Pengembangan Media Pembelajaran Mata Kuliah Metode Penelitian Pada Mahasiswa S1-PGSD Universitas Terbuka Pokjar Pekalongan Lampung Timur

Ayyesha Dara Fayola

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk Mengetahui potensi dan kondisi, Mengetahui proses pengembangan media pembelajaran, Mengetahui efektivitas, kelayakan dan kemenarikan media pembelajaran video animasi berbasis Microsoft Office Power Point. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan 6 tahap dari 10 tahap Borg and Gall yang ( Potensi dan masalah, Pengumpulan data, Desain produk, Validasi desain, Revisi desain dan Uji coba produk) penelitian ini mengambil lokasi di Universitas Terbuka Pokjar Pekalongan Kabupaten Lampung Timur selama 6 bulan. Subjek penelitian ini adalah 50 mahasiswa Semester V dan BI 2 (Kelas konfersi), dua tutor mata kuliah Metode Penelitian serta dua validator ahli media dan materi. Instrumen penelitian menggunakan angket angket analisis kebutuhan, angket validasi ahli media, ahli materi, kemenarikan, kemampuan berpikir kritis. pengembangan. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah produk media pembelajaran video animasi berbasis Microsoft office power point dengan hasil rekapitulasi posttest dan prettest dengan N-gain 0,6 semester V dan 0,7 semester BI (2) kriteria cukup efektif. Kemudian hasil validasi materi, media, desain memperoleh skor 3,27 kriteria sangat menarik. Sehingga berdasarkan hal tersebut media pembelajaran video animasi termasuk dalam kategori layak digunakan karena telah  memenuhi kebutuhan pembelajaran mata kuliah metode penelitian di UT Pokjar Pekalongan Lampung Timur.


Keywords


Media pembelajaran, video animasi, kemampuan berpikir kritis

References


Andrizal, A., & Arif, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Sistem E-Learning Universitas Negeri Padang. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 17(2), 1-10.

Anggraini, R. H. (2018). Implementasi Klasifikasi Media dalam Pembelajaran. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Anggoro Toha M, dkk. (2014). Metode Penelitian. Tangerang Selatan. Universitas Terbuka.

Darmayanti, T., & Sumantri, D. E. (2004). Pengembangan tutorial melalui media telepon pada pendidikan jarak jauh (studi kasus di FISIP Universitas Terbuka). Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 5(2), 108-127

Erman, S. (2013). Model belajar dan pembelajaran berorientasi kompetensi siswa. Jurnal Pendidikan dan Budaya Generated,12(9), hlm: 239

Haryani, D. (2011). Pembelajaran matematika dengan pemecahan masalah untuk menumbuh kembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. In Prosiding

Heong, Y.M., Yunos, J.M., Hassan, R.B., Othman, W.B., Kiong, T.T. (2011). The Perception of The Level Of Higher Order Thinking Skills among Technical Education Student. International Conference on Social Science and Humanity Journal. Faculty of Technical Education, Universiti Tun Hussein Onn Malaysia, 5 (2),hlm: 282

Lestari, I. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Dengan Memanfaatkan Geogebra Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.01 No.1, hlm: 6

Maharani, M., Supriadi, N., & Widiyastuti, R. (2018). Media Pembelajaran Matematika Berbasis Kartun untuk Menurunkan Kecemasan Siswa. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 101-106.

Mardalis. (2014). Metode Penelitian. Ed. 1, Cet. 13. Jakarta. Bumi Aksara. hlm: 30

Marjito, E. R. (2016). Pengaruh Penggunaan Power Point Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Sejarah Kemerdekaan Indonesia Di Program Studi Pendidikan Sejarah IKIP PGRI Pontianak. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 2(2), 146-157.

Ma’rifah, N. (2014). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Cooperative Tipe Think Pair Share dalam Pembelajaran Pkn Siswa Kelas V SD Negeri 3 Puluhan Trucuk Klaten. Skripsi S1. Universitas Negeri Yogyakarta.

Marzuki, Saleh, H.M, ( 2012 ), Pendidikan Non Formal, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Rivai, A. (2013). Teknologi Pengajaran. Sinar Baru Algensindo: Jakarta. hlm: 200.

Sari, E. I. P. (2018). Penggunaan MultiMedia Interaktif MacroMedia Flash Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pengaruh Gaya Terhadap Bentuk Dan Gerak Suatu Benda (Penelitian Pada Siswa Kelas V SDN Losari 153 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017). Karya Ilmiah Mahasiswa Progdi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP, 2(2), hlm: 75-76

Sihotang, Kasdin; Febiana, Rima. K; Benyamin, Molan; dkk. (2012). Critikal Thinking. Jakarta. Pustaka Sinar Harapan. Hlm: 2

Sugiono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D). Bandung: Penerbit ALFABETA




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v8i1.5818

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 AYESHA DARA FAYOLA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.