Peran Media Video Emphaty Dalam Pembelajaran IPS Untuk Menumbuhkan Sikap Toleransi Siswa Dengan Teman Sebaya di SMP Negeri 5 Kota Bengkulu

Ike Junita, Asiyah Asiyah, Desy Eka Citra

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran media video emphaty dalam  pembelajaran IPS untuk menumbuhkan sikap toleransi siswa dengan teman sebaya, untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi untuk menumbuhkan sikap toleransi peserta didik dengan teman sebaya melalui media video emphaty dalam pembelajaran IPS.  Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, subjek penelitian ini adalah guru IPS, guru IPS lainnya dan siswa. Pengumpulan data diambil melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Berdasarkan hasil penelitian maka peran penggunaan media video emphaty dalam pembelajaran IPS sangat cocok digunakan dalam menumbuhkan sikap toleransi siswa dengan teman sebaya. Dengan penggunaan media video emphaty bisa meningkatkan sifat kemanusian siswa, sifat kepedulian siswa terhadap teman, sikap saling tolong menolong dan meningkatkan sikap saling menghargai siswa dengan teman sebaya, akan tetapi masih ada beberapa kendala yang dihadapi dalam penggunaan media emphaty dalam pembelajaran IPS. Kendala yang dihadapi dalam penggunaan media emphaty adalah guru belum mahir, sarana dan prasarana yang kurang memadai, dana yang terbatas serta kurangnya kesiapan guru dalam menggunakan media video emphaty.


Keywords


Sikap Toleransi; Video Emphaty; Pembelajaran IPS;

References


Abdulatif, Sofian, Dinie Anggraeni Dewi. (2021). Peranan Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membina Sikap Toleransi Antar Siswa, Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar. 04(2):104.

Afridzal, Aulia. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Media Gambar dan Video Animasi pada Materi Karangan Deskrpsi Di Kelas III SDN 28 Bandar Aceh, Jurnal Tunas Bangsa. 5(2): 233.

Ahmadi, Abu, dkk. (2013). Ilmu Sosial Dasar. (Jakarta. PT. Rineka Cipta).

Ali. (2013). Guru dalam Proses Belajar Mengajar. (Bandung: Sinar Baru).

Anshor, Sidiq. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran, Jurnal Ilmu Pendidikan PKN dan Sosial Budaya. 99.

Aqib, zainal. (2013). Model-model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstua. (Bandung: Yrama Widya).

Asih, Gusti Yuli. (2010). Perilaku Prososial Ditinjau dari Empati dan Kematangan emosi, Jurnal Psikologi. 1(1): 34-35.

Dimyati. (2012). Mengembangkan Perilaku Prososial Insan (Siswa) Melalui Penjas. (Yogyakarta: UNY).

Emzir.(2014). Metode Penelitian Kualitatif: Analisis Data, (Jakarta: Rajawali Pers).

Gina,lestari. (2017). Multikultural Indonesia ditengah Kehidupan SARA, Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan.

Hafid. J. Abd. (2011). Sumber dan Media Pembelajaran, Jurnal pendidikan. 6(2):70.

Hamzah, Nina Lamatenggo. (2016). Tugas Guru dalam Pembelajaran (Jakarta: Bumi Aksara).

Hardianti1 dan Wahyu Kurniati Asri. (2017). “Keefektifan Penggunaan Media Video”, Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra.

Hujair AH Sanaky. (2014). Media Pembelajaran Interaktif-Inivatif, (Yogyakarta:Kaukaba Dipantara).

Husaini Usman dan Purnomo Setiadi Akbar. (2015). Metodologi Penelitian Sosial, (Jakarta: Bumi Aksara)

Husein Umar. (2014). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada)

Imam Gunawan. (2015). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik, (Jakarta: Bumi Aksara).

Izzati, Firda Aulia. (2021). Pentingnya Sikap Toleransi dan Empati dalam Mewujudkan Warga Negara yang Baik Dimasa Pandemi, Jurnal Kalacakra. 2(02):89-90.

J. Santrock. (2015).Masa Perkembangan Anak Jilid 1, (Jakarta: Salemba Humanika,)

Khaira Abdillah. (2017). Toleransi Memiliki Empaty 1(2), Jurnal Ilmu Ekonomi.

Mahmud Yunus. (2018). Kamus Arab-Indonesia (Jakarta:PT Mahmud Yunus Wadzuryah, Mukti Ali, Pluralisme Agama di Persimpangan Menuju Tuhan (Salatiga: STAIN Salatiga Press).

Mahnun, Nunu. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran, Jurnal Pemikiran Islam. 37(1): 28.

Meliong, J. Lexy. (2017). Metodelogi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya).

Merpati, Temiks, Apeles Lexi Lono, Julien Biringan. (2020). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Jurnal Civio Education. 2((2): 57.

Mulyasa, E. (2016). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan; Sebuah Panduan Praktis. (Bandung : PT Remaja Rosdakary).

Muslihudin, Ading. (2019). Implementasi Model Discovery Learning Berbantuan Video dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Jurnal Elementaria Edukasi. 2(1): 79.

Nasikun. (2012). Sistem Sosial Indonesia. (Jakarta. PT Rajagrapindo Persada).

Nasution, Nurcahya. (2018). Dukungan Teman Sebaya dalam Meningkatkan Motivasi Belajar, Jurnal Dakwah. 12(2): 160-162.

Nugraha Dadan, Seni Apriliya, Riza Kharisma Veronicha. (2017). Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia. 1(1): 31-32.

Nunuk Suryani. (2018). Media Pembelajaran Inovatif (Bandung:Remaja Rosdakarya).

Ponza, Putu Jerry Radita,Nyoman Japel, Komang Sudarma. (2018). Pengembangan Media Video Animasi pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di SD Sekolah Dasar, Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha. 6(1): 10.

Rasyid, Isran. (2018). Manfaat Media dalam Pembelajaran, Jurnal Axiom. 7(1): 93.

Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. (2014). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Jakarta : Prenada Media Group).

Sardiman, M. (2015). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada).

Satria, Irwan. 2015. Kosep Dasar dan Ilmu Pendidikan Pengetahuan Sosial, (Bogor: PT IPB Press).

Septian Aji Pernama. Strategi Pembelajarn IPS Kontenporer. (2017). (yogyakarta : Media Akademi).

Shafique, Khan Ali. (2018). Filsafat Pendidikan Al-Ghazali. (Bandung, Pustaka Setia).

Sofwana, Hania Maria, fitri Rosiana, Hendrik Chris Haryanto. (2020). Efektifitas Psikoedukasi Kemampuan Empati dalam Meningkatkan Toleransi Beragama pada Mahasiswa, Jurnal Ilmu psikologi. 22(2): 131-132.

Somantri Numan. (2019). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. (Bandung : Remaja Rosdakarya).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), (Bandung: Alfabeta).

Suharyanto, Agung. (2013). Peranan Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membina Sikap Toleransi Antar Siswa, Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial politik. 1(2): 200.

Sumarni, Ani, Ari Sofia, Vivi Irzalinda. (2020). Empati Anak Usia 5-6 Tahun, Jurnal Pendidikan Anak. 6(2): 66.

Syaputra, MAD. (2020). Peranan Pendidikan IPS dalam Pencegahan Konflik Melalui Pendidikan Perdamaian, Jurnal Pendidikan IPS Indonesia. 4(10): 33.

Tafonao, Talizaro. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa, Jurnal Komunikasi Pendidikan. 2(2): 105.

Zahro, Isna Fatimatuz. (2020). Integrasi Nilai-nilai Islam dalam Pembelajaran IPS di MI, Jurnal Kajian Keislaman. 8(1): 91-92.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v7i2.5802

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ike Junita, Asiyah Asiyah, Desy Eka Citra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.