Pengembangan Media Monopoli Berbasis Pelajar Pancasila pada Tema “Kewajiban dan Hakku” Kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi untuk mengembangkan media monopoli tematik berbasis pelajar pancasila pada tema “Kewajiban dan Hakku” kelas 3 di sekolah dasar. Dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analisis, Perancangan, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Untuk mengembangkan media monopoli tematik ini telah melalui uji validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil penelitian menunjukan bahwa media monopoli tematik memperoleh skor rata- rata total untuk seluruh aspek validitas ahli materi dosen universitas yaitu 93,33% hasil skor bahan ajar dinilai dari aspek materi menunjukkan media pembelajaran valid, 86,15% hasil skor aspek materi dari wali kelas 3 dan ahli media 93,33% yang menunjukkan kualitan media pembelajaran monopoli valid. Jika dilihat dari kelayakan media pembelajaran dilihat dari uji coba kelompok kecil diperoleh skor dengan rata- rata 4,4(Sangat Baik). Dan jika dilihat dari uji skala kelompok besar atau keseluruhan siswa memperoleh skor rata- rata 4,1 (Sangat baik). Sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran monopoli tematik berbasis pelajar pancasila yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran PPKn dalam tematik kelas III
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Antari, L. P. S., & De Liska, L. (2020). Implementasi Nilai Nilai Pancasila dalam Penguatan Karakter Bangsa. Widyadari: Jurnal Pendidian, 21(2), 676- 678.
Batubara & Husein. (2020). Media Pembelajaran Efektif. Semarang Jawa Tengah: Fatawa Publushing.
Cecep Kustandi, D. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Charda Ujang. (2018). Pendidikan Pancasila. Depok: PT Raja Grafindo Tinggi.
Durotul Yatimah. (2017). Landasan Pendidikan. Jakarta: CV. Alumgadan Mandiri.
Ega, Wati (2016). Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena
Hamja, B (2017). Pancasila sebagai Dasar Negara dan Ideologi Bangsa. Justisia Jurnal Ilmu Hukum, 3(9), 11- 20.
Khasanah & Hasan. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran.
Sufyadi Dkk. (2020). Kajian Pengembangan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Kemdigbud.
Sukoharjo Jawa Tengah: CV. Tahta Media Group.
Kustandi & Darmawan. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Mawardi. (2019). Dasar- dasar Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Samudra Biru.
Nurlatifah & Awiria. (2019). Pembelajaran PKn SD. Bantul Yogyakarta: Samudra Biru.
Qomaruzzaman Bambang. (2021). Pendidikan Karakter Berbasis Pancasila. Bandung: Simbiosa rekatama media.
Ramen A Purba dkk. (2021). Media dan Teknologi Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Sa’adah & Wahyu. (2020). Metode Penelitian R&D. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.
Sa’diyah & Rosyid. (2019). Ragam Media Pembelajaran. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.
Wahyudin. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Vidioscribe Untuk Meningkatkan Belajar Siswa Tema 3 Subtema 3 Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal pendidikan: Mataram.
Yatimah, D. (2017). LANDASAN PENDIDIKAN. Jakarta: CV. Alumgadan Mandiri.
Zulfitrah. (2020). Pengembangan media monopoli tematik pada tema daerah tempat tinggalku untuk siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Rahmatullah Kota Jambi. Jurnal Pendidikan: Jambi
DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v8i1.5978
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Syifa Fauziah El-Abida, Saktian Dwi Hartantri, Candra Puspita Rini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Teknologi Pendidikan
ISSN: 2656-1417 (Online)
ISSN: 2503-0620 (Print)
Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP
Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.