Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Blended Learning Melalui Website Canva Mata Pelajaran Penjaskesorkes

Achmad Syahrizaldy, Marianus Subandowo, Hari Karyono

Abstract


Pendidikan merupakan ranah yang sangat penting dalam akses pengetahuan yang ada saat ini dengan pengetahuan yang didapat dalam proses pendidikan dan interaksi disekolah akan mendapatkan hal-hal baru dari proses transfer ilmu atau proses pendidikan itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini sendiri untuk mengetahui pengetahuan khusus dalam mata pelajaran penjaskes yang akan dikaitkan dengan praktik waktu pembelajaran. Kemudian website canva ini dikembangkan melalui tahapan validasi dan pengambilan data dari responden di SMA Cendekia Sidoarjo dan juga reviews yang sudah ahli dibidang Pendidikan maka dapat digunakan serta tinjau kembali berdasarkan revisi yang disarankan oleh ahli-ahli yang sudah melakukan validasi  dari reviews ahli media dengan 90 % dan kategori bobot 5 sangat layak, ahli desaain dengan persentase 90% sangat layak, teman sejawat dengan nilai persentase 80% dengan nilai bobot 4 dalam kategori layak, dan juga yang terakhir dalam pengambilan responden peserta didik peroleh nilai dari media interaktif canva sangat layak dengan persentase 81,09 %.  Dengan bobot nilai 5 maka pengembangkan bahan ajar interaktif menggunakan canva bahan ajar penjaskes dasar-dasar sepakbola sangat layak digunakan.

Keywords


teknologi pendidikan, model ADDIE, blended learning, bahan Ajar Interaktif, penjaskesorkes

References


Ceria, R. E., Afgani, M. W., & Paradesa, R. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Canva pada Materi Kubus dan Balok dengan Pendekatan PMRI Berorientasi Konteks Islam Melayu. 5(2), 82–94.

Dakhi, O., Jama, J., Irfan, D., Ambiyar, & Ishak. (2020). Blended learning: a 21st century learning model at college. International Journal Of Multi Science, 1(7), 50–65.

Kuswandi, D., Zulnaidi, H., Kurniawan, C., Aulia, F., At Thaariq, Z. Z., Wijanarko, D. A., Nafi’a, M. Z. I., & Maknuunah, L. (2021). Digital Learning Literacy Training and Mentoring using ADDIE Model. Proceedings of the International Conference on Information Technology and Education, 609(December), 98–103.

Librianty, N. (2020). Analisis Kemampuan Guru Dalam Pengelolaan Kelas Pada Mata Pelajaran Penjaskes Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 141–148. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.341

Mariska, S. (2022). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Menggunakan Aplikasi Canva Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V SDN Gugus 8 Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi. 5(2), 489–501.

Nillofa Ende, A. M., Jasril, I. R., & Jaya, P. (2022). Perancangan dan Pembuatan E-Modul Interaktif Berbasis Canva Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 8(2), 193. https://doi.org/10.24036/jtev.v8i2.117118

Özerk, G. (2020). Academic boredom: An underestimated challenge in schools. International Electronic Journal of Elementary Education, 13(1), 117–125. https://doi.org/10.26822/iejee.2020.177

Pranata, K., & Yulianti, A. (2021). Efektivitas Media Audio Visual Pada Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Penjaskes Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Adiraga, 7(2), 63–76. https://doi.org/10.36456/adiraga.v7i2.4570

Ramadhani, I. A., & Yudiono, H. (2020). Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menggambar 3D. Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 5, 136–144.

Ricu Sidiq, & Najuah. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.21009/jps.091.01

Saifudin, I., & Handayani, L. T. (2021). Pengenalan dan Pelatihan E-Modul Interaktif Menggunakan Canva Bagi Guru-Guru MTs Raudlatus Syabab Sumberwringin Dalam Rangka Mengembangkan Inovasi Pembelajaran Kekinian. Abdi Indonesia, 1(2), 126–134.

Salsabila, S. P., & Syaban, M. B. A. (2022). Pengembangan E-Modul Interaktif Materi Penampakan Alam Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 7896–7905. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3649

Sari, P. M., & Fitriani. (2022). development of canva-based economic e-module on cooperative materials for class X social sciences at SMAN 1 Cerenti. Jurnal Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 13(1), 1–10.

Spatioti, A. G., Kazanidis, I., & Pange, J. (2022). A Comparative Study of the ADDIE Instructional Design Model in Distance Education. Information (Switzerland), 13(9), 1–20. https://doi.org/10.3390/info13090402

Tri Wulandari, & Adam Mudinillah. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 102–118. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245

Vallee, A., Blacher, J., Cariou, A., & Sorbets, E. (2020). Blended learning compared to traditional learning in medical education: Systematic review and meta-analysis. Journal of Medical Internet Research, 22(8), 1–19. https://doi.org/10.2196/16504

Wilujeng, I. W., Aji, S. D., & Yasa, A. D. (2021). Pengembangan e-modul berbasis canva digital tentang manfaat hewan bagi manusia siswa kelas 3 sekolah dasar. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 5(1), 261–270. https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/pgsd/article/view/636




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v8i1.5647

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Achmad Syahrizaldy

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.