Pengembangan E-Modul Sejarah Indonesia dengan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Kelas XI SMA

Johan Tanama, I Nyoman Sudana Degeng, Nurmida Catherine Sitompul

Abstract


Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kurangnya ketersediaan bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran untuk meningkatkan semangat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan semangat belajar siswa pada pelajaran sejarah Indonesia di kelas XI SMA Kristen Masa Depan Cerah Surabaya.  Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metodologi penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Hasil analisis evaluasi materi yang dikembangkan dievaluasi oleh dua orang dosen ahli dan satu orang rekan. Dengan kata lain, analisis penilaian ahli untuk konten materi menghasilkan rata-rata keseluruhan 4 dan persentase 81. Di sisi lain, analisis profesional media/desain memiliki rata-rata 4 dan persentase 86. Di sisi lain, analisis peer review memiliki rata-rata keseluruhan 5 dan persentase 92. Analisis individu siswa terhadap 3 siswa/responden mencapai kategori rata-rata sangat baik dengan skor 45,7 dan persentase kelayakan 91%. Analisis siswa kelompok kecil sebanyak 10 siswa/responden mencapai kategori rata-rata sangat baik dengan skor 47,1. Tingkat presisi 94%, analisis kelompok besar/lapangan sebanyak 60 siswa/responden mencapai kategori rata-rata sangat baik dengan skor 44,6, tingkat presisi 89%. Implikasi praktis penelitian ini bahwa E-Modul berbasis saintifik dengan menggunakan aplikasi Canva dapat dijadikan alternatif atau inovasi untuk meningkatkan semangat belajar dalam pembelajaran sejarah Indonesia di sekolah.


Keywords


Model ADDIE, E-Modul, Canva, semangat belajar, Sejarah Indonesia

References


Absor, N. F. 2020. Pembelajaran Sejarah Abad 21 : Tantangan dan Peluang dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Journal of History Education, 2(1), 30–35.

Anam. 2013, Pengembangan Latihan Ketetpatan Tendangan dalam Sepakbola unttuk Anak Kelompok umur 13-14 Tahun. Jurnal Media Ilmu keolahragaan Indonesia, 3(2) 12-2.1

Asep Herry Hernawan. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Online. Dr. Naswan Suharsono, M.Pd, 1–13.

Basuki. 2016. Pendekatan Saintifik Pada Penjasorkes dalam Rangka Membentuk Jati Diri Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 12(2), 117-124

Elban, M. 2017. Investigation of the History Education Researches in Turkey in Terms of Some Variables (Master’s Theses and Dissertations Sample). Universal Journal of Educational Research, 5(9), 1529–1534.

Festiawan, R., N, P. J., & Pamungkas, H. J. (2019). Pengaruh Latihan Small Sided Games Terhadap Kemampuan Long Pass pada Peserta Ekstrakurikuler Sepakbola. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 9(1), 18-22.

Garris P, (2020) PEMANFAATAN APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA JENJANG SMA/MA, Jurnal Sasindo Unpam, Vol 8, No 2

Hasan, S., H. 2019. Pendidikan Sejarah untuk Kehidupan Abad Ke 21. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, II(2), 61–72.

Herawati, N., S. dan Muhtadi, A, “Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interaktif pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI SMA,” Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 5, No. 2, (2018): 180-191.

Khubaib, A., Atmaja, H. T., & Sodiq, I. 2017. Kontribusi Materi Konflik dalam Pokok Bahasan Sejarah Lokal Kerajaan Demak. Indonesian Journal of History Education, 5(1), 73–81.

Kurniawan, C. dan Kuswandi, D. 2021. Pengembangan E-Modul sebagai Media Lietarasi Digital pada Pembelajaran Abad 21. Lamongan: Akademia Publication.

M. Hosnan. 2014. Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21 kunci sukses implementasi kurikulum 2013. Hlm.36

Misbahudin, D., Rochman, C., Nasrudin, D., & Solihati, I. 2018. Penggunaan Power Point Sebagai Media Pembelajaran: Efektifkah?. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, Vol. 3(1), 44.

Mujyati, N., & Sumiyatun, S. 2016. Kontruksi Pembelajaran Sejarah Melalui Problem Based Learning (Pbl). Historia, 4(2), 81.

Nasution, S. (2017). Berbagai pendekatan dalam proses belajar & mengajar. Bumi Aksara.

Ricu S, Najuah (2020), Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar, Jurnal PENDIDIKAN SEJARAH 1 Vol. 9 No. 1, Hal : 3-5

Sardiman, S. 2017. Reformulasi Pembelajaran Sejarah: Sebuah Tantangan. Jurnal ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Sejarah, Vol 13, No 1, hal.12-20. DOI: https://doi.org/10.21831/istoria.v13i1.17610

Tanjung, R. E., & Faiza, D. 2019. Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Jurnal Vokasional Teknik Elektronik dan Informatika, Vol. 7(2).




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v8i1.5648

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Johan Tanama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.