EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE GALLERY WALK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGINGAT SISWA

Indra Jaya, Jumailiyah Jumailiyah, Muhammad Suhadi AR

Abstract


Rumusan Masalah dalam penelitian ini yaitu: Apakah Efektivitas Penggunaan Metode Gallery Walk Dalam Meningkatkan Kemampuan mengingat Siswa Pada Mata Pelajaran TIK Kelas IX SMP Muhammadiyah Mapin Kabupaten Sumbawa Tahun Pelajaran 2013/2014 ?”. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka Tujuan Penelitian adalah Ingin Mengetahui Efektivitas Penggunaan Metode Gallery Walk Dalam Meningkatkan Kemampuan mengingat Siswa Pada Mata Pelajaran TIK Kelas IX SMP Muhammadiyah Mapin Kabupaten Sumbawa Tahun Pelajaran 2013/2014.” Teknik penentuan dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling dengan jumlah sampel 46 siswa. Metode pokok pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes sebagai pokok dan metode dokumentasi sebagai metode pelengkap. Untuk menganalisis data menggunakan uji statistik dengan rumus t-test. Hasil analisis data dan pembahasan pada bab IV dapat disimpulakan bahwa Ada Efektivitas Penggunaan Metode Gallery Walk Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengigat Siswa Pada Mata Pelajaran TIK Kelas IX SMP Muhammadiyah Mapin Kabupaten Sumbawa Tahun Pelajaran 2013/2014. Sehingga dapat dilihat dari hasil penelitian yaitu: nilai thitung sebesar 8,515 dan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% dengan db=45 adalah 2,014 atau (8,515>2,014). Kenyataan ini menunjukan bahwa nilai thitung yang diperoleh dalam penelitian ini lebih besar daripada ttabel, dengan demikian Ha yang berbunyi Ada Efektivitas Penggunaan Metode Gallery Walk Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengigat Siswa Pada Mata Pelajaran TIK Kelas IX SMP Muhammadiyah Mapin Kabupaten Sumbawa Tahun Pelajaran 2013/2014.
Kata kunci : Metode Gallery Walk, Kemampuan Mengingat.


Full Text:

PDF

References


Asmani, Jamal Ma’mur, 2011. 7 Tips Aplikasi PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Jogjakarta: Diva Press.

Djadjasudarma, T. Fatimah. 1993. Metode Linguistik, Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Jakarta: Refika Aditama.

Machmudah, Umi dan Abdul Wahab Rasyidi. 2008. Active Learning dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN-Malang Press.

Riduwan. 2007. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Silberman, Melvin L. 2007. Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Dialihbahasakan oleh Sarjuli dkk. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Sugiyono, 2012. Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif,dan R&D).Alfabeta Bandung, 2010.

(http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/01/30/taksonomi-perilaku-individu/). Diakses pada 23 april 2014 jam 09.00 WITa.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v1i1.600

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Indra Jaya, Jumailiyah Jumailiyah, Muhammad Suhadi AR

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.