PENGARUH METODE PEER TUTORING MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Farida Fitriani

Abstract


Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib diajarkan dalam setiap jenjang pendidikan di Indonesia. Kemampuan berbahasa harus dimiliki oleh sertiap peserta didik untuk mentransfer ilmu pengetahuan dan teknologi. Berdasarkan alasan tersebut, masalah dalam penelitian ini guru mengalami kesulitan dalam menggunakan dan menentukan metode pembelajaran sehingga mengakibakan rendahnya pemahaman akan materi pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, metode peer tutoring akan peneliti uji melalui pendekatan saintifik terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII di SMPN 3 Pujut Lombok Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode peer tutoring melalui pendekatan saintifik terhadap aktivitas belajajar siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Metode angket sebagai metode pokok dalam pengumpulan data, observasi, wawancara dan dokmentasi sebagai metode pelengkapnya. Adapun hasil penelitian ini adalah signifikan, yaitu nilai thitung 3,160 dan nilai ttabel 2,080 dengan taraf signifikan 5% (3,160>2,080). Hal ini berarti, hopotesis (Ha) diterima dan (Ho) ditolak. Jadi, simpulannya terdapat pengaruh dengan menggunakan metode peer tutoring melalui pendekatan saintifik terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.


Kata kunci: Peer tutoring, Saintifik, Aktivitas Belajar


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Hamilik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nasriatun Hasanah. 2014.Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Peer Tutoring Terhadap Hasil Belajar. Bandung

Riduwan. 2013. Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sani, Ridwan A. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sedarmayanti dan Syarifudin H. 2011. Metodologi Penelitian. Bandung: Mandar Maju

Silberman, Malvin . 2014. Aktive Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v2i2.589

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Farida Fitriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.