pada Masa Pandemi Covid-19

Viranda Putri Khairna, Sukardi Sukardi, Nurlaili Handayani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model project based learning berbantuan media vlog terhadap high order thinking skill (HOTS) siswa SMA pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen kuasi dengan rancangan posttest only with non-equivalent control group design. Hasil peneilitian menunjukkan adanya perbedaan HOTS antra kelas eksperimen dengan kelas kontrol dengan nilai signifikansi 0,023 < 0,05. Dengan nilai mean kelas eksperimen (80,03) > mean kelas kontrol (60,71), disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model project based learning berbantuan media vlog terhadap high order thinking skill  siswa SMA pada masa pandemi Covid-19. Implikasi praktis adalah bahwa model project based learning berbantuan media vlog dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan high order thinking skill dalam pembelajaran sosiologi pada masa pandemi Covid-19.


Keywords


high order thinking skill, project based learning, vlog, pandemi Covid-19

References


Adela, F., Ahyani, N., & Nindiati, D. S. (2022). Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning Berbasis Video Vlog dalam Proses Pembelajaran Sejarah. Kalpataru: Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah, 7(2), 83-89.

Amalia, T., & Purwanto, J. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis Integrasi-Interkoneksi terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa pada Materi Suhu dan Kalor. COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(2).

Amalliah, A., & Yunita, R. (2020). Media Vlog sebagai Strategi Komunikasi dalam Metode Pembelajaran di Kalangan Siswa dalam Menghadapi Pademic Covid 19. Jurnal Akrab Juara, 5(3), 19-32.

Cahyani, E. (2020). Pengaruh Model Peroject Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Peserta Didik Kelas V SD Negeri 4 Metro Barat.

Chasanah, A. R. U., Khoiri, N., & Nuroso, H. (2016). Efektivitas Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pokok Bahasan Kalor Kelas X SMAN 1 Wonosegoro tahun pelajaran 2014/2015. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(1), 19-24.

Dewi, N. W. W., Suwatra, I. I. W., & Sudhita, I. W. R. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Keterampilan Bertanya dan Memberi Penguatan pada Mata Kuliah Pengajaran Mikro. Jurnal Edutech Undiksha, 3(1).

Fajarwati, S. K., Susilo, H., & Indriwati, S. E. (2017). Pengaruh Project Based Learning Berbantuan Multimedia terhadap Keterampilan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Psikomotor Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(3), 315-321.

Firdaus, G. A., Situmorang, R., & Akbar, Z. (2020, October). Vlog dalam Pembelajaran IPS dan Kepercayaan Diri Siswa Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Dan Diskusi Pendidikan Dasar.

Fitri, H., Dasna, I. W., & Suharjo, S. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 3(2), 201-212.

Gusi, Y. Y. (2019). Pengaruh Project Based Learning terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PKn di SMP. Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan, 5(1).

Hikmawati, H., Ayub, S., & Sahidu, H. (2021). The Effect of the Discussion Method of Video Analysis of Physics Learning on High Level Thinking Skills of Students. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(1), 74-80.

Hutapea, J., & Simanjuntak, M. P. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 5(1).Himmah, F., & Gunansyah, G. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Hasil Beljar Siswa Kelas IV SDN Punggul 1 Gedangan Sidoarjo. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 1723-1731.

Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. (2017). Pengaruh Project Based Learning terhadap Motivasi Belajar, Kreativitas, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kemampuan Kognitif Siswa pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 9-21.

Kemdikbud. (2014). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2014/2015: Mata Pelajaran IPA SMP/MTs. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Krathwohl, D. R. 2002. A revision of Bloom's taxonomy: An overview. Theory into practice 41(4), 212-218.

Lestari, D. P., Fatchan, A., & Ruja, I. N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Outdoor Study Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(3), 475-479.

Liawati, L., Handayani, S., & Rahayu, D. L. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada Kompetensi Dasar Melakukan Dasar Pengawetan pada Olahan Susu Segar. Edufortech, 2(2).

Makrufi, A., Hidayat, A., & Muhardjito, M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pokok Bahasan Fluida Dinamis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(7), 878-881.

Milla Minhatul Maula, M., Jekti Prihatin, P., & Kamalia Fikri, F. (2014). Pengaruh Model PjBL (Project-Based Learning) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pengelolaan Lingkungan.

Muthmainnah, M., & Annas, A. (2020). Pemanfaatan “Vlog” sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Maharah Kalam bagi Mahasiswa IAIN Kudus. Arabia, 12(2), 123–138.

Muzaki, A. (2019). STUDENTS’ Perception On The Use Of Vlog In Improving

Students’ Speaking Skill Senior High School At Solihuddin School,

Songkhlaa, Thailand. Duke Law Journal, 1(1), 163–166. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.

Niswara, R., Muhajir, M., & Untari, M. F. A. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning terhadap High Order Thinking Skill. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2).

Nurrahman, I. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Video Blogging dalam Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi (Studi Kuasi Eksperimen terhadap Siswa Kelas XI SMAN 9 Bogor) (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Octaviyani, I., Kusumah, Y. S., & Hasanah, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Project-Based Learning dengan Pendekatan Stem. Journal on Mathematics Education Research, 1(1), 10-14.

Putri, A. I., & Wrahatnolo, T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Di SMKN 3 Jombang. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 8(3).

Rahayu, H., Purwanto, J., & Hasanah, D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1).

Rakhmanina, L., & Kusumaningrum, D. (2017). The Effectiveness Of Video Blogging In Teaching Speaking Viewed From Students’learning Motivation. Proceedings of ISELT FBS Universitas Negeri Padang, 5, 27-34.

Rofiah, E., Aminah, N. S., & Ekawati, E. Y. (2013). Penyusunan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(2).

Rustandi, S. D., Suharsono, S., & Ramdani, D. (2020, June). Pengaruh Vlog Sebagai Media Presentasi Proyek Peserta Didik dalam Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Sub Konsep Pencemaran Lingkungan. In Seminar Nasional Biologi, Saintek, dan Pembelajarannya I Tahun 2019 ISBN: 978-602-9250-40-4.

Sakilah, S., Yulis, A., Nursalim, N., Vebrianto, R., Anwar, A., Amir, Z., & Sari, I. K. (2020). Pengaruh Project Based Learning terhadap Motivasi Belajar Sekolah Dasar Negeri 167 Pekanbaru. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 4(1), 127-142.

Sari, P. (2018). Using Vlog in the Youtube Channel as a Means To Improve Students’ Motivation And Confidence to Speak English in Intermediate 1 Level of LB-LIA Jambi. International Journal of Language Teaching and Education, 1(1), 38–44. https://doi.org/10.22437/ijolte.v1i1.45.

Suciani, T., Lasmanawati, E., & Rahmawati, Y. (2018). Pemahaman Model Pembelajaran sebagai Kesiapan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Boga. Media Pendidikan, Gizi, dan Kuliner, 7(1).

Sulaeman, Maman. (2020). Aplikasi Project-Based Learning untuk Membangun Keterampilan Berpikir Kritis & Kreatif Peserta Didik. Jakarta: Bioma Publishing.

Suranti, N. M. Y., Gunawan, G., & Sahidu, H. (2017). Pengaruh model project based learning berbantuan media virtual terhadap penguasaan konsep peserta didik pada materi alat-alat optik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(2), 73-79.

Susanti, E. D. (2019). Project Based Learning: Pemanfaatan Vlog dalam Pembelajaran Sejarah untuk Generasi Pro Gadget. Sejarah dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, 13(1), 84-96.

Susanto, E., Susanta, A., & Rusdi, A. S. (2020). Efektivitas Project Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 5(1), 61-68.

Susanto, S. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI Kelas X di SMK PGRI 4 Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Yulius, Slamet. 2008. Pengantar Penelitian Kuantitatif. Surakarta: UNS Press.

Yunianti, W. (2018). Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Siswa (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v7i2.6002

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Viranda Putri Khairna, Sukardi Sukardi, Nurlaili Handayani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.