PENGGUNAAN PEMBELAJARAN INDIVIDUAL MODEL PERTEMUAN KELAS DALAM MENUNTASKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII-C PADA MATA PELAJARAN IPS-EKONOMI POKOK BAHASAN PERMINTAAN DAN PENAWARAN DI MTs YUSUF ABDUSSATAR KEDIRI LOMBOK BARAT

Restu Wibawa

Abstract


Pembelajaran IPS-Ekonomi di MTs Yusuf Abdussatar masih rendah khususnya pada pokok bahasan permintaan dan penawaran, hal ini dikarenakan siswa kurang memahami maksud soal dan kelemahan siswa adalah mengenai BAB hitung-hitungan dalam ekonomi Pembelajaran individual dapat diberikan pada pokok bahasan permintaan dan penawaran karena memiliki cakupan materi sesuai dengan kehidupan sehari-hari sehingga siswa dapat membuat kurva ataupun soal cerita bisa didapatkan dari siswa itu sendiri, sehingga siswa dapat mengolahnya sesuai dengan cara siswa sendiri dalam memahami materi tersebut, sedangkan guru hanya menjadi fasilitator. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Adapun analisa data yang digunakan oleh peneliti adalah analisis deskriptif kuantitatif untuk memperoleh data dari hasil penelitian yang dilakukan. Berdasarkan analisis data yang diperoleh pada siklus I, pada pokok bahasan permintaan, persentase ketuntasan yang diperoleh siswa kelas VIII-C di MTs. Yusuf Abdussatar sebesar 81,25% dengan nilai rata-rata sebesar 69,37 dari 32 siswa yang mengikuti pembelajaran dan evaluasi hasil belajar, akan tetapi yang tuntas sebanyak 26 orang. Hasil persentase pada siklus I belum mencapai ketuntasan belajar klasikal yang diharapkan yaitu > 85%. Dari hasil evaluasi siklus II dengan pokok bahasan penawaran, maka diperoleh persentase ketuntasan sebesar 93,75% dengan nilai rata-rata sebesar 80,62 dari 32 siswa meningkat dari siklus I yakni 81,25% dengan nilai rata-rata sebesar 69,37 dari 32 siswa

Full Text:

PDF

References


B. Suryosubroto. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Burhan Bungin. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers, 2007.

Etin Solihatin dan Raharjo. Cooperative Learning Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Hamzah B. Uno. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Mohamad Surya. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Pustaka Bani Quraisy, 2004.

Margono. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2004

Nana Sudjana. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Sinar Baru Algensindo, 2008.

Nurkencana. Pedoman Perbaikan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Oemar Hamalik. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Roestiyah. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2001.

Slameto. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Sunaryo dan Agung Hartono. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Sulusiah. Pembelajaran Merupakan Proses, dalam http//www/ica sae/Arainer.

Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R dan D. Bandung: Alfabeta Pers, 2006.

_________. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta Pers, 2004.

S. Nasution. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: 2000

Syaiful Sagala. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. 2006

Sukidin dkk. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas.: Insan Cendekia, 2007.

Zaenal Aqib. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung: Yrama Widya, 2008.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v1i1.587

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Restu Wibawa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.