EVALUASI CIPP (CONTEXT INPUT PROCESS PRODUCT) PENERAPAN KURIKULUM SMK

Muh. Husen Baysha, Endah Resnandari Puji Astuti

Abstract


Penerapan kurikulum di SMK mengalami kesulitan untuk mencapai tujuan pendidikan. Tujuan penelitian mengidentifikasi penerapan kurikulum menggunakan pendekatan evaluasi model IPP (Input, Process, dan Product). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penentuan sumber data menggunakan metode sampel bertujuan (purposive sampling). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data melalui cara: (1) reduksi data (2) penyajian data (3) verifikasi data. Keabsahan data yang diperoleh dari penelitian ini maka digunakan data triangulation. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kualitas penerapan kurikulum tergolong baik berdasarkan hasil evaluasi IPP (Input, Process dan Product). (2) Terdapat kesulitan-kesulitan penerapan kurikulum berdasarkan hasil evaluasi IPP (Input, Process dan Product). Kesulitan-kesulitan penerapan kurikulum tidak begitu signifikan dan masih dapat ditanggulangi dan diatasi baik oleh pihak sekolah. (3) Tingkat kesulitan penerapan kurikulum tergolong tinggi berdasarkan hasil evaluasi IPP (Input, Process dan Product). Namun masih dapat ditanggulangi dan diatasi baik oleh pihak sekolah.


Kata Kunci : Evaluasi CIPP, Kurikulum, SMK


Full Text:

PDF

References


Burhan Nurgiyantoro. 1985. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah. Yogyakarta.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 1993. Sistem Ganda pada Pendidikan Menengah Kejuruan.. Jakarta.

E. Mulyasa. 2002. KBK, Konsep Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya.

_________. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya.

_________. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya.

Hadi Sutrisno. 1993. Bimbingan Menulis Skripsi Thesis. Yogyakarta: Andi Offset

H.B. Sutopo. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press.

M. Joko Susilo. 2007. KTSP Manajemen Pelaksanaan dan Kesiapan Menyongsongnya..Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

M. Syah.2005. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya.

N. Syaodih. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya.

Muhaiman, Sugeng Listyo Prabowo, & Sutiah. 2008. Pengembangan Model KTSP pada Sekolah & Madrasah. Jakarta: P.T. Rajagrapindo Persada.

Oemar Hamalik. 2003. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: P.T. Bumi Aksara.

Oemar Hamalik. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Oemar Hamalik. 2006. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 22, 23, 24 Tahun 2006. Tentang Standar Isi,SKL, dan Pelaksanaan. Jakarta: DEPDIKNAS.

S. Hamid Hasan.2007. Evaluasi Kurikulum. Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya.

S. Nasution. 1999. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: P.T. Bumi Aksara.

Suharsimi Arikunto. 1993. Organisasi dan Administrasi Pendidikan Teknik dan Kejuruan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

. 1993. Prosedur Penelitian . Jakarta : Rineka Cipta.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi Dan Prakteknya. Yogjakarta : P.T. Bumi Aksara

Sutrisno Hadi. 1983. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.

Suyanto. 2006. Dinamika Pendidikan Nasional. Jakarta: PSAP Muhamadiyah.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v1i1.599

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muh. Husen Baysha, Endah Resnandari Puji Astuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.