Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Tanpa Koding di Sekolah Menengah Kejuruan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produkberupa aplikasi media pembelajaran interaktif tanpa koding berbasis android dengan kualitas baik dan sangat layak sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa pada mata pelajaran Matematika. Penelitian pengembangan yang dilakukan di SMK Negeri 1 Banyuanyar ini dilakukan dengan menggunakan langkah pengembangan model ADDIE. Produk media pembelajaran ini telah melalui proses verifikasi dan revisi yang ketat, berdasarkan saran para ahli dan teman sejawat. Produk tersebut telah diujicobakan pada siswa dalam kelompok kecil, kelompok sedang, dan kelompok besar yang berjumlah 31 siswa, serta reaksi positif telah ditunjukkan oleh siswa selama pembelajaran. Hasil penelitian pengembangan berdasarkan respon angket dengan perolehan nilai dari ahli materi 4,75, ahli media 4,55 dan 4,73 dari ahli desain yang berarti produk media sangat layak untuk digunakan. Serta hasil respon dari pengguna terhadap penggunaan media pembelajaran sebagai bahan ajar dalam pembelajaran sangat baik, yaitu rekan sejawat/ guru sebesar 4,63 dan 4,73 pada siswa kelompok besar. Sehingga produk ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk memberikan pengalaman baru yang lebih bermakna kepada siswa, selain itu produk media sebagai bahan ajar ini bisa dipelajari dimanapun dan kapanpun yang dapat menambah motivasi belajar bagi siswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdul Karim, Dini Savitri, & Hasbullah. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Di Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(2), 63–75. https://doi.org/10.46306/lb.v1i2.17
Aripriharta, Andajani, K., Aisyah, S., Riski, A. A., Andoko, Nandang Mufti, & Hor, G. J. (2020). Smartphone App for Heart Rate Monitoring and Its Impact on Education. Jurnal Teknologi, Kejuruan, Dan Pengajarannya, 43(2), 100–105.
Dwiranata, D., Pramita, D., & Syaharuddin, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Pada Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA. Jurnal Varian, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.30812/varian.v3i1.487
Eliza, F., Myori, D. E., & Fadli, R. (2019). Validity of Android-Based Learning Media in Subject Measurement and Instrumentation. Journal of Physics: Conference Series, 1387(1), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1387/1/012028
Fatirul, A. N., & Walujo, D. (2020). Model Disain Pembelajaran Autentik Berbasis Smartphone Dengan Memperhatikan Karakteristik Pebelajar Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis, Berkomunikasi, Dan Kreativitas Pebelajar. Wahana, 72(1), 19–28. https://doi.org/10.36456/wahana.v72i1.2318
Hartiyani, S. D., & Ghufron, A. (2020). Pengembangan Dan Kelayakan Multimedia Berbasis Android Untuk Pembelajaran Bahasa Arab Di Islamic Boarding School Bina Umat. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2), 275. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n2.p275--289
Iqbal, M., PJOK Dalam Pembentukan Karakter Watak Anak, P., Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga, P., & Ilmu Keolahragaan, F. (2021). Peran PJOK Dalam Pembentukan Karakter Watak Anak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kepelatihan Olahraga, 1(2).
Kemendikbud. (2013). Permendikbud 54-2013 SKL. 2011.
Kusumawati, L. D., & Mustadi, A. (2021). Kelayakan Multimedia Pembelajaran. Kwangsan - Jurnal Teknologi Pendidikan, 09(01), 31–51.
Lestari, N. (2020). MEDIA PEMBELAJARAN Berbasis MULTIMEDIA Interaktif - Google Books. In Andriyanto (Ed.), Penerbit Lakeisha (Pertama). Penerbit Lakeisha (Anggota IKAPI No. 181/JTE/2019).
Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & ... (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Univrsitas Pendidikan Ganesha, 6(2), 212–221.
Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2), 22–26. https://doi.org/10.15294/ijcet.v6i2.19336
Nababan, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Geogebra Dengan Model Pengembangan Addie Di Kelas Xi Sman 3 Medan. Jurnal Inspiratif, 6(1), 37–50.
Neyfa, B. C., & Tamara, D. (2016). PERANCANGAN APLIKASI E-CANTEEN BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN METODE OBJECT ORIENTED ANALYSIS & DESIGN ( OOAD ). Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 20(1), 83–91. https://doi.org/10.1136/bmj.1.6001.107
Purmadi, A., Muzakkir, M., & Astuti, E. (2022). Developing M-Learning Applications to Support Digital Literacy of Vocational High School Students. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 9(3), 291-301. doi:http://dx.doi.org/10.17977/um031v9i32022p291
Pradani, Y. F., & Aziza, Y. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran dalam Bentuk Buku Digital Interaktif Berbasis Flipbook Bagi Mahasiswa Teknik Mesin. Jupiter (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 4(2), 1–10.
Syafii, A., Mustaji, M., & Fatirul, A. N. (2021). Pengembangan Flipbook Sistem Komputer Menggunakan Virtual Library Multiplatform Bagi Siswa Smk. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 6(1), 65–73. https://doi.org/10.29100/jipi.v6i1.1595
Wibawanto, W. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif (D. Febiharsa (ed.); Cetakan Pe). Penerbit Cerdas Ulet Kreatif.
Zatulifa, M., Riswandi, Fitriawan, H., & Akla. (2018). Application Based Android As A Development Of English Learning Media. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME), 8(4), 66–72. https://doi.org/10.9790/7388-0804036672
DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v8i2.5601
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Santi Ariani, Achmad Noor Fatirul, Atiqoh Atiqoh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Teknologi Pendidikan
ISSN: 2656-1417 (Online)
ISSN: 2503-0620 (Print)
Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP
Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.