Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berbasis Teams Office 365 Kelas X Mata Pelajaran PPKN Di SMK YPM 8 Sidoarjo

Misbahul Ulum, Achmad Noor Fatirul, Djoko Adi Walujo

Abstract


Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini antara lain: kurang tersedianya bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran. Selain itu bahan ajar yang tersedia masih belum sesuai dengan karakteristik peserta didik. Instrumen tes yang ada juga tidak sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan guru, hal ini kurang mampu mempresentasikan kemampuan peserta didik. Sehingga perlu dikembangkan media pembelajaran yang mampu melibatkan peserta didik secara optimal. Solusi atas permasalahan ini melalui pembelajaran berbasis aplikasi Teams Office 365. Pembelajaran ini diyakini dapat merangsang keterlibatan peserta didik secara keseluruhan.

 


Keywords


Media pembelajaran; Team Office 365; Keterlibatan Peserta didik

References


Aulya, R. A., Asyhar, R., & Yusnaidar. (2021). Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis PjBL-STEM untuk Pembelajaran Daring Siswa SMA pada Materi Larutan Penyangga. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry , 13(2).

Khuzaini, N., & Nurjanah, M. (2019). Pengembangan LKS Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Kreativitas dan Prestasi Belajar Siswa SMP. Jurnal Math-UMB.EDU, 7(1).

Komalasari, K., Rahmat, R., & Anggraini, D. N. (2021). Model In-On Service Training Pengembangan Bahan Ajar PPKn Berbasis Living Values Education Bagi Guru-Guru PPKn. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.24036/abdi.v3i1.79

Maharani, L. A. (2020). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Webtoon Muatan Pelajaran PPKn Kelas IV SDN Sayung 4. Skripsi.

Marlina, L., & Untari, A. D. (2020). Pengembangan bahan ajar teks PPKn berbasis discovery learning untuk meningkatkan pengetahuan warga negara siswa sekolah mengengah atas. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 17(1). https://doi.org/10.21831/jc.v17i1.28777

Nitami. (2020). Pengembangan Bahan Ajar PPKN Berbasis E-Modul Pada Materi Makna Kedaulatan Dan Demokrasi Pancasila Di Kelas VIII SMPN 19 Kota Jambi. Repository.Unja.Ac.Id.

Nurhayati, I. (2019). Pengembangan Media Komik Digital Pada Pembelajaran PPKn di SMA ( The Development of Digital Comic Media on Learning of Civic Education in Senior High School ). Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1).

Nuryanah, N., Zakiah, L., Fahrurrozi, F., & Hasanah, U. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Webtoon untuk Menanamkan Sikap Toleransi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5).

Santoso, R., & Wuryandani, W. (2020). Pengembangan Bahan Ajar PPKn Berbasis Kearifan Lokal Guna Meningkatkan Ketahanan Budaya Melalui Pemahaman Konsep Keberagaman. Jurnal Ketahanan Nasional, 26(2). https://doi.org/10.22146/jkn.56926

Suarni, N. K. (2015). Implementasi Dynamic Intelectual Learning (DIL) sebagai Salah Satu Adaptive Learning Model. JST (Jurnal Sains Dan Teknologi), 1(1). https://doi.org/10.23887/jst-undiksha.v1i1.6020




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v7i2.5535

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Misbahul Ulum, Achmad Noor Fatirul, Djoko Adi Walujo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.