Pengaruh Media Video Scribe Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V di Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video scribe terhadap pemahaman konsep IPA siswa kelas V dengan pemahaman konsep IPA siswa kelas V yang menggunakan pembelajaran secara konvensional di SD Negeri Kebon Besar 1. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Negeri Kebon Besar 1 Tangerang, dengan mengambil sampel dua kelas sebanyak 33 siswa yaitu kelas VA yang berjumlah 18 siswa sebagai kelas eksperimen dan keals VB yang berjumlah 15 siswa sebagai kelas kontrol. Berdasarkan data hasil penelitian pretes diperoleh nilai Sig (2 tailed) 0,338> nilai 0,05. Terlihat bahwa data hasil penelitian postest diperoleh nilai Sig (2 tailed) 0,574> nilai 0,05. Dengan demikian sesuai dengan pengajuan hipotesis, untuk uji T-test data postest dapat disimpulkan bahwa H1 diterima atau dapat dikatakan terdapat perbedaan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V antara kelas eksperimen yang diberi perlakuan media pembelajaran berupa video scribe dengan siswa kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (cetakan ke). PT. RINEKA CIPTA.
Asep Jihad & Abdul Haris. 2013. Evaluasi Pembelajaraan. Yogyakarta : Multi Pressindo
Astawan, I. G., & Agustina, I. G. A. T. (2020). PENDIDIKAN IPA SEKOLAH DASAR (Y. Astra & N. Widiastuti (eds.)). NILACAKRA.
Adna, S. F., & Nasution, N. B. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Whiteboard Animation Pada Guru-Guru Mgmp Matematika SMP Kota Pekalongan. 3(1), 436–445.
Deliany, N., Hidayat, A., & Nurhayati, Y. (2019). Penerapan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik di Sekolah Dasar. Educare,17(2),90–97. http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/247
Febriyanto, B., Yuliati, Y., Saputra, D. S., Firmansyah, & Zakiyah, G. (2021). Peningkatan Kemampuan Pembuatan Media Pembelajaran Digital Menggunakan Video Scribe untuk meningkatkan kualitas pembelajaran . Lebih lanjut , Roza & Rodhiah. 5(2), 1526–1536.
Hamid, M. A., Ramadhani, R., Masrul, Juliana, Safitri, M., Munsarif, M., Jamaludin, & Simarmata, J. (2020). Media Pembelajaran (T. Limbong (ed.); 1st ed.). Yayasan Kita Menulis.
Handayani, T. W. (n.d.). Improving The Understanding Of The Science Concept Using The Incredible Inquiry Learning Model In SD Tut Wuri Handayani SD Negeri 3 Pangkalpinang. 130–153.
Ismiyanti, N. (2020). Perancangan Pembelajaran Ipa Menggunakan Software Videoscribe. 1(2), 50–58.
Isrok’atun, Hanifah, N., Maulana, & Suhaebar, I. (2020). Pembelajaran Matematika dan Sains Secara Integratif melalui Situation-Based Learning (Julia (ed.); kesatu). UPI Sumedang Press.
Rusmawati. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Vidioscribe Mata Kuliah Komputer Pembelajaran Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unismuh Makasar. Program Pascasarjana Universitas Negeri Makasar.
Ulfaeni, S., Wakhyudin, H., & Saputra, H. J. (2017). Pengembangan Media Monergi (Monopoli Energi) Untuk Menumbuhkan Kemampuan Pemahaman Konsep Ipa Siswa Sd. 4(2), 136–144.
Yeni, W. R. (2018). Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Menggunakan Model Quantum Teaching di Kelas V Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Menggunakan Model Quantum Teaching di Kelas V. 1–17.
Sudaryono. (2021). Statistika Probalitas Bidang Teknik dan Komputer (Giovanny, Adinata, Ofryj, & B. Swila (eds.); Cetakan pe). Penerbit ANDI.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA, Cv.
DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v8i1.5970
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Nur Suci Ramadhanty, Candra Puspita Rini, Aam Amaliyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Teknologi Pendidikan
ISSN: 2656-1417 (Online)
ISSN: 2503-0620 (Print)
Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP
Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.