PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR SISWA YANG TIDAK MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK DENGAN YANG MENGGUNAKAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Agus Jayadi

Abstract


Penguasaan materi pembelajaran merupakan kemampuan strategis yang harus dimiliki oleh seorang guru dalam rangka mendukung tercapainya kompetensi atau sub kompetensi secara efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara prestasi belajar siswa yang menggunakan metode diskusi kelompok dengan yang tidak menggunaka. Penelitian ini dilakukan pada siswa dengan jumlah 24 orang, dengan mengunakan pendekatan eksperimen. Adapun hasil yang diperoleh, terdapat nilai t hitung lebih besar dari pada nilai t tabel, atau (t hitung = 2,322 > t table = 2,179) pada taraf signifikansi 5%. Maka Hiopotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Berdasarkan hasil tersebut dapat simpulkan bahwa Terdapat Perbedaan Antara Prestasi Belajar Siswa yang Menggunakan Metode Diskusi Kelompok Dengan yang tidak menggunakan Pada Mata Pelajaran Matematika.

Full Text:

PDF

References


Ali, Muhammad. 1998. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru.

Arikunto Suharsimi. 2000. Prosedur Penelitian. PT. Bina Aksara. Jakarta

------------------------. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi V. Rineka Cipta. Jakarta.

------------------------. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi V. Rineka Cipta. Jakarta.

Djamarah Syaiful Bahri. 2002. Rahasia Sukses Belajar. Rineka Cipta. Jakarta.

Hadi, Sutrisno. 1989. Statistik II. Taristo. Bandung.

Kartini, Kartono. 1990. Pengantar Metodologi Research. Jemmars. Bandung.

Nana Sudjana, DR. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensindo. Bandung.

Sudjana, Nana dan Rivai Ahmad. 1992. Media Pengajaran. Sinar Baru. Algesindo. Bandung.

Sumarni, Abduh H.Harun, dan Imran, Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Kecil Toraranga Pada Mata Pelajaran PKn, Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 3 No. 4 ISSN 2354-614X 13 h. 15.

Poerwadarminta. 1994. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Balai Pustaka. Jakarta.

Ridwan. 2003. Dasar-Dasar Statistik. Alpabeta. Bandung.

Riyanto, Yatim. 2001. Metodelogi Penelitian Pendidikan. SIC. Surabaya.

Slameto. 1991. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta. Jakarta.

Soetomo, Drs. 1993. Dasar-Dasar Interaksi Belajar Mengajar. Usaha NAsional. Surabaya.

Soemanto Wasty. 1993. Pedoman Tehnik Penulisan Skripsi. Bumi Aksara. Jakarta.

Sudjana dan Rivai Ahmad. 1989. Media Pengajaran. Surabaya.

Sukardi, dkk. 1990. Bimbingan dan Suluhan Belajar di Sekolah. Unud.

Suprayekti. 2004. Interaksi Belajar Mengajar. DirjenDikdasmen. Jakarta.

Surachmad. 1992. Statistik Infrensial. Jemmars. Bandung.

Suwarna, M.Pd, dkk. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar dan Pengajaran Mikro. Tiara Wacana. Yogyakarta.

Suryabrata, S. 2003. Metodologi Penelitian. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Sugiyono. 2004. Metodologi Penelitian Administrasi. Alfabeta. Bandung.

Suprayekti. 2003. Interaksi Belajar Mengajar. Depdiknas. Jakarta




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v2i2.585

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Agus Jayadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.