Pengembangan Media Pembelajaran Online Mata Pelajaran Bahasa Jepang dengan Microsoft Sway

Eryna Dwi Astuti, Rufi’i Rufi’i, Ibut Priono Leksono

Abstract


Pengembangan media pembelajaran Bahasa Jepang menggunakan aplikasi microsoft sway dimaksudkan sebagai alat bantu yang digunakan dalam penyampaian materi pembelajaran. Produk pengembangan ini bersifat aplikasi daring karena menggunakan microsoft sway dalam pengembangannya. Pengembangan media pembelajaran menggunakan aplikasi daring yaitu microsoft sway ditujukan untuk menjawab perubahan kondisi pembelajaran selama masa pandemi covid-19. Media pembelajaran menggunakan microsoft sway ini termasuk media pembelajaran e-learning. Produk media pembelajaran berisi tentang 1) Tujuan pembelajaran, 2) Penjelasan materi pembelajaran, dan 3) Alat evaluasi berupa tes.

References


Ardian, S., Hasanah, W. K., & Rana, F. I. (2020). Pemanfaatan Microsoft Sway Dan Microsoft Form. In Pendidikan Sejarah dan Ilmu Sejarah (Vol. 3, Issue 2, pp. 66–74).

Astami, T. S. (2015). Model Pembelajaran Kaiwa Tingkat Dasar sesuai dengan JF Standard. In Lingua Cultura (Vol. 9, Issue 2, p. 94). https://doi.org/10.21512/lc.v9i2.831

Dewi, P. K., & Budiana, N. (2018). Media Pembelajaran Bahasa: Aplikasi Teori Belajar dan Strategi Pengoptimalan Pembelajaran. Malang: UB Press.

Dwianto, A. (2019). Pengembangan media pembelajaran online berbasis sway terintegrasi potensi lokal gula jawa. In AL-Ahya (Vol. 01, Issue 01, pp. 219–232).

Hamzah, A. (2020). Metode Penelitian & Pengembangan: Research and Development. Malang: Literasi Nusantara.

Hartiyani, S. D., & Ghufron, A. (2020). Pengembangan dan Kelayakan Multimedia Berbasis Android untu Pembelajaran Bahasa Arab di Islamic Boarding School Bina Umat. Kwangsan.

Junaedah, & Nafiah. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Modern Menggunakan Aplikasi Sway Untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas II Sdn 1 Semanggi. In National Conference for Ummah (Vol. 1, Issue 1, p. 14).

Kartikasari, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Daily Activity Berbasis Unity3d Pada Pembelajaran Kosakata Kata Kerja Dan Kata Kerja Bahasa Jepang Tingkat Dasar Di SMAN 1 Krembung Tahun Ajaran 2018-2019 (p. 10). HIKARI.

Keniten, I., Adnyani, K., H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Jepang Berbasis Adobe Flash Professional Cs6 Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengingat Kosakata (Vol. 3, Issue 1, pp. 33–43). Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha.

Khuzaini, N., & Nurjanah, M. (2019). Pengembangan LKS Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Kreativitas dan Prestasi Belajar Siswa SMP. Jurnal Math-UMB.EDU, 7(1).

MOFA. (2021). Cultural Exchange Japanese Language Education (online). https://www.mofa.go.jp.

Rejekiningsih, T., Budiarto, M. K., & Sudiyanto. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Potensi Lokal untuk Pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan d SMA. 9(2).

Rokhim, D. A., Widarti, H. R., & Fajaroh, F. (2020). Pengembangan Bahan Belajar Flipbook pada Materi Redoks Dan Elektrokimia Berbasis Pendekatan STEM-PJBL Berbatuan Video Pembelajaran. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2), 234. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n2.p234--250

Rosiah, R., & Machawan, A. E. R. (2019). Application of e-Learning in Japanese Learning aJapanese Language Education Program of Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (p. 6). In Third International Conference on Sustainable Innovation 2019–Humanity, Education and Social Sciences (IcoSIHESS 2019) (pp. 189-194). Atlantis Press.

Sa’adah, R. N., & Wahyu. (2020). Metode Penelitian R&D (Research and Development): Kajian Teoritis dan Aplikatif. Malang: Literasi Nusantara.

Sawitri, T. (2017). JF Standard bagi Pendidikan Bahasa Jepang Petunjuk Pemakaian bagi Pengguna (Edisi Terbaru). The Japan Foundation Jakarta.

Sudarmoyo. (2018). Pemanfaatan Aplikasi Sway untuk Media Pembelajaran (p. 8). Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(4), 346-352.

Syuja’ie, A. W., Hartini, S., & Agustini, F. (2020). Animasi Interktif Media Pembelajaran Bahasa Jepang Dasar Untuk Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. In Journal of Students‘ Research in Computer Science (Vol. 1, Issue 1, pp. 15–22). https://doi.org/10.31599/jsrcs.v1i1.75

Widiastuti, L. &, & Wiyarno, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sway Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi. In TEKNODIK Journal (Vol. 23, Issue 4, pp. 163–174).

Wihartanti, L. V., & Wibawa, R. P. (2017). Development of e-Learning Microsoft Sway as Innovation of Local Culture-Based Learning Media. In Dinamika Pendidikan (Vol. 12, Issue 1, pp. 53–60). https://doi.org/10.15294/dp.v12i1.10582




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v7i2.5537

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Eryna Dwi Astuti, Rufi’i Rufi’i, Ibut Priono Leksono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.