Analisis Kesulitan Siswa Kelas V Dalam Menentukan Suatu Ide Pokok Paragraf Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Lathifah Shansabilah, Dilla Fadhillah, Nur Latifah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kesulitan siswa dalam menentukan suatu ide pokok paragraf dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab kesulitan siswa dalam menentukan suatu ide pokok paragraf yaitu berdasarkan 23 siswa dari hasil menentukan suatu ide pokok paragraf siswa pada kategori sangat baik terdapat 4 siswa, kategori baik 7 siswa, kategori cukup 4 siswa dan kategori kurang terdapat 8 siswa. Terlihat dari hasil presentase aspek 3 menyimpulkan isi paragraf mendapat poin presentase terendah yaitu 47,8% sedangkan pada aspek 1 menentukan kalimat utama dalam paragraf menentukan kalimat utama 65% dan aspek 2 menentukan inti dari kalimat utama 78,3%. Dapat dikatakan dari hasil penelitian mengenai analisis menentukan suatu ide pokok paragraf ini masih banyak siswa yang kurang dalam menentukan suatu ide pokok paragraf dan hanya sebagian kecil siswa yang memahami menentukan suatu ide pokok paragraf.


Keywords


Kesulitan siswa; ide pokok; paragraf

References


Habsoh, R. S. (2020). Analisis Kesulitan Menentukan Ide Pokok Paragraf Pada Kelas Iv Sekolah Dasar : Penelitian Kualitatif Terhadap Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Islam Terpadu Bina Muda Cicalengka.

Heri. (2018). Pnaduan Praktis Penulisan Karya Ilmiah . Bandung: Cv Pustaka Setia.

Hudaa, M. P. (2018). Estetika Berbahasa: Mengapresiasi Bahasa Indonesia. Jawa Barat: Cv Jejak.

Jaya, I. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Teori, Penerapan, Dan Riset Nyata. Yogyakarta: Quadrant.

Sugiyono, P. D. (Ed.). (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta, Cv.

Mariana, M. (2019). Analisis Kemampuan Siswa Menentukan Ide Pokok Pada Paragraf Di Kelas Iv Sd Swasta Harapan Baru Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi Thesis, Universitas Quality.

Mawardi. (2019). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota Ikapi) .

Nurhadi. (2017). Handbook Of Writing (Panduan Lengkap Penulis). Jakarta: Pt Bumi Aksara.

Prihatin, D. (2018). Analisis Kesulitan Sisw Dalam Menemukan Ide Pokok Pada Paragraf Teks Bacaan Kelas V SD Negeri 4 Gondang Sragen. 1.

Saryono, S. (2021). Seri Terampil Menulis Bahasa Indonesia: Paragraf. Jakarta Timur: Pt Bumi Aksara.

Sasono. (2021). Jakarta Timur: Pt Bumi Aksara.

Tampubolon. (2018). Kemampuan Membaca, Teknik Membaca Efektif Dan Efesien. Bandung: Cv Angkasa.

Safitri, T. M., Susiani, T. S., & Suhartono, S. (2021). Hubungan Antara Minat Membaca Dan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan,

Novritza. (2018). 2018. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 104-123.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v8i1.5706

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Lathifah Shansabilah, Dilla Fadhillah, Nur Latifah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.