Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa Pada (Mata Pelajaran Kimia) Di Masa Pandemi Covid-19

Nanda Dewi Wahyuni, Agus Abhi Purwoko, Yayuk Andayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa di masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian kuantitatif ex-post facto melibatkan sebanyak 214 atau 60%  siswa keals XI dan XII IPA yang ditentukan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dari polulasi sebanyak 357 siswa di SMAN 1 Kopang dan SMAN 1 Praya Tengah. Pengumpulan data pembelajaran daring dan minat belajar diperoleh dari angket. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa pembelajaran daring dan minat belajar kimia siswa termasuk dalam kategori sedang dengan presentase berturut-turut 70,6% dan 71,5%. Dari tiga indikator pembelajaran daring, proses pembelajaran memberikan pengaruh paling besar terhadap minat belajar dan indikator teknis memberikan pengaruh paling sedikit. Dari hasil analisis menunjukan pembelajaran daring dan minat belajar siswa di masa pandemi Covid-19 memiliki hubungan yang positif dan signifikan meskipun rendah (rxy=0,33). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring dapat mempengaruhi minat belajar siswa di masa pandemi Covid-19 meskipun relatif rendah.

Keywords


Pembelajaran daring, Minat Belajar

References


Awalia, Layinna Mawarda, Ika Ari Pratiwi & Lintang Kironoratri. 2021. Analisis Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa di Desa Karangmalang. Jurnal Basicedu 5(5) : 3940-3949.

Fikri, Muhammdad, Muhammad Zaki Ananda, Nadiatul Faizah, Rena Rahmani, Sefti Adelia Elian & Ade Suryanda. 2021. Kendala dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19: Sebuah Kajian Kritos. Jurnal Education and Development 1(9) : 145-148.

Haryati, Eka, Yayuk Andayani & Syarifa Wahidah Al Idrus. 2019. Analisis Minat Belajar dan Kemampuan Awal Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Pada Materi Minak Bumi. J. Pijar MIPA 14(3) : 128-134.

Halik, Al & Zamratul Aini. 2020. Analisis Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Bimbingan Konsling Islam 2(3) : 131-141.

Jamil, Syarifah Hikmah & Invony Dwi Aprilisanda. 2020. Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Mahasiswa pada Masa Pandemi Covid-19. Behavior Accconting Journal 1(3) : 37-46.

Jusmawati, Satriawati & Ballona Mardhatillah Sabillah. 2020. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Daring terhadap Minat Belajar Mahasiswa PGSD pada Mata Kuliah Pendidikan Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar 5 (2) : 106-111.

Kurniawan, Drajat Edi & Makin. 2021. Pengaruh Metode Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Education and Development 2(9) : 47-51

Mansyur Abd. Rahim. 2020. Dampak Covid-19 terhadap Dinamika Pembelajaran di Indonesia. Jurnal Education and Learning 1(2) : 113-123.

Purwanto, Agus, Rudy Pramono, Masduki Asbari, Priyono Budi Santoso, Laksmi Mayesti Wijayanti, Choi Chi Hyun, & Ratna Setyowati Putri. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12.

Ricardo, R. & Meilani, R. I. 2017. Impak Minat dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 2 (2): 79-92.

Putria, Hilna, Luthfi Hamdani Maulana, & Din Azwar Uswatun. 2020. Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVIID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu 4 (4) : 862-872.

Puspaningtyas, Nicky Dwi & Putri Sukma Dewi. 2020. Persepsi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif 3 (6): 703-712.

Sudewo, Bagus, Muhtar Gojali & Aji Raditia. 2021. Dampak Pembelajaran dan Penugasan Siswa Saat

Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Kependidikan 1 (16) : 36-45

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Subagia, I Wayan. 2014. Paradigma Baru Pembelajaran Kimia. Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA IV, 152–163.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v7i2.5599

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nanda Dewi Wahyuni, Agus Abhi Purwoko, Yayuk Andayani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.