Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Percaya Diri Kelas IV SD Negeri Doyong 2

Dini Rahmawati, Muhroji Muhroji, Wahyu Ratnawati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas IV SD Negeri Doyong 2 Tahun Ajaran 2021/2022. Bnetuk Penelitian ini adalah penelitian tindak kelas (PTK) dengan menggunakan dua sikus. Tiap siklus terdiri empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV SD Negeri Doyong 2 dengan jumlah peserta didik sebanyak 9 anak. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret hingga Agustus 2022. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif dari Miles & Huberman. Penelitian ini menggunakan dua macam triangulasi, yaitu trianggulasi sumber dan teori. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri learning untuk meningkatkan percaya diri kelas IV SD Negeri Doyong Tahun Ajaran 2021/2022 mengalami peningkatan. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya persentase jumlah percaya diri peserta didik pada proses kegiatan belajar mengajar sebelum dan sesudah diberi tindakan. Berdasarkan dari hasil observasi, menunjukan adanya peningkatan percaya diri pada pra siklus dan pada tiap siklusnya. Pada pra siklus, didapati data tentang percaya diri peserta didik kelas IV pada muatan pelajaran IPA masih rendah. Tingkat pencapaian percaya diri prasiklus masih rendah yaitu 40,00%. Pada siklus I terdapat peningkatan percya diri peserta didik yaitu 55,56% dan pada siklus II  tingkat pencapaian percaya diri mengalami peningkatan dengan tingkat pencapaian rata-rata 88,89%.


Keywords


Model Pembelajaran; Inquiri Terbimbing

References


AB, S., Yusuf, M. N., & Nurhayati. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri Pada Subtema Gerak Dan Gaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sdn 16 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 3(4), 73-83.

Damayanti, I., & Mintohari. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ipa Sekolah Dasar. JPGSD, 02(03).

Harni. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Cahaya dan Sifat-Sifatnya di SD Negeri 2 Uebone. Jurnal Paedagogy, 8(2), 181-189. Retrieved from https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/pedagogy/index

Hastuti, I. D., Surahmat, Sutarto, & Dafik. (2020). The Effect of Guided Inquiry Learning in Improving Metacognitive Skill of Elementary School Students. International Journal of Instruction, 13(4), 315-330.

Ibrahim. (2015). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF. Pontanak: All Right Reserved.

Jannah, F. (2015). Inovasi Pendidikan Dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Penelitian Tindakan Kelas. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP UNLAM, 1(1), 27-32.

Lahadisi. (2014). INKUIRI: SEBUAH STRATEGI MENUJU PEMBELAJARAN BERMAKNA. Jurnal Al-Ta'dib, 7(2), 85-98.

Liu, W., Zhang, H., Chen, X., & Yu, S. (2018). Managing Consensus And Self-Confidence In Multiplicative Preference Relations In Group Decision Making. Knowledge-Based Systems, 162, 62-73. https://doi.org/10.1016/j.knosys.2018.05.031

Mawaddah, N., Syahrilfuddin, & Noviana, E. (2020). Hubungan Antara Self Confidence Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Negeri 136 Pekanbaru. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 3(2), 261-274.

Nurani, Sunarto, & Wardani, D. K. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 8 Surakarta. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 4(1), 1-13.

Nurkhasanah, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatan Aktifitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IX.A SMP Negeri 1 Gangga. Jurnal Kependidikan, 5(1), 47-53.

Oktary, D., Marjohan, & Syahniar. (2019). The Effects of Self-Confidence Confidence and Social Support of Parents On Interpersonal Communication of Students. Journal of Educational and Learning Studies, 2(1), 5-11.

Rohmah, A. N. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Cendekia, 09(02), 193-210.

Sanjani, M. A. (2020). Tugas Dan Peranan Guru Dalam Proses Peningkatan Belajar Mengajar. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 6(1), 35-42.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sumiati. (2018). Peranan Guru Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Tarbawi, 3(2), 145-164.

Supriyatno, T., Lestari, D. A., & Utami, U. (2020). The Effectiveness of Guided Inquiry Learning Models for Students' Scientific Performances and Critical Skills. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 13(1), 1-7.

Supriyono, & Sunarti. (2022). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Percaya Diri dan Prestasi Belajar Siswa. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 3, 586-590. https://doi.org/10.30595/pssh.v3i.344

Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Edunomika, 02(01), 36-46.

Wulandari, N. (2013). Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Penggunaan Strategi Inkuiri Terbimbing Dalam Pembelajaran Ipa Kelas V Sd N Gupakan Ii, Tepus, Gunungkidul.Skripsi.Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v7i2.5841

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dini Rahmawati, Muhroji Muhroji, Wahyu Ratnawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.